8 Tips Liburan Murah ke Bali yang Anti Gagal!

tips liburan murah ke bali

Hii siapa dari kalian yang belum pernah ke Bali? Menurut orang – orang yang pernah liburan ke Bali, mereka mengaku akan kangen dan pasti mau main kesana lagi. Sekarang pertanyaannya adalah, kenapa sih harus liburan ke Bali? Indonesia kan banyak tempat yang keren.

Betul! Indonesia emang banyak tempat yang keren, Tapi Bali punya sihirnya sendiri yang bikin kita selalu mau balik lagi kesana. Salah satunya  karena di Bali itu wisata alamnya lengkap. Tidak hanya laut yang dalam, hutan, dan gunung yang tinggi pun ada. Gue pernah bahas lengkap di salah satu artikel yang judulnya “6 Faktor-Faktor Mengapa Harus Liburan Ke Bali”.

Dan menariknya lagi, semua keindahan di Bali bisa kalian nikmati dengan budget yang tidak mahal. Tapi gue bisa jamin, kalian pasti akan bahagia walaupun liburan di Bali dengan budget murah.

“Murah bukan berarti menyedihkan”

Berikut tips liburan murah ke Bali


 

Tentukan Bagaimana Cara Kalian Untuk ke Bali

Secara geografis Bali merupakan pulau yang berdiri sendir, jadi untuk bisa ke Bali ada 2 cara melalui udara atau laut. Jika kalian punya waktu liburan yang cukup panjang, kalian bisa menggunakan jalur darat. Bagi kalian yang start di pulau Jawa, kalian bisa berhenti di pelabuhan Ketapang lalu menyebrang ke Bali.

Tetapi demi mempersingkat waktu, gue sarakan untuk pilih pesawat. Saat ini harga tiket pesawat ke Bali sudah sangat terjangkau. Ada beberapa tips liburan murah ke Bali dengan menggunakan pesawat. Salah satunya adalah berburu tiket pesawat pada malam hari.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah kalian bisa mengikuti tips gue di artikel ini : Pakai Cara Ini, Kamu PASTI Dapat Tiket Pesawat Murah


 

Pilih Penginapan yang Bersahabat

3 faktor yang perlu diperhatikan saat ingin menjalankan liburan murah. Pertama adalah cost transportasi, kedua adalah cost tempat menginap, dan ketiga adalah cost konsumsi.

tempat menginap di bali
Salah satu villa murah di Bali, img doc : _pratamadhit

Dalam cost tempat menginap, di Bali banyak sekali tempat menginap yang murah murah. Kalian bisa mendapatkan harga mulai dari Rp150.000/malam. Tetapi tips dari kami adalah, pilih tempat menginap yang menyediakan dapur sendiri. Tidak apa mengeluarkan sedikit uang ekstra. Kalian bisa mengakali cost konsumsi dengan memasak sendiri makanan kalian di tempat menginap.

tips liburan murah ke bali yaitu dengan memasak
Dapur kecil di villa, img doc : _pratamadhit

Jika kalian melakukan perjalanan liburan secara berkelompok minimal 6 orang. Pertimbangkanlah untuk sewa villa murah di Bali, tentu saja biaya yang dikeluarkan per orangnya akan jauh lebih murah. Selain itu juga lebih bebas dan tidak mengganggu penghuni lain.


 

Gunakan Motor Selama di Bali

Tips liburan murah ke Bali selanjutnya adalah sewa motor selama di Bali. Jika dibandingkan dengan ongkos naik taxi online, ataupun sewa mobil. Biaya sewa motor akan jauh lebih murah. Selain itu kalian juga bisa menghindari macet di beberapa titik Bali dengan sangat mudahnya.

Harga sewa motor di Bali bermacam macam, mulai dari Rp100.000 – 150.000/ hari. Saat ini konsumsi bahan bakar motor sudah cukup irit. Kalian mungkin hanya cukup mengisi full 1x motor kalian untuk perjalanan selama 2-3 hari di Bali (tergantung jarak tempuhnya).


 

Makan di Resto “Boleh” Sesekali

Pada poin nomor 2 gue udah bahas sedikit, untuk lebih menghemat pengeluaran kalian dalam konsumsi, pilihlah untuk memasak makanan kalian sendiri. Tetapi bukan berarti kalian tidak boleh menikmati resto-resto unik yang banyak bermunculan di Bali.

pilihan resto di bali
Salah satu tempat makan untuk vegan di Bali, img doc : _pratamadhit

Boleh banget! Bahkan gue sangat menganjurkan, karena sayang banget loh udah ke Bali tapi gak coba “hangout” ke tempat nongkrongnya. Tapi ingat, tujuan kalian hanya untuk menikmati suasana tempat tersebut. Bukan untuk makan kenyang, atau jajan berlebihan.


 

Pergilah Secara Berkelompok

Tips liburan murah ke Bali yang satu ini mungkin terdengar asing di telinga kalian. Gue mau liburan kok malah ajak-ajak orang sih? Eits tenang dulu, dengan mengajak orang lain bersama kalian tentu saja biaya yang dikeluarkan bisa dibagi sama besar dan sama rata. Contohnya seperti biaya menginap atau biaya sewa kendaraan. Kalau kalian bepergian minimal 6 orang, lebih menyewa mobil karena akan jauh lebih murah ongkosnya.

Gue termasuk salah satu orang yang mengakali cara liburan murah dengan ikut gabung ke orang lain dan memang terbukti bisa sangat menghemat biaya. Toh sekarang udah banyak kok forum – forum backpacker yang mengadakan jadwal sharing cost.


 

Tempat Wisata yang Indah itu Gak Perlu Mahal!

Menikmati indahnya Bali itu gak perlu mahal, banyak banget tempat – tempat wisata di Bali yang tidak memerlukan biaya masuk. Cukup mengeluarkan sedikit uang aja untuk parkir atau bahkan jajan sebuah es kelapa segar.

tempat wisata di bali
Spot pantai indah dan gratis di Bali, img doc : _pratamadhit

Salah satu pantai yang cukup memberikan pemandangan bagus, dan tidak memerlukan biaya masuk adalah pantai 707. Selain itu juga cafe di tepi pantainya bener – bener nyaman dengan jejeran bean bag dan alunan musik elektrik.

Bukan cuma itu, karena memang banyak banget tempat wisata murah yang bisa kalian datangi. Kami pernah merangkumnya menjadi 37 Tempat Liburan yang Instagramable di Bali (INFO TERLENGKAP).


 

Beli Oleh – oleh itu di Pasar, Bukan Dalam Mall

Di Bali itu banyak banget pasar tradisional yang menjual barang – barang lucu dan bisa kalian manfaatkan sebagai oleh-oleh. Tips dari kami tentukanlah budget untuk membeli oleh-oleh dari awal.

tempat oleh oleh di ubud
Belilah oleh-oleh di pasar, img doc : _pratamadhit

Jadi tidak akan mengganggu pos pos keuangan lainnya seperti biaya penginapan, transportasi, dan makanan.


 

Atur Pos Keuangan Kalian Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat hitunglah semua pos pos pengeluaran yang mungkin terjadi jika melakukan perjalanan liburan ke Bali. Setelah itu bawa uang tunai sesuai dengan jumlah pos – pos pengeluaran tersebut.

Hindari pemakaian kartu debit maupun kredit jika ingin liburan murah. Karena kalau kalian sering bertransaksi menggunakan kartu akan lebih sulit untuk melakukan pencatatan pengeluaran dan sisa uang.

Tetapi bukan berarti kalian tidak boleh bawa kartu debit / kredit kalian ya. Tetap boleh dibawa untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Nah itu adalah 8 tips liburan murah ke Bali yang bisa kalian ikuti demi kelancaran dan keamanan isi dompet kalian.

Perlu di ingat, tips ini tidak mutlak bisa langsung mengurangi total biaya pengeluaran selama liburan. Besarnya nilai pengeluaran dan pengelompokan arti kata “murah” pastinya juga tergantung dari pendapatan kalian.

Tetapi yang pasti tips liburan murah ke Bali tersebut bisa dijadikan panduan perjalanan kalian.

Jangan lupa share konten ini ke teman – teman kalian kalau menurut kalian tips ini berguna. Jangan lupa komentar untuk berdiskusi lebih lanjut.

Salam lestari, salam Dongengtravel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.