Imlek 2017 : Mengenal Tradisi dan Prediksi di Tahun Ini

imlek 2017

Yess sebentar lagi Imlek, yaa walaupun gue bukan keturunan Tionghoa yang merayakan Imlek ini. Tapi apa salahnya kita melihat sedikit lebih dalam tentang tahun baru Imlek. Apalagi Tahun Baru Imlek 2017 ini jatuh di hari sabtu. Buat gue sih gak ada ngaruhnya sama sekali, secara Sabtu juga libur. Tapi sodara-sodara kita yang keturunan Tionghoa pasti sangat mempersiapkan tahun baru Imlek ini, mulai dari menyiapkan makanan khas hari Imlek, maupun mendatangi tempat-tempat seru di Indonesia untuk merayakan Imlek 2017.

perayaan imlek 2017
Photo by : tabloid.yellowpages

Buat lo semua yang belum tahu, dan pengen tau lebih dalam mengenai Imlek ini. Mari kita telisik lebih jauh, Tradisi dan prediksi sotoy gue mengenai Imlek 2017 ini.

 

Tradisi Unik Perayaan Imlek 2017

Kata Imlek (im=bulan, lek=penanggalan) berasal dari dialog Hokkian atau Bahasa Mandarin-nya Yin Li yang artinya kalender bulan (Lunar New year). Menurut cerita, Sin Cia merupakan sebuah perjamuan yang dilakukan oleh para petani di Tiongkok Cina yang biasanya jatuh pada tanggal satu di bulan pertama di awal tahun baru.

Tradisi imlek adalah saat untuk bersilaturahmi, bersyukur dan kembali putih untuk menyambut pertarungan baru di tahun yang baru – “Click to Tweet”

Perayaan Imlek termasuk sembahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta / Thian (Thian=Tuhan dalam Bahasa Mandarin), dan perayaan Cap Go Meh. Tujuan dari sembahyang Imlek adalah sebagai bentuk pemujaan syukur, doa dan harapan agar di tahun depan mendapat rezeki yang lebih banyak, untuk menerima leluhur, dan sebagai tempat silaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Adakah tradisi yang biasanya dilakuin sama temen-temen kita yang bisanya merayakan Imlek? Berikut ulasannya :

1. Membersihkan Rumah

membersihkan rumah di perayaan imlek
Photo by : Wego

Menyapu rumah berarti juga membersihkan rumah agar kotoran yang diibaratkan sebagai simbol kesialan dibuang, hingga mendapat ruang yang cukup untuk menampung keberuntungan. Rumah yang bersih juga enak dipandang mata kan? Setelah itu, mereka akan menyingkirkan sapu dan sikat dari jangkauan. Mereka juga tidak boleh menyapu rumah saat hari pertama tahun baru karena itu artinya mengusir keberuntungan yang sudah hadir di rumah.

2. Wajib Punya Unsur Warna Merah

warna merah saat imlek
Photo By : Lostpacker

Menurut kepercayaan orang Tionghoa, nian atau semacam makluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung akan keluar saat musim semi atau disaat tahun baru Imlek. Kehadiran mereka pun dilanjutkan dengan mengganggu manusia, terutama anak kecil. Tetapi jangan khawatir. Mendesign rumah, pakaian, dan aksesoris warna merah dapat mengusir nian karena ia takut dengan warna merah. Jadi, tak heran kalau nuansa merah begitu jelas terlihat saat Imlek.

Merayakan Imlek di Indonesia ? cek yuk :  6 Tempat Kece Merayakan Imlek 2017 di Indonesia

3. Angpao

angpao tahun baru imlek

Bagi anak-anak dan orang yang masih single, Imlek berarti dapat banyak uang karena orang tua atau mereka yang sudah menikah diwajibkan memberikan angpao (amplop merah). Angpao ini biasanya diisi dengan sejumlah uang di dalamnya. Jumlahnya gak harus banyak kok, yang penting berupa uang kertas baru dan tidak berbentuk uang logam. Bagi-bagi angpao juga dipercaya makin memperlancar rejeki di kemudian hari.

4. Kembang Api

kembang api tahun baru imlek 2017
Photo By : Berita Daerah

Kembang api adalah salah satu pertunjukan yang sangat populer untuk memeriahkan Imlek, karena suara gaduhnya dipercaya membuat mahluk jahat nian ketakutan. Untuk itu, ketika merayakannya di rumah pastiin dulu tetangga gak akan keganggu dengan suara berisik yang lo bikin. Tahun Baru Imlek pun sangat identik dengan hujan. Jadi bagi mansyarakat Tionghoa, mending nanti pas imlek 2017 hujan, karena hujan sepanjang perayaan Imlek dikaitkan dengan sumber rezeki, dengan turunnya hujan maka banyak rezeki yang berdatangan di muka bumi.

5. Gak Boleh Membalik Ikan saat Memakannya

Menikmati ikan saat Imlek juga sangat unik. Ikan yang biasa dimakan adalah jenis bandeng. Kita gak boleh membalik ikan untuk mengambil daging ikan di bagian bawah. Kita juga gak boleh makan ikan tersebut dan menyisakannya untuk disantap keesokan harinya. Orang Tionghoa mempercayai kalau kebiasaan ini merupakan symbol dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

Nah itu semua tradisi yang biasa dilakukan Masyarakat Tionghoa pada saat Imlek. Gimana? Sebenernya hampir sama sih dengan perayaan Lebarannya orang Muslim dan Natalnya orang Kristiani. Sekarang gue mau sotoy dikit nih kasih prediksi dan pandangan tentang Imlek 2017, yang kebetulan kali ini adalah Tahun Ayam Api. Mari kita mulai …

 

Tahunnya si Ayam Api

tahun ayam api 2017

Imlek 2017 adalah Tahun Ayam Api, di tahun ini nih adalah tahun yang tepat untuk keluarga yang pengen punya anak atau merencanakan kehamilan. Dan buat lo yang jomblo, ada kabar bahagia kalau di tahun ini adalah waktu yang tepat menemukan pasangan dan membentuk keluarga sendiri. Tahun ini merupakan tahun yang romantis.

Dalam bidang pekerjaan..

di tahun ayam api menjadi tahun dimana kesempurnaan akan menjadi pilihan utama. Tiap orang akan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna, gak peduli deh tuh gimana caranya..hemm rada gak enak juga nih.

Keberanian dalam menghadapi kompetisi, tekanan, dan masalah, akan sangat diperluin nih untuk menghadapi pertempuran. Hal ini juga memaksa setiap orang untuk keras kepala. Terus berjuang, pantang mundur, dan selalu mencari jalan keluar untuk mendapati hasil yang terbaik.

Dapat disimpulkan bahwa kita harus cepat bangkit untuk meraih kesuksesan disepanjang tahun 2017, yaitu dengan kerja keras, kesabaran dan memilih momentum yang tepat.

Secara politis..

Tahun Ayam Api di Imlek 2017 adalah tahun ketika banyak negara yang menetapkan garis keras (shadisss). Pemerintahan Negara di dunia akan sombong dan angkuh kaya Ayam jantan. Jadi solusi terbaik adalah setiap pihak diharuskan menenagkan diri dan tidak saling mengancam. Perubahan iklim politik ini akan berdampak pada tingginya migrasi penduduk dan aksi demonstrasi yang cenderung memanas.

Coba dapetin Tiket Pesawat Murah yuk? Buat Merasakan Sensasi Imlek 2017 di Singkawang

Gimana ? percaya atau enggak sama celotehan gue mengenai perediksi sepanjang tahun setelah imlek 2017 ini? Ya itu sih terserah lo, balik lagi ke pribadi masing masing. Kalo buat gue, tahun apapun itu, tahun ayam kek, kambing kek, cicak kek, nyamuk kek. Yang penting kita harus terus berusaha sebaik mungkin dan segigih mungkin. Tahun kedepan harus lebih baik dari apa yang kita lakukan dulu cuy.. akhir kata selamat merayakan imlek 2017 semoga tahun 2017 ini menjadi tahun yang baik untuk kita semua, khususnya bagi Indonesia. Amin..

Comments

  1. Pingback: Makanan khas imlek yang paling sering disajikan | EZYBLOG

  2. Pingback: Cara Bikin Foto Traveling Unik Ciri Khas Lo Sendiri – Dongengtravel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.