Tips 3 Hari Liburan ke Jogja Beserta Rincian Biaya Lengkapnya

liburan ke jogja

Salah satu tempat favorit untuk liburan di Indonesia yang menurut gue paling ngangenin itu Jogja. Entah kenapa gue lagi pengen banget ke Jogja, kangen banget gitu rasanya malem-malem di angkringan sambil nyeruput kopi jos dan ditemani lantunan lagu-lagu jalanan.

Artikel kali ini akan menceritakan pengalaman gue liburan ke Jogja beberapa bulan yang lalu. Liburan kali ini sedikit beda, kalo sebelumnya waktu liburan ke Ujung Kulon itu gue sendirian. Pas liburan ke Jogja sekarang gue bareng  someone special (read: pacar) yang ketemunya di salah satu gunung terindah di Indonesia. Wah dimana tuh? tunggu aja artikel lengkapnya belum sempat ditulis hehehe. maaf!!

Oke, artikel ini cocok untuk kalian yang :

  • Liburan bareng pacar,
  • Baru pertama kali liburan ke Jogja,
  • Gak punya budget berlebihan hehe,
  • Dan punya waktu terbatas,

Mari bercerita ..


Perjalanan dimulai

Akhirnya, hari-hari menunggu liburan tiba juga! alhamdulillah…

Perjalanan liburan ke Jogja dimulai dari stasiun Gambir Jakarta Sabtu 4 Agustus 2018, kita sepakat untuk naik kereta excutive yang kita beli seharga Rp 234.808. Menurut jadwal kereta kami berangkat jam 08:00 dan tiba di Jogja jam 15:39.

Okelah buat kita karena tidak terlalu larut juga sampai di Jogja. Masih bisa istirahat sebentar dihotel dan jalan-jalan malemnya nikmatin angkringan, setidaknya itulah yang gue rencanain jauh sebelum liburan ke Jogja ini.

Akhirnya kita berangkat ke Jogja tepat jam 8 pagi naik kereta Argo Dwipangga 10. Review singkat naik kereta executive, jujur gue baru pertama kali nih naik kereta executive hahaha. Enak sih, empuk kursinya, dapet bantal, dan jarak dengkul dengan bangku didepannya juga tidak terlalu dekat.

Tapi ya senyaman-nyamannya kita naik kereta, tetap jarak adalah musuh utamanya. Lumayan 7 jam bosen juga sih, udah tidur, bangun, sampai tidur lagi, bangun lagi belum sampai-sampai juga. Tapi ya kita nikmatin aja, namanya juga liburan bro! ngeluh muluk lu! hahaha.

wuzzzz..

Waktu dipercepat, akhirnya sampai di Jogja tepat jamnya seperti yang diperkirakan.

Keluar dari stasiun kita langsung pesan GoCar, yaa gak mau susah lah ya capek kalau harus cari angkutan umum lagi gitu loh, lagian tempat menginap di Jogja yang kita pilih juga jaraknya tidak terlalu jauh dari stasiun.


Menginap di Hotel Seniman” Yats Colony

Akhirnya kita sampai di Yats Colony, gak sangka ternyata tempatnya kalau dari luar itu gak kelihatan jadi harus hati-hati dan pelan-pelan takut kelewatan.

Kenapa kita memilih Yats Colony ?

Waktu pertama kali si pacar kasih tau tentang nih hotel gue langsung cek di Instagram, “wihh cakep banget nih tempat, banyak lagi para selebgram atau selebriti beneran yang nginep di tempat ini”. Terus gue baru sadar kalo ternyata pernah buat tulisan tentang Hotel ini, tapi lupa di publish dimana.

Saat itu, harga sewa tempat menginap di Jogja yang satu ini seharga Rp 990.000 untuk 2 Hari. Murah!, karena kita cek lagi dibeberapa tempat bisa 1 jutaan. Yaudahlah kapan lagi, toh liburan juga kan.

tempat menginap di jogja yats colony

Tadinya gue mau review diartikel terpisah untuk Yats Colony ini, tapi gak perlu deh. Karena memang gue gak mempersiapkan mereview Yats Colony secara detail ketika menginap. Cuma mau menikmati suasananya aja sambil foto-foto. Dijamin gak kalah sama tempat-tempat Instagramable di Bali.

Karena emang review lengkap udah banyak dibahas, salah duanya sama mba Egia dan mba Shasy diartikelnya.

Gue review singkat aja ya Yats Colony

Seperti yang terlihat di feeds Instagramnya Yats Colony tempat ini memang unik disetiap sudutnya. Banyak ornamen-ornamen unik dengan perpaduan warna dan bentuk yang enak dipandang mata. Kalau kalian suka foto. Ini merupakan salah satu rekomendasi hotel di Jogja yang harus jadi pilihan pertama.

Lokasi kolam renang, menurut gue adalah salah satu spot unggulan dari Yats Colony. Kenapa? Karena bentuknya unik, udah gitu juga dikelilingi dengan kamar hotel. Bukan kamar hotel biasa, seperti rumah bangunan berbeda dari kamar hotel lainnya.

Bentuknya kaya gini nih :

kolam renang yats colony

Kalau mau sarapan, lokasinya diatas loby utamanya. Untuk makanannya sendiri, selama 2 hari kita menginap disini sih rasanya lumayan lah ya. Udah gitu pilihan menunya juga banyak, jadi banyak pilihannya juga. Menu hari pertama dan kedua beda, good job !

Yats Colony :

Kamar :
Pelayanan :
Kebersihan :
Makanan :
Fasilitas :

Untuk kamarnya sendiri, nyaman kok walaupun kamar kita ini bukan yang besar. Kamar mandinya bersih, Ac nya dingin, peralatan mandinya juga lengkap.


Jalan-jalan Malam di Jogja

Kalau sedang liburan ke Jogja tidak berwisata kuliner itu sayang banget sih. Apalagi tidak menikmati suasana malamnya, duh sangat disayangkan. Akhirnya kita keluar ke daerah Malioboro yang terkenal itu, tepatnya menuju markas angkringan di samping stasiun Tugu.

Cuss pesan GoCar menuju angkringan, untuk GoCar kita hanya mengeluarkan Rp 13.000 saja dari hotel menuju stasiun tugu.

Kata supir GoCar “wah mas, ini tumben banget malem minggu ndak macet loh”, oke deh nih gue pikir bakalan sepi. Taunya rame banget gaess hahaha..sampai bingung mau makan di angkringan mana.

makanan di angkringan jogja
liburan ke jogja makan di angkringan

Yaudah akhirnya pilih salah satu aja deh asal, di ujung jalan. Gue pesen kopi susu jos, beberapa tusuk lauk, dan 1 nasi kucing, pacar gue pesen mie, es kopi susu jos, sama pisang bakar keju-coklat-susu. Untuk angkringan kita hanya mengeluarkan uang Rp 46.000.

Kenyang? Enggak juga, kita cuma mau suasananya aja kok.

Lanjut jalan-jalan ahh yuk ke Malioboro, karena gak afdol kayanya liburan ke Jogja tapi gak mampir ke Malioboro. Rame juga ya, mungkin karena malem minggu juga kali ya, tapi masih bisa jalan kok walaupun ramai.

Malioboro yang sekarang udah banyak berubah dari yang dulu terakhir gue kesini. Trotoarnya lagi diperbesar, dan lumayan rapih. Gak mau ketinggalan sama ibu-ibu yang belanja, kita akhirnya beli baju santai di Malioboro. Ya buat ganti aja sih disini kalau gerah, karena besok harinya kita mau jalan-jalan seharian. Untuk baju santai kita keluar uang Rp 50.000/2 pcs

Ada yang menarik diujung jalan Malioboro, ada pertunjukan wayang modern yang ditembak menggunakan beberapa projector ke gedung-gedung disebelahnya. Semacam nonton layar tancep tapi ditembak ke dinding gedung.

hemm menarik!


Day 2

Hutan Pinus Mangunan

Pagi Jogja!, mari kita siap-siap untuk muterin Jogja

Perut udah kenyang, muka udah seger abis mandi, mobil yang kita sewa seharga Rp 300.000/hari pun sudah terparkir rapih di hotel kita. Iya, kita sewa mobil diliburan kali ini biar gak ribet karena Jogja lagi panas dan kalo dihitung-hitung daripada naik GoCar, lebih hemat sewa mobil karena bebas kita mau kemana aja.

Tempat wisata di Jogja yang pertama kali kita kunjungin itu hutan pinus di Mangunan. Kalo dari tempat menginap kami di Jogja itu jaraknya lumayan jauh. Tapi ke tempat-tempat wisata selanjutnya akan lebih dekat karena 1 rute.

Tancap gas! kira-kira rutenya kaya gini


Jalanan  bersahabat, Google Maps juga dengan santainya kasih tau “kanan” “kiri” “lurus” tanpa salah hahaha..alhamdulillah gak ada drama nyasar.

Mobil parkir, dan kita masuk kawasan hutan pinus itu bayar Rp 5000 untuk 2 orang, Murah ya? yaa namanya juga tempat wisata keluarga, jadi harus terjangkau. Selayaknya main ke hutan pinus, disini juga sengaja dibuat beberapa spot untuk foto-foto yang menarik. Bedanya sama hutan pinus yg di Bogor, di Jogja ini jauh lebih bersih.

liburan ke jogja di hutan pinus

Kita cuma muterin sebentar sih disana, foto-foto buat video, duduk-duduk karena adem banget disini. Anginnya juga super kenceng, enak sih cocok untuk jadi tempat wisata pembuka ketika kita lagi liburan ke Jogja.

liburan ke jogja di hutan pinus asik
pemandangan liburan ke jogja di hutan pinus

Ada banyak spot disini, yang paling terkenal itu spot panggung sekolah hutan. Yang sayang banget gue gak kesana. Tapi beberapa spot yang lainnya kita sudah jelajahi.

Nah ini penilaian gue :

Hutan Pinus Mangunan

Kebersihan :
Parkir :
Tiket masuk : Rp 2500/orang
Makanan : – Tidak Coba –
Fasilitas :

Maps


Gumuk Pasir Parangkusumo

Mari menuju ke tempat wisata di Jogja selanjutnya..

kalo dari hutan pinus, kita membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk ke Gumuk Pasir. Lumayan jauh memang karena gumuk pasir ini ada di daerah pantai parang tritis.

bayangan di gumuk pasir

Udah bisa diprediksi, sesuai namanya tempat ini ya hamparan pasir luas banget mirip-mirip di Bromo. Tidak banyak sih fasilitas disini, hanya sebuah fenomena alam asli yang unik dan membentuk sebuah tempat wisata yang unik juga

liburan di gumuk pasir

Menurut salah satu artikel di Kompas Travel sih, Gumuk Pasri Parangkusumo ini adalah satu-satunya tempat di Asia Tenggara yang bisa bermain sand boarding. Mau coba?

liburan ke jogja di gumuk pasir

Mungkin kita kurang tertarik saat itu, tapi ketika liburan ke Jogja selanjutnya mungkin akan dipertimbangkan.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Kebersihan :
Parkir :
Tiket masuk : Rp 10.000/orang (Tiket masuk kawasan parangtritis)
Makanan : – Tidak Coba –
Fasilitas : Hanya gumukan pasir dan Sand Boarding

Maps


Taman Bunga Matahari

Karena lokasinya tidak jauh dari Gumuk Pasir, kenapa gak sekalian mampir aja?

Kebetulan, si doi nih seneng sama bunga khususnya bunga matahari katanya. Paling cuma beberapa menit doang lah dari Gumuk Pasir, ya sekitar 15 menit lah kita udah sampai disini.

taman bunga matahari jogja

Disepanjang jalan ini ada bayak taman bunga mataharinya, gue juga kurang paham tapi menurut gue taman-taman ini dibuat inisiatif dari petani-petani bunga sekitar daerah sana sih.

taman bunga jogja

Ukuran untuk setiap taman bunganya tidak terlalu besar, memang hanya diperuntukan untuk kalian yang suka foto-foto aja dengan latar bunga matahari yang tingginya bisa sampai dada orang dewasa bahkan lebih.

taman bunga matahari di jogja

Indah dan menarik, karena udah menjelang matahari terbenam jadi warna orange langit itu memberikan kesan hangat dan menyejukan pandangan sih pas gue lagi disana, Mantap!

Taman Bunga Matahari

Kebersihan :
Parkir :
Tiket masuk : Rp 5.000/orang (Tiket masuk kawasan parangtritis)
Makanan : – Tidak Coba –
Fasilitas : Hanya taman dengan beberapa ornamen pelengkap foto

Maps


Dinner di Mediterrania Resto

Sebagai penutup dari liburan ke Jogja dihari kedua ini, dinner di Mediterrania Resto adalah pilihan yang tepat banget. Nyaman banget sih tempatnya, yaa pilihan tempat ini adalah buah hasil dari pencarian giat pacar gue di media sosial hahaha.

Walaupun Jogja terkenal dengan makanan murahnya, tapi sekali-kali kita cobain tempat fancy gak apa-apa lah ya? Ada yang pernah main ke resto ini? gimana menurut kalian ?

Kalo menurut gue, tempatnya itu rumahan banget. Banyak wisatawan dari luar negeri yang makan di tempat ini. Mediterrania Resto ini menawarkan aneka menu makanan dari barat seperti pasta, pizza, dan lain-lain.

Kita cobain 3 menu disana, gue sedikit lupa sih. Yang gue inget waktu itu makannya Spagethi 2, dan pizza nya 1. Super kenyang banget, karena porsinya lumayan besar. Dan total kita dinner romantis di Mediterrania Resto itu Rp225,000.

Nah buat kalian yang mau kesana bisa lihat selengkapnya disini :

Mediterranea Restaurant By Kamil

Kebersihan :
Parkir :
Makanan :
Fasilitas :

Maps


Day 3

Hari ketiga, sekaligus hari terakhir gue di kota Jogja. Nyenengin banget, dan selalu bikin kangen. Hari terakhir ini kita jalan-jalan ke tempat yang lumayan deket dari tempat menginap kami di Jogja (Yat’s Colony). Dan salah satu tempat yang harus dan wajib kalian datangi saat liburan ke Jogja.

Kampung Wisata Taman Sari

Cuma butuh sekitar 15 menit dari hotel gue udah sampe di Taman Sari. Kali ini gue naik GoCar untuk ke Taman Sari, karena deket banget kita cuma bayar Rp9,000 rupiah saja.

taman sari jogja

Taman Sari adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765. 

istana taman sari jogja
masjid taman sari jogja

Taman Sari juga dikenal dengan sebutan “Istana Air” Taman Sari. Konon, gue dapet info dari tour guide yang tiba-tiba dateng dan nemenin gue muter. Kalau Taman Sari ini dulu terletak di tengah-tengah danau. Gue lupa, tapi katanya ada orang dari luar negeri yang punya foto asli dari lokasi tersebut. Dan UNESCO akan coba membantu mewujudkannya. Ya kita doakan saja.

istana wisata taman sari jogja

Gue gak akan cerita banyak mengenai tempat ini, yang pasti gue sangat terkesan dengan bangunannya dan sejarah didalamnya. Saran gue, kalian minta temani saja dengan salah seorang tour guide yang ada disana. Sebelum kalian ditemani, jangan lupa untuk menanyakan tentang harga jasanya.

Kampung Wisata Taman Sari

Kebersihan :
Parkir :
Tiket Masuk : Rp 13.000 (2 orang)
Tips Tour Guide : Rp 20.000
Fasilitas :

Maps


Makan siang di Gudeg Yu Djum

Gue emang penasaran banget sama tempat gudeg yang satu ini, udah banyak banget review yang bilang kalau mau makan gudeg kering ya disini tempatnya. Okelah mumpung lagi di Jogja kenapa kita tidak sekalian aja mampir.

Lokasinya dekat sekali dengan Taman Sari, jaraknya sama seperti dari hotel Yat’s Colony ke Taman Sari. Kami menggunakan GoCar dan hanya membayar sebesar Rp 9,000 saja. Untuk lebih jelasnya berada di Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

Tempatnya sih tidak besar dan tidak kecil juga, sangat sederhana dan yasudahlah yang penting kita langsung coba aja gudegnya. Gue pesen gudeg (pedas) + telor (2 porsi) dan Es teh manis 3 gelas kalau tidak salah.

Untuk yang suka pedas ya mungkin memang tidak cocok, karena walaupun ada kata “pedas” disana. Nyatanya hanya menggunakan cabai rawit terpisah saja, tidak meresap sampai ke gudeg. Oke secara keseluruhan sih menurut gue enak ya karena kebetulan gue suka banget gudeg.

Tapi seperti tidak terlalu istimewa aja gitu. Berikut penilaian gue :

Makan siang di Gudeg Yu Djum

Kebersihan :
Parkir :
Makanan :
Total biaya makan : Rp 59.400

Maps

Bencana sebelum pulang

Mimpi buruk pun akhirnya terjadi, kejadian diluar dugaan, dan sangat gue hindarin. Tapi karena kelalaian kita, akhirnya kejadian juga ke kita.

Ceritanya gini, gue sama pacar gue udah selesai makan jam 2 kalau gak salah. Kita udah pesen tiket kereta, seinget kita waktu itu jadwalnya adalah jam 15:45. Gue persingkat, setelah dari gudeg, kita balik ke hotel untuk ambil barang ang udah kita titipin dan langsung cus ke stasiun Lempuyangan.

Sampai di statiun jam 15:30, kita langsung self check-in, kok gak bisa ya. Error kali, kita coba lagi dan tetep gak bisa. Akhirnya kita perhatiin pemberitahuannya. Tertulis :

“Anda sudah tidak bisa check in karena kereta sudah berangkat”

hahahahaha… ternyata kita salah lihat jam, yang seharusnya jam 14:45 kita ingat 15:45. Ada yang pernah ngalamin kejadian kaya gini?

Akhirnya kita buru-buru deh buat beli tiket baru eksekutif jam 7 malam. Karena baru jam 4 saat itu, yaudah deh kita cobain aja ke Filosofi Kopi yang ada di Jogja. Katanya sih tempatnya enak.


Filosofi Kopi Yogyakarta

Filosofi kopi ini tempatnya lumayan jauh dari stasiun tugu, tempat kita naik kereta pulang nantinya. Tapi akhirnya kita hitung waktu dengan teliti. Oke kayanya bisa sih, yaudah langsung cuss aja.

Gue gak sangka sih, tempatnya enakkk banget, santai gitu. Karena ini posisinya diatas jadinya rada dingin dan sedikit berembun. Kalo bisa gue gambarin, dia itu area outdoor nya besar dan emang halaman gitu sih. Udah kitu ditambah dengan aksen bangunan rumah joglo gitu.

Pas banget sih buat kalian yang mau santai sore menjelang malam.
Berikut penilaian dari gue :

Filosofi Kopi Yogyakarta

Kebersihan :
Parkir :
Kopi :
Total biaya di filosofi kopi : Rp 57.000

Maps


Akhirnya Pulang

Ya berakhirlah sudah liburan ke Jogja kita. Diakhiri dengan santai sore di filosofi kopi Jogjakarta. Tempat yang cocok untuk menutup perjalanan kali ini.

Jogja emang kota yang bikin kangen, selalu ada alasan untuk balik dan balik lagi kesana.

Untuk rincian biaya lengkap kalian bisa lihat disini :

total biaya perjalanan ke jogja

Itu dia cerita perjalanan gue, gimana kalau kalian? yuk kita cerita di kolom komentar.

Share artikel ini kalau menurut kalian cukup membantu rencana perjalanan kalian. Salam hangat, salam lestari, salam Dongengtravel..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.