37 Tempat Liburan yang Instagramable di Bali (INFO TERLENGKAP)

tempat instagramable di bali

Susah memang untuk tidak membahas wisata di Bali. Salah satu pulau di Indonesia ini memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya, tempat hangout-nya, sampai dengan kebudayaannya yang tidak pernah luntur dimakan kemajuan zaman.

Gue pernah buat posting mengenai 6 faktor kenapa harus liburan ke Bali. Dan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan ketika liburan ke Bali adalah mengabadikan momen tersebut.

Tidak mengabadikan momen ketika liburan di Bali adalah kebodohan yang haqiqi!

Artikel yang gue buat kali ini, cocok untuk kalian yang :

  • Mau tau tempat instagramable (bagus di foto) di Bali
  • Mau foto keren tapi budget tipis!
  • Sering ke Bali, tapi bosan dengan tempat yang itu-itu aja
  • Memperbanyak koleksi foto pribadi dengan pemandangan yang indah

 

Kalau kalian masuk dalam 4 kategori di atas, selamat kalian telah menemukan artikel yang tepat. Karena sekarang gue akan membahas secara lengkap :

37 Tempat Wisata di Bali yang Instagramable

LIST

 

Kita mulai dengan yang pertama, sebelum itu untuk kalian yang ingin berkumpul dengan teman-teman lainnya. Dan berdiskusi tentang tempat liburan seru lainnya, kita bisa sama-sama diskusi di Facebook page dongengtravel

 

1. Lakeside Cottage, Kintamani

Maaf untuk tempat hunting foto yang satu ini, kalian harus mengeluarkan uang untuk menginap. Tapi harganya cukup terjangkau dan sebanding dengan pemandangan yang kalian dapat.

Cocok untuk kalian yang mau honeymoon dengan pasangan.

tempat instagramable di bali lakeside cottage bali
Photo doc : Pinterest

Lokasinya berada di Kintamani, lebih tepatnya berada di kaki Gunung Batur. Tempat instagramable di cottage ini ada di kolam renangnya. Yang memiliki pemandangan langsung ke danau lengkap dengan panorama pegunungan

lakeside cottage bali
Photo doc : pinterest

Hamparan langit biru yang luas, dilengkapi dengan pegunungan serta danaunya yang tenang pastinya akan membuat mata kalian tidak pernah bosan.

Siapkan kamera, dan berposelah!

 

Alamat : Jl.Raya Toya No.Bungkah, Batur Tengah, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652

No tlp : (0366) 51249

Harga : Mulai dari Rp 400.000 *low season

Website : http://www.lakesidecottagesbali.com/

Maps

 

2. Air terjun banyumala, buleleng

Kalau sebelumnya ada air terjun buatan, kali ini air terjunnya asli original buatan sang pencipta. Lokasinya berada di Wanagiri, karena tempat ini sangat terpencil gue saranin kalian yang mau main kesini harus menggunakan jasa warga setempat untuk mengantar.

Siapa yang tidak suka dengan tenangnya suara air terjun dengan pemandangan super asri di sekitar kalian?

air terjun banyumala bali
Photo doc : Tempatwisatadibali

Air terjun banyumala menyediakan dua air terjun kembar yang airnya menyelinap di bebatuan dan siap menjadi latar belakang foto yang keren untuk kalian. Posisi air terjun ini berada di dasar sebuah lembah.

air terjun di bali
Photo doc : Adventoursbali

Tepat dibawahnya terdapat sebuah kolam alami yang membuat air terjun banyumala ini sangat terkenal. Jangan lupa untuk meyiapkan kamera dengan pelindung anti air kalian ya!

 

Alamat : Wanagiri, Sukasada, Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161

Maps

Operasional : 08:00 – 17:00 WITA

Tiket masuk : Rp10.000/orang

 

3. Bukit belong, Klungkung

Paduan hijaunya bukit dan birunya langit menjadi pemandangan yang tidak bisa kalian lewatkan. Wisata di Bali yang satu ini sudah pasti bisa menghadirkan hasil yang memuaskan ketika diabadikan kedalam gambar.

tempat wisata bukit belong bali
Photo doc : lazone.id

Namanya adalah bukit belong, pemandangan khas yang kalian bisa dapatkan dari atas bukit adalah hamparan sawah penduduk yang tersusun rapih dengan aliran airnya.

Gue pastikan kalian akan nyaman untuk berlama – lama di atas bukit yang banyak ditumbuhi ilalang liar.

wisata bukit belong bali
Photo doc : Kintamani.id

Bukit belong ini bisa menjadi tempat hunting foto yang bagus karena perpaduan warna alaminya yang kontras.

Usahakan kalian mengunjungi bukit belong saat musim kemarau, karena kalian akan mendapatkan hijaunya hamparan bukit dan sawah, serta cerahnya biru langit.

 

Alamat : Jl. Raya Gunaksa, Gunaksa, Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

Maps

 

4. Tukad unda, klungkung

Cantik, satu kata yang tidak hanya menggambarkan sosok seorang wanita. Tapi juga bisa diberikan untuk tempat instagramable satu ini.

tempat wisata tukad unda bali
Photo doc : enaknyakemana.com

Pada dasarnya wisata di Bali yang satu adalah sebuah bendungan atau dam yang dibangung diatas sungai terbesar di Bali. Salah satu tempat pengambilan gambar terbaiknya adalah di air terjun buatannya yang terdiri dari dua tingkat membentang dari kanan sampai kiri.

tukad unda bali
Photo doc : sportourism.id

Ditangan kreatif kalian, bendungan sederhana ini akan menyajikan hasil gambar menakjubkan yang akan mempercantik feeds instagram kalian.

Tips dari gue, jangan sekali – sekali kalian berfoto di bendungan saat musim hujan. Karena arusnya akan sangat kencang dan pastinya berbahaya untuk keselamatan kalian.

 

Alamat : Jl. Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod Kangin, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

Maps

Operasional : 24 Jam

GRATIS!!

 

5. Omah apik, gianyar

Omah apik merupakan tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran dari pusat kota. Menginap di tengah sawah hijau, dan ditemani suara burung yang merdu pastinya menjadi pengalaman tersendiri bagi sebagian orang.

omah apik bali
Photo doc : omahapik.com

Selain itu, dengan perpaduan unsur Bali, Jawa dan Kolonial yang ditawarkan bisa dipastikan kalian akan banyak menemukan tempat menarik untuk foto di Omah apik. Kalian akan dibuat senyaman pulang ke rumah sendir

tempat menginap seru di bali
Photo doc : omahapik.com

Bagian dalamnya akan terasa teduh dengan tanaman buah-buahan lokal dan beragam bunga. Semuanya akan membuat kalian merasa nyaman dan santai.

Selain itu, salah satu tempat menginap di Bali ini juga terkenal dengan pelayanannya yang luar biasa bagus, lihat saja ratingnya yang hampir sempurna di TripAdvisor.

 

Alamat : Jl. Kenyem Bulan, Banjar Pande, Desa Pejeng, Ubud 80571, Indonesia

Maps

Tlp : (0361) 944324

Harga : Mulai dari Rp500.000

 

6. Secret point huts, nusa ceningan

Nusa Ceningan dulu merupakan salah satu tempat yang sangat jarang di eksplore di Bali. Baru belakangan ini, tempat tersebut menjadi serbuan para wisatawan.

Salah satu tempat yang gue rekomendasikan adalah Secret Point Huts. Lokasinya berada di antara Nusa Lembongan dan Nusa Penida.

secret point huts bali
Photo doc : google

Tempat instagramable di secret point adalah blue lagoon yang merupakan lubang kecil di dinding tebing yang dikelilingi air laut biru kehijauan. Dilengkapi dengan sinar matahari dan langit biru yang menembus lubang tersebut, perfect!!.

tempat wisata di bali
Photo doc : bookcdn

Jangan lupa juga untuk menikmati pantai dan pasir putihnya, atau kalau kalian ingin loncat tebing juga bisa dilakukan di tempat ini. Tapi harus hati hati yaaa

 

Alamat : Dusun Ceningan Kawan, Desa Ceningan, Nusa Penida, Klungkung, Bali 80771

Maps

 

7. Pura luhur lempuyang

Foto ditengah gapura adalah salah satu tempat menarik di Pura Lempuyang. Alasan kenapa lokasi tersebut menarik adalah karena berlatar belakang gunung Agung yang megah berdiri dibelakangnya.

pura lempuyangan di bali
Photo doc : backpackerstory

Pura lempuyang merupakan salah satu pura Hindu tertua di Bali, ada banyak kemiripan tempat ini dengan pura Besakih, pura terbesar, paling suci, terpenting di Bali.

wisata seru di bali
Photo doc : okezone

1700 anak tangga harus kalian lewati untuk mencapai indahnya pemandangan gunung berapi, bukit dan laut dikejauhan dari pura Lempuyang. Pura Lempuyang berlokasi di Desa Tista, kabupaten Karangasem, 2 jam dari pusat kota Denpasar.

 

Alamat : Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali

Maps

Harga tiket : GRATIS!

 

8. Hilton bali resorts

Resorts ini dulunya terkenal dengan nama Grand Nikko Bali, dengan anugerah alam yang indah menjadikan setiap sudut tempat ini sangat cocok digunakan untuk hunting foto.

hotel hilton bali
Photo doc : tribunnews

Salah satu pantainya yang terkenal adalah Serenity beach yang masih satu garis pantai dengan pantai Tanjung Benoa. Yang membuat pantai ini terkenal adalah karena ketenangan dari tempat ini.

pantai serenity bali
Photo doc : pinterest

Dan tempat instagramable paling terkenal adalah pohon sereninya, salah kalau kalian menganggap pohon ini adalah pohon biasa. Perhatikan secara detail, maka kalian akan melihat perpaduan indah warna hijau daun, pasir putih pantai, air laut kehijauan, dan langit biru yang cerah.

 

Lokasi : Jl. Raya Nusa Dua Selatan, Nusa Dua Bali 80363

Maps

Tlp : 0361-773 377

 

9. AYANA Grotto Spa & Hotel Tjampuhan Spa

Lah spa doang? Apa bagusnya?

Haha jangan salah, kalau hanya tempat spa biasa gak mungkin gue akan memasukan AYANA Grotto Spa ke dalam list ini.

Apasih yang buat tempat ini menarik?

ayana spa and resorts bali
Photo doc : pinterest

Di AYANA Grotto kalian bisa merasakan bagaimana berendam di jacuzzi dalam gua yang masih lengkap dengan stalaktit yang bergelantung di langit-langitnya. Nikmatilah setiap pijatan lembut yang keluar dari semprotan air jacuzzi di dalam gua.

hotel ayana bali
Photo doc : worldalldetail.com

 

Lokasi : Jl. Karang Mas Sejahtera, Jimbaran, Kuta Selatan, Jimbaran, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364

Maps

Tlp : (0361) 702222

 

10. Rumah pohon desa batu dawa, karangasem

Rumah pohon ahh udah banyak loh dimana mana rumah pohon mah, ehh tapi tunggu dulu. Untuk rumah pohon yang ini benar-benar berbeda. Rumah diatas pohon ini benar-benar seperti daun yang tumbuh diatas pohon ini.

rumah pohon batu dawa karangasem
Photo doc : pinterest

Cabang-cabang pohon mencekram kuat rumah, sehingga terlihat seperti pohon yang mendorong rumah mini ke udara. Selain itu, jembatan yang menghubungkan antara rumah pohon juga bisa menjadikan keunikan yang berbeda dari tempat ini.

tempat di desa batudawa
Photo doc : wisatabali.com

Pastinya, rumah pohon menjadi sesuatu yang unik bukan untuk kalian jadikan tema foto kalian. Yuk mampir ke Rumah pohon desa Batu Dawa, Kecamatan Kubu, Karangasem Bali.

 

Lokasi : Tulamben, Kubu, Karangasem Regency, Bali 80852

Harga tiket : Rp20.000(dewasa) Rp10.000(anak-anak)

 

 

11. Ngarai Rahasia, Sukawati

2 tebing indah mengapit aliran sungai layaknya salah satu lokasi film jurrasic park ada di tempat ini. Konon ribuan tahun lalu terjadi erosi di aliran sungai secara alami, dan itulah hingga saat ini membentuk ngarai yang sangat indah.

hidden canyon beji
Photo doc : google

Nama tempat ini terkenal dengan sebutan HIdden Canyon Beji Guwang. Lokasinya berada di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

wisata canyon di bali
Photo doc : nicetourbali

Kawasan ini merupakan salah satu lokasi suci bagi warga Bali, jadi mohon untuk siapapun yang bermain ke sini harap menjaga kebersihannya.

Salah satu tempat instagramable disini adalah kalian bisa berfoto diatas bebatuan besar, yang diapit oleh dua tebing indah yang dialiri sungai dibawahnya.

Gue pernah membahas tempat ini secara lengkap, bagaimana cara kesana, tips, serta berapa besar biaya yang dikeluarkan. Cek artikelnya di Daftar Wisata Bali Terbaru.

 

 

12. Noah villa & chapel

Mau punya impian untuk melaksanakan pernikahan di Bali?, Noah villa & chapel ini adalah salah satu tempat rekomendasi dari gue untuk kalian.

noah villa chapel bali
Photo doc : google

Villa ini di kuasai dengan warna putih bergaya modern kontemporer. Yang menonjol dari salah satu tempat menginap di Bali ini adalah sebuah bangunan dengan bentuk Bahtera Nabi Nuh.

tempat hunting foto di bali
Photo doc : google

Untuk kalian yang ingin mengikat janji abadi dengan pasangan bisa melaksanakannya di dalam gedung diatas bahtera nuh tersebut. Bukan hanya itu, kamar-kamar yang disediakan untuk menginap juga memiliki design yang cantik.

Banyak tempat foto menarik di setiap sudut Noah villa & chapel, pastinya akan membuat kalian dengan pasangan kalian happy.

 

Lokasi : Jl. Indraprasta Br. Giri Dharma, Ungasan, Badung Regency, Bali 80364

Maps

Kisaran harga menginap : Rp700.000/Malam

 

13. Air terjun tibumana

Wisata di Bali yang satu ini termasuk tempat wisata yang baru, namanya itu air terjun Tibumana. Lokasinya ada di Susut Bangil, apa yang buat tempat ini menarik?

air terjun tibumana bali
Photo doc : google

Yang bikin air terjun ini menarik adalah karena adanya 2 buah air terjun yang turun tepat di depan sebuah gua, seperti sebuah tirai yang menutupi mulut gue. Ketinggian air terjun kurang lebih 20 meter.

tempat wisata asik di bali
Photo doc : google

Tiket masuk untuk ketempat ini cukup murah, kalian cukup membayar Rp5.000 saja. Dengan harga segitu tentunya kalian sudah bisa menikmati indah alam Bali. Jaraknya tidak begitu jauh dengan pusat kota bali, hanya butuh 1,5 jam untuk mencapai tempat ini.

 

Lokasi : Jalan Desa Apuan, Apuan, Susut, Apuan, Susut, Kabupaten Bangli, Bali 80661

Maps

Tiket masuk : Rp5.000

 

14. Lembah Tukad Melangit

Tempat instagramable di Bali yang satu ini semakin terkenal semenjak banyak foto ditempat tersebut yang diunggah di media sosial.

lembah tukad melangit
Photo doc : google

Di tempat ini berdiri sebuah bangunan semi permanen yang dibuat dari bambu. Disusun sedemikian rupa sehingga memiliki sebuah balkon yang menghadap langsung ke lembah. Keindahan lembah tukad melangit sudah tidak usah diragukan lagi.

tempat seru di bali
Photo doc : google

Hanya butuh sedikit keahlian menentukan posisi foto, maka kalian akan mendapatkan hasil foto yang mengagumkan. Karena lokasi wisata ini terbilang baru, maka harus ada banyak hal dibenahi.

Jika kalian peduli dengan tempat wisata ini, jangan lupa untuk memberikan dana sukarela dengan memasukannya kedalam kotak yang disediakan.

 

Lokasi : Jehem, Tembuku, Bangli Regency, Bali 80614

Maps

Biaya : Sukarela!

 

15. Gala-gala underground house

Wisata di Bali yang satu ini merupakan salah satu yang unik, lokasinya ada di Nusa Lembongan. Gimana tidak terbilang unik, kalian akan dibawa menelusuri sebuah rumah bawah tanah hasil karya manusia.

gala gala underground house
Photo doc : google

Rumah bawah tanah yang dibangun oleh seorang dalang bernama Mangku Byasa dan membutuhkan waktu 12 tahun untuk membangun gua ini. Dalam pembuatannya. Mangku Byasa hanya menggunakan alat-alat dan cara tradisional.

wisata unik di bali
Photo doc : google

Jangan kalian kira sirkulasi udara di dalam gua ini sangat buruk sehingga sangat tidak nyaman untuk didatangi. Nyatanya justru sebaliknya, sirkulasi udara sudah sangat dipikirkan matang-matang dalam membangun tempat ini, sehingga kalian akan merasa sejuk ketika di dalam.

Uniknya lagi, tempat ini memang digunakan sebagai tempat tinggal oleh Mangku Byasa, menarik? Yuk abadikan momen liburan kalian ditempat ini.

 

Lokasi : Lembongan island, Jungutbatu, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771

Maps

Biaya masuk : Rp25.000

 

16. Kebun raya bedugul

Namanya saja sudah kebun raya, pasti tau dong tempat ini akan seperti apa? Iya betul banget, tempat ini mirip-mirip seperti kebun raya di Bogor.

kebun raya bedugul
Photo doc : google

Berada di wilayah Bedugul, kebun raya Bedugul bisa menjadi salah satu tempat hunting foto menarik di Bali. Udara yang ada di sekitar lokasi sangat sejuk karena berada pada ketinggian 1200 – 1500 Mdpl.

taman wisata bali
Photo doc : google

Kebun raya ini dibagi menjadi beberapa lokasi yang disesuaikan dengan tanaman yang berada di daerah itu. Ada rumah kaca, taman anggrek, dan Mawar, Begonia, Air, dan hutan buatan. Setiap lokasi memiliki keunikannya sendiri.

Kebun raya ini memiliki luas sekitar 157,5 ha. Yang membedakan dari kebun raya Bogor adalah, kebun raya Bedugul merupakan botanical garden pertama yang dibagun oleh tangan bangsa Indonesia. Tidak seperti kebun raya Bogor yang dibangun oleh Gubernur Jendral Raffles.

 

Alamat : Jl. Kebun Raya, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191

Maps

Tiket masuk : Rp 9.000

 

17. Secret garden sambangan

Tempat ini memang cocok jika dinyatakan secret, nyatanya memang tempat ini sedikit tersembunyi berbeda dengan tempat wisata Bali lainnya. Banyak sekali tempat foto yang bagus jika kalian datang ke secret garden Sambangan.

secret garden sambangan
Photo doc : cloudinary

Hutan, sungai sampai dengan air terjun pun tersedia alami di tempat ini. Untk air terjun, secret garden Sambangan bukan hanya memiliki 1 melainkan 7! Tetapi kalian hanya boleh menikmati 5 air terjun saja karena yang lain masih sulit untuk dilewati umum.

wisata air terjun di bali
Photo doc : wordpress

Desa Sambangan sendiri terletak di Bali Utara, tepatnya berada di kecamatan Sukasada. Untuk mengelilingi tempat ini secara detail, 1 hari tidak akan pernah cukup. Jangan lupa siapkan kamera underwater, karena kalian akan banyak bermain di air.

Gue juga telah membahas secara lengkap, bagaimana menuju tempat ini, berapa biaya masuknya, dan tips dari gue di postingan ini : Wisata Sambangan Secret Garden

 

Menjelajah Wisata di Sekitar Legian Bali

 

18. The Lawn, Canggu

Kalian pasti udah sering banget deh liat selebgram yang posting foto mereka di tempat ini. Dan memang tempat ini adalah tempat wajib didatangi untuk kalian yang mau gaul di Bali.

the lawn canggu bali
Photo doc : tripcanvas

The lawn canggu menyajikan tempat bersantai dengan pemandangan sunset indah di Bali. Tempat ini sebenarnya merupakan salah satu beach club, keunikan dari tempat ini adalah adanya karpet rotan diatas hamparan rumput.

Tidak ketinggalan juga kolam renang dengan pemandangan langsung menuju pantai Batubolong. Untuk harga makanan dan minuman di tempat ini termasuk biasa saja, tidak terlalu mahal dan tidak murah juga.

tempat nongkrong di bali
Photo doc : therepublicofrose

Jika kalian datang ke sini, pastinkan tidak dalam musim hujan. Siapkan kamera kalian, jangan sampai momen matahari terbenam terlewatkan!

 

Lokasi :  Jl. Pura Dalem, Canggu, Kuta Utara, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

Maps

Range harga : Rp300.000/ 2 orang rata-rata

 

19. Wahana rumah sulap

Sulap memang selalu menjadi pertunjukan yang menyenangkan untuk dilihat. Apalagi kalian melihat pertujukan sulap secara langsung, pasti akan berbeda sekali suasananya dan emosi yang dirasakan.

wahana rumah sulap bali
Photo doc : myfave.gdn

Di wahana rumah sulap Bali ini kalian bisa merasakan menjadi pesulap atau menonton pertunjukan sulap. Kalian akan masuk ke beberapa ruangan, yang didalamnya kalian bisa berfoto ria dengan properti sulap.

wisata unik di bali
Photo doc : e-bali.net

Kemudian kalian juga bisa masuk kedalam ruangan pertunjukan, dimana kalian akan melihat pertunjukan sulap secara langsung.

Uniknya lagi disetiap ruangan memiliki tema berbeda-beda loh, dijamin tidak akan membosankan.

 

Lokasi : Jl. By Pass Ngurah Rai No.100, Pemogan, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80221

Maps

Harga tiket : Rp150.000(dewasa) Rp75.000 (anak-anak)

Jam operasi : 09:00 – 21:00 WITA

 

20. Bali swing bongkasa

Tempat wisata menarik yang satu ini bertema adventure, sangat menarik untuk kalian yang suka dengan sensai memacu adrenalin.

Salah satu permainan yang cukup menantang adalah ayunannya.

Lah kok main ayunan menantang darimana?

bali swing bongkasa
Photo doc : explorewisata

Bayangkan aja, kalian akan bermain ayunan diketinggian 35 meter, rasanya seperti terbang diketinggian ketika bermain ayunan ditempat ini. Kalau kalian fobia dengan ketinggian jangan pernah coba bermain ditempat ini.

wisata alam di bali yang unik
Photo doc : pinterest

Ayunan tersebut juga merupakan tempat instagramable yang pastinya bisa bikin feeds instagram kalian lebih menarik.

Berani coba?

 

Lokasi : Jalan Dewi Saraswati No.7, Bongkasa Pertiwi, Abiansemal, Bongkasa Pertiwi, Abiansemal, Kabupaten Badung

Maps

Jam operasi : 08:00 – 17:00 WITA

Harga Tiket : Rp 315.000 (tidak termasuk anar jemput ke tempat lokasi)

 

21. Krisna funtastic land

Pernah mendengar merek lokal bali bernama Krisna? Pasti sudah tidak asing ditelinga kalian bukan? Merek lokal ini adalah yang paling besar di Bali, mereka menjual oleh-oleh khas dari Bali. Makanya tidak heran setiap orang yang liburan ke Bali pasti membeli oleh-oleh merek ini.

krisna funtastic land
Photo doc : balipedia.id

Sekarang krisna mulai lebarkan sayap bisnisnya ke tempat wisata di Bali. Salah satu yang paling terkenal adalah Krisna Funtastic Land.

wahana seru di bali
Photo doc : youtube

Kalau jakarta punya Dunia Fantasi, Bali punya Krisna Funtastic Land, yang dimana didalamnya kalian bisa menikmati bermacam wahana atraktif menyenangkan.

Disana juga terdapat salah satu replika pesawat loh, namanya Krisna Air. Menarik bukan? Yuk main ke Krisna Funtastic Land jika ke Bali.

 

Lokasi : Jl. Raya Seririt – Singaraja, desa Temukus Kecamatan Banjar, Buleleng – Bali

Maps

Jam operasi : 16:00 – 22:00 WITA

Tiket masuk : Rp 10.000 (weekdays) / Rp 15.000 (weekends)

Tiket permainan : Rp 5.000 – Rp 22.000 (tergantung jenis permainannya)

 

22. Bukit asah bugbug

Bagi pecinta keindahan alam sejati, bukit asah Bugbug adalah salah satu tempat wisata yang wajib banget kalian kunjungi. Bentangan laut biru dan kokohnya dinding tebing menjadikan tempat ini merupakan salah satu tempat foto terbaik di Bali.

bukit asah bug bug
Photo doc : piknikdong.com

Namanya juga bukit, pastinya akan menanjak dan untuk kalian yang ingin mencapai puncaknya ya harus jalan menyusuri jalan setapak. Tapi tenang aja, karena sepanjang jalan akan teduh dengan lindungan pepohonan.

wisata alam di bali
Photo doc : sportourism.id

Dengan segelas kopi panasa dan sedikit cemilan, nikmatilah keindahan alam dari atas bukit asah Bugbug.

Untuk kalian yang ingin mendatangi tempat ini, cukup luangkan waktu 1,5 jam dari pusat kota bali, Denpasar. Salah satu tempat yang cocok untuk melepaskan stres dari beban pekerjaan.

 

Lokasi : JL. Bukit Asah, Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem, Bali 80811

Maps

 

23. Puncak Wanagiri

Puncak Wanagiri semakin meningkat kepopulerannya semenjak banyak orang upload foto mereka di tempat tersebut.

puncak wanagiri bali
Photo doc : balisaritour

Yang membuat Pucak Wanagiri terkenal adalah banyaknya tempat instagramable di satu lokasi. Disini terdapat banyak anjungan-anjungan dengan beragam properti pendukung untuk foto. Pemandangan dari setiap anjungan menuju langsung ke Danau Buyan dan Danau Tamblingan yang dikelilingi hutan.

wisata puncak wanagiri
Photo doc : google

Sejak beberapa tahun lalu disini banyak berdiri bangunan-bangunan ramah lingkungan yang terbuat dari bambu. Bangunan ini digunakan sebagai warung bagi masyarakat sekitar. Mengingat lokasi ini masih daerah konservasi, maka kebersihan alamnya harus dijaga dengan baik.

Kalian boleh berfoto disini tetapi jangan meninggalkan sampah sedikitpun. Tempat ini bukan termasuk tempat wisata gratis, kalian harus membayar sebesar Rp 10.000 untuk menikmati keindahan alamnya.

 

Lokasi : Jl. Raya Wanagiri, Pancasari, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161

Maps

Tiket masuk : Rp 10.000

 

24. Padang bunga kasna

Namanya padang bunga pasti akan memberikan pemandangan segar dengan warna-warna mencolok. Untuk kalian pecinta bunga pasti akan sangat senang jika bermain ke Padang bunga Kasna.

Lokasinya berada di Desa Temukus, Karangasem. Tempat ini akan didominasikan warna putih karena hamparan dari bunga kasna yang hanya tumbuh di kaki gunung Agung.

padang bunga kasna bali
Photo doc : kompas

Untuk bisa mencapai tempat ini memang diperlukan perjuangan yang lebih karena kalian akan melewati banyak jalan bercabang.

Ceritanya, dulu banyak pengunjung yang datang ketempat ini tanpa izin. Dan banyak merusak bunga dengan cara menginjak-injak. Sekarang penduduk sekitar mendampingi setiap pengunjung yang mau mengabadikan foto disini.

Maka dari itu, kalian wajib jaga kebersihan dan sopan santun kepada warga sekitar ya. Padang bunga kasna termasuk salah satu tempat wisata gratis di Bali yang keindahannya sangat terjaga.

 

Lokasi : Pempatan, Rendang, Karangasem Regency, Bali 80863

Maps

 

25. Bukit campuhan

Tempat ini digadang menjadi salah satu tempat paling instagramable di Bali. Bukit Campuhan sangat gampang diakses, tidak perlu lama jalan untuk bisa sampai ke puncaknya. Tak heran banyak warga lokal dan turis asing yang menjadikan tempat ini untuk jogging.

bukit campuhan bali
Photo doc : tempo

Bukit campuhan berlokasi di Ubud yang terkenal dengan hijaunya tempat ini dan sangat tenang. Yang buat tempat ini menarik adalah pemandangan yang disuguhkan sangat cantik, lengkap dengan pepohonan khas tropis, sawah, dan lembahnya.

Tidak perlu takut sepatu anda rusak, karena sepanjang jalan menuju puncaknya sudah disusun batuan kotak sehingga membentuk jalanan yang sangat rapih.

 

Lokasi : Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Maps

Tiket masuk : Gratis!

 

26. Taman nusa

Banyak yang bilang kalau taman nusa ini adalah TMII-nya Bali. Tidak heran karena memang konsep wisata yang ditawarkan sama, yaitu pengalaman mengelilingi Indonesia dengan rumah-rumah adat khas di setiap daerah.

taman nusa bali
Photo doc : google

Uniknya, setiap rumah adat yang ada disini di datangkan langsung dari tanah aslinya loh. Bukan dalam bentuk rumah jadi ya, tapi dari bahan bahan bangunannya. Arsitek bangunan adatnyapun didatangkan langsung dari daerah bersangkutan.

wisata pendidikan di bali
Photo doc : balirescenter

Kalian tidak hanya bisa menikmati rumah adat dari luar saja, tapi juga bisa melihat langsung kedalam rumah. Jika kalian beruntung, kalian bisa bertemu dengan penghuni rumah yang menggambarkan kegiatan asli di daerah tersebut.

Rumah adat memang menjadi daya tarik tersendiri, dan pastinya tempat wisata di Bali ini sangat rekomendasi untuk didatangi.

 

Lokasi : Jl. Taman Bali – Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Maps

Harga tiket : Rp 85.000/Dewasa dan Rp 70.000/ Anak (2 – 12 tahun)

 

27. Pura taman saraswati

Lagi-lagi tempat wisata ini adanya di Ubud, memang ubud selalu memiliki cara untuk bisa menarik perhatian para wisatawan yang ke Bali.

Apa yang buat tempat ini menarik?

Pura Saraswati merupakan pura yang dibangun diatas air, orang dibalik pembangunan pura cantik ini dikenal dengan nama I Gusti Nyoman Lempad yang merupakan salah satu maestro seni terkenal di Ubud.

pura taman saraswati
Photo doc : shutterstock

Letaknya berada persis dibelakang Cafe Lotus Ubud, atau sekitar 40 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.

Terdapat juga sebuah pelataran luas yang dikelilingi kolam teratai sebagai panggung untuk pementasan tari kecak.

 

Lokasi :Jalan Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Maps

 

28. Air terjun goa rang reng

Air terjun goa rang reng memang tidak seterkenal dengan air terjun lainnya yang ada di Bali, tetapi keindahannya tetap bisa memukau kalian.

goa rang reng bali
Photo doc : nusabali

Uniknya disini air terjun tidak mengalir keras layaknya air terjun pada umumnya. Karena aliran air menyebar terkena susunan baru yang ada. Air jernih khas pegunungan membuat lokasi ini sangat menyegarkan untuk bermain air.

photo goa rang reng bali
Photo doc : reresepan

Lokasi dari air terjun goa rang reng ini termasuk lokasi yang disakralkan oleh umat Hindu. Tidak perlu takut, kalian hanya perlu menjaga kebersihan, dan sopan santun selama bermain di lokasi ini.

 

Lokasi : Bakbakan, Gianyar Sub-District, Gianyar, Bali 80515

Maps

 

29. Ladang bunga marigold

Ladang ini adalah ladang perkebunan rakyat sebenarnya, ladang ini terbentang sepanjang jalan raya antara Bedugul dan Kintamani. Lebih tepatnya sebelum lokasi kebun raya.

ladang bunga marigold
Photo doc : kintamani.id

Ladang ini dipenuhi dengan bunga marigold yang berwana kuning gold, atau kadang berwarna orange. Perpaduan warna kuning dari mahkota bunga dan hijau dari batang bunga menjadikan ladang ini sanga indah dipandang mata.

Tidak heran kalo ladang bunga marigold ini dijuluki tempat instagramable di Bali.

Masyarakat membudidayakan bunga ini, karena bunga ini banyak digunakan sebagai upacara keagamaan di Bali. Untuk kalian yang suka foto, ini merupakan tempat hunting foto yang tidak boleh dilewatkan.

 

Lokasi : Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung

Harga tiket masuk : Gratis!

 

30. Water blow, Nusa Dua

Cari tempat wisata gratis yang bagus? Nah ini adalah salah satunya.

Terkenal dengan nama water blow Nusa Dua, sebenarnya hanyalah sebuah bibir tebing yang berbatasan langsung dengan laut. Sehingga setiap ombak yang menghantam tebing akan pecah dan terhempas ke udara. Itulah kenapa tempat ini dinamakan water blow.

water blow nusa dua
Photo doc : wisatabaliutara

Ingat ya, untuk kalian yang menginginkan pantai sangat salah besar datang ke tempat ini. Karena tempat ini bukan pantai, yang ada hanya tebing yang dihantam keras oleh ombak samudera Hindia selatan.

Datanglah pada bulan Juli – Oktober, karena di bulan inilah ombak akan lebih keras sehingga menghantam tebing lebih keras juga dan menghasilkan hempasan air lebih tinggi.

 

Lokasi : Jl. Pantai Mengiat, Nusa Dua 80363

Maps

 

31. Angels billabong

Nah mungkin sebagian dari kalian yang baca artikel ini udah sering dengar nama Angels Billabong. Sebuah laguna alam yang menakjubkan di pulau Nusa Penida.

angels billabong bali
Photo doc : maratuadventure

Sekarang laguna ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang sangat favorit. Surga tersembunyi di Nusa Penida ini sebenarnya adalah muara akhir dari sungai yang ada di Nusa Penida. Di dasar dari Angels Billabong terdapat trumbu karang berwarna yang menambah indahnya tempat ini.

Ambilah foto dari atas tebing yang ada di antara laguna ini, maka foto kalian akan terlihat sangat indah.

Jangan lupa untuk mampir ke tempat ini kalau kalian sedang berwisata di Bali.

 

Lokasi : Sakti, Nusapenida, Klungkung Regency, Bali 80771

Maps

 

32. Laut pasih uug, Nusa Penida

Kalian percaya gak sih kalau alam itu punya cara-cara tersendiri untuk memperindah “dirinya”? Kadang cara-cara tersebut adalah cara yang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Salah satunya adalah laut pasih uug (broken beach).

laut pasih uug bali
Photo doc : anythingbali

Apakah yang unik dari laut pasih uug? Yang unik ditempat ini adalah terdapat sebuah tebing yang bolong ditengahnya karena rusak di terjang ombak dari lautan. Tetapi karena kerusakan itulah yang membuat pantai ini menjadi lebih indah.

Keunikan itulah yang menjadikan laut pasih uug menjadi tempat instagramable yang wajib banget buat kalian datangi.

Mau ke sini? Yuk lihat detail lengkapnya :

 

Lokasi : Sakti, Bunga Mekar, Nusapenida, Klungkung Regency, Bali 80771

Maps

 

33. Anand ashram, Ubud

Kalian penyuka yoga dan ketenangan? Sebenarnya Anand Ashram adalah tempat meditasi yang dibuka di Ubud, Bali.

Berlatih dan mengikuti kelas yoga di tempat ini dijamin kalian akan sangat suka. Bentangan alamnya, bentuk bangunan dan dekorasinya, akan ikut membantu kalian konsentrasi lebih dalam.

anand ashram ubud
Photo doc : pinterest

Selain itu guru yang membimbing yoga di Anand Ashram ubud juga sudah pasti guru yoga terkenal yang tidak perlu diragukan lagi ilmunya.

Buat yang suka hunting foto, tempat ini juga rekomendasi dari gue buat kalian. Tapi ingat jgnan merusak ketenangan disekitar lokasi tersebut ya

 

Lokasi : Jl. Sri Wedari No.Km. 3, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Maps

Tlp : +62 822-3709-4865

 

34. Pantai tulamben

Pernah liat bangkai kapal karam di bawah laut dengan mata kepala sendiri gak? Gue yakin pasti jarang ada yang liat. Apalagi kapal karam tersebut adalah kapal USS Liberty dari tahun 1942.

pantai tulamben
Photo doc : photoshelter

Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati keindahan tersebut, di pantai Tulamben kalian bisa menikmati semua keindahan bawah laut, termasuk kapal USS Liberty yang gue sebutin di atas. Buat penyuka diving, gue sangat merekomendasikan tempat ini, disekitar kapal karam tersebut kalian bisa bertemu banyak biota laut.

tempat diving di bali
Photo doc : kintamani.id

Waktu terbaik untuk menyelam atau berwisata ke pantai Tulamben adalah di bulan Oktober dan November. Untuk kalian yang mau menyelam dan belum memiliki sertifikat, bisa kok sekalian latihan disana. Harganya beragam tergantung dengan sesi latihannya.

 

Lokasi : Karangasem, Tulamben, Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali 80852

Maps

Harga : Rp 500.000 – Rp 800.000

 

35. Pantai kelan

Tempat wisata gratis nih! Asik kan?

Siapa yang sangka sih, ternyata dibalik bandara Ngurah Rai ada pantai indah loh. Sunset indah bisa kalian dapatkan di pantai ini.

Uniknya, karena pantai ini bersebelahan dengan landasan pesawat maka akan banyak pesawat landing dan take-off di atas kalian. Jangan takut, karena justru itu bisa jadi objek foto paling bagus yang bisa kalian dapatkan.

pantai dekat bandara di bali
Photo doc : seevoucher

Bayangkan, kalian foto dengan latar belakang langit senja, pesawat, pantai, dan ombak laut yang tenang. Udah deh ini udah jadi tempat instagramable yang wajib kalian datangi pertama kali ketika mendarat di Bali.

 

Lokasi : Jl. Segara Madu, Kelan, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Maps

 

36. Pantai Yeh leh

Kalo bosen sama pantai yang berpasir putih, bisa nih cobain pantai yang berbatu merah. Loh kok pantai malah berbatu merah? Udah kaya sungai aja. Justru itulah point of interest nya, coba deh kalian main kesini dan abadikan momennya di Instagram.

pantai yeh leh
Photo doc : liburmulu

Pantai Yeh Leh berlokasi di perbatasan antara Jembaran dan Tabanan. Sebenarnya pantai ini bukanlah favorit bagi turis asing, karena di pantai Yeh Leh kalian tidak bisa berjemur. Lebih cocok untuk kalian yang suka memancing.

tempat memancing di bali
Photo doc : travelingyuk

Jangan takut kelaparan jika bermain ke tempat ini, karena disini sudah terdapat warung-warung sederhana untuk sekedar istirahat atau menyantap mie instan, ataupun kelapa muda.

Untuk mendatangi tempat ini tidak perlu bayar mahal, karena kalian hanya cukup membayar ongkos parkir saja.

 

Lokasi : Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Pengeragoan, Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali

Maps

 

37. Pantai tegal wangi

Enak kali ya kalo bisa ber-jacuzzi ria di tepi laut tanpa harus membayar mahal? Di pantai Tegal Wangi impian kalian bisa terlaksana.

pantai tegal wangi
Photo doc : reservasi

Bukan cuma itu, jacuzzi yang ada disini terbuat secara alami yang bisa kalian nikmati dan menghadap langsung ke pantai. Di Pantai tegal wangi ini banyak terdapat tebing tebing tinggi, sehingga membuat keindahan unik justru terjadi.

pantai unik di bali
Photo doc : superadventure

Garis pantai dengan pasir putihnya juga menambah lengkap keindahan dari pantai Tegal Wangi ini, jangan lupa bawa kamera kalian. Bisa kamera Hp maupun kamera profesional. Karena sebenarnya tidak butuh keahlian khusus untuk menangkap keindahan indah disini.

 

Lokasi : Jl. Tegal Wangi, Jimbaran, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Maps

 

Selesai,

Wahhh udah lengkap banget tuh gue ulas tempat instagramable di Bali . Apakah kalian masih mikir-mikir mau ke Bali?

Selain list di atas, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Bali yang bagus-bagus. Gue akan coba bahas dilain kesempatan.

Untuk artikel kali ini cukup sampai sini aja, jangan lupa share kalo menurut kalian artikel kali ini sangat berguna. Share artikel ini adalah salah satu wujud apresiasi yang bisa kalian berikan.

Mau kasih masukan atau diskusi? Bisa langsung tinggalkan komentar dibawah ini.

Jangan lupa juga baca artikel panduan travel menarik lainnya di Dongengtravel, salam lestari, dan jangan lupa jaga kebersihan alam Indonesia.

Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya..

Comments

  1. Liana

    gila parah parah! artikel lu makin ciamik dhit!

    Puji Tuhan gue bakal ke Bali juga di September besok haha
    akhirnya! dan gue nemu artikel lu yg ini, rasanya penyelamat bgt.
    lengkap parah ulasannya.

    gue tertarik banget buat ke Ngarai Rahasia dan Taman nusa.
    thanks buat sharingnya, dhit!

    1. Post
      Author
  2. imelda

    boleh donk dibahas pantai putih menjangan prejakan…

    sekalian tarif sewa baju dan peralatan selam serta tarif aktifitas lainnya….

    trims yah…..

    1. Post
      Author
  3. Liana

    iyes Dhit, seminggu nih haha
    sendiri aje bosku, ada temen gue nikahan di sana di hari ke-3 nya. siap-siap berkelana deh sisanya.

    apa lu mau ke Bali juga sekalian? haha

  4. Hans

    Wihhhh lengkap banget nih listnya 😀
    2x ke Bali dan tempat wisata disana gak habis2, selalu aja ada yang baru buat di eksplore 😀
    Butuh waktu seminggu lebih kayaknya ya biar bisa ke semua tempat wisata2 ini 😀

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  5. Heriand.com

    Mostly tempat-tempatnya lumayan berjauhan satu sama lain ya. 😀
    Paling enak ke Nusa Penida, karena jarak-jaraknya berdekatan. Kalo dari Kuta ke Pura Lempuyang itu effort banget, hehehe.

  6. Post
    Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  7. Alia

    utk nomor 29. ladang bunga marigold kabarnya mekar di bulan tertentu tapi gak ada di review daripada kuciwa sampe lokasi bunganya gak mekar hehehe,,

    foto-fotonya cakep semuaaahh…
    yg bikin keren kameranya atau fotografernya yang pinter ambil gambar?

    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      Ohh iya ? mungkin memang ada musim nya.. kapan dia mekar dan tidak, ada momen juga kadang petaninya itu ganti tanemannya dengan yang baru-baru..

      yang keren itu yang fotonya wkwkwkwkwk…
      makasih udah mamapir ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.