Review Sepatu Eiger Karakoram, Rekomendasi Sepatu Hiking dibawah 1jt

eiger karakoram

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan yang harus kalian miliki jika ingin mendaki gunung. Loh emangnya pakai sepatu olahraga biasa gak bisa? Kaya sepatu lari gitu?

Gue berani jawab dengan tegas kalau itu tidak bisa, dan tidak dianjurkan. Kenapa? Karena berkegiatan di alam bebas, seperti mendaki gunung salah satunya akan melewati jalur extreme dan tidak bisa dipresiksi, seperti tanah basah, bebatuan licin, lumpur, sampai pasir kecil yang licin.

Maka dari itu sepatu yang digunakan sebaiknya memang dibuat khusus untuk berkegiatan dialam bebas, dan memiliki fitur-fitur yang memang mendukung kegiatan hiking kalian.

Contohnya, sepatu hiking itu memiliki fitur tahan air agar bisa melewati jalur yang basah atau digunakan saat hujan turun. Nah salah satu sepatu hiking yang akan gue review kali ini merupakan salah satu sepatu favorit gue.

Ada cerita unik mengenai sepatu ini, gue pernah kehilangan sepatu hiking ini saat pendakian gunung artapela di Bandung. Dan karena gue suka banget sama sepatu ini, akhirnya gue beli lagi sepatu yang sama persis.. Hahaha

Penasaran kan? Sepatu apa sih yang dimaksud, kok gue sampai bela-belain beli merek yang sama dan tipe yang sama lagi. Kenapa gak coba merek lain?

Sepatu yang gue maksud adalah sepatu hiking Eiger Karakoram, sepatu ini udah gue beli setahun yang lalu. Dan udah gue ajak main-main ke Curug di Bandung, mendaki gunung Cikuray, dan terakhir ke Gunung Rinjani.

Yuk kita mulai review sepatu Eiger Karakoram,

 

Model : Classic Boots 7 Holes

Sepatu hiking eiger yang satu ini memiliki model boots classic dengan tinggi melebihi mata kaki (mid-cut). Dilengkapi dengan 7 pengait tali, dengan adanya model pengait tali seperti ini membuat sepatu Eiger Karakoram ini lebih efisian dan kuat dalam mengikat tali.

sepatu hiking eiger karakoram
Sepatu ini pakai tali ya! talinya lagi gue lepas

Keunggulan model sepatu mid-cut seperti Eiger Karakoram antara lain, dapat melindungi kaki kalian lebih baik dibandingkan model low cut, seperti meminimalisir cidera saat berbenturan dengan batu. Kekurangannya, model mid cut memakan banyak ruang jika dimasukan ke dalam keril. Dan sangat tidak cocok dipakai untuk climbing.

Untuk kalian yang suka dengan tipe sepatu low cut akan butuh adaptasi dalam memakai sepatu Eiger Karakoram. Pertama kali dipakai akan terasa sulit bergerak, tapi jika sudah terbiasa sepatu ini bisa menjadi teman setia perjalanan kalian.

 

Bahan : Oil Nubuck Genuine Leather

Sepatu hiking Eiger yang satu ini mempercayakan kulit sebagai bahan utama yang menyelimuti seluruh badannya. Penggunaan bahan kulit sepertinya menjadi pilihan tepat untuk sepatu hiking.

bahan asli eiger karakoram
Bahan kulit asli

Selain lebih tahan banting jika digunakan dalam berbagai medan, bahan kulit juga tidak panas jika digunakan. Setidaknya itu yang gue rasain selama memakai sepatu Eiger Karakoram ini. Selayaknya sepatu kulit pada umumnya yang jika digunakan pertama kali akan terasa tidak fleksibel. Itupun sangat terasa pada sepatu ini untuk pertama kalinya.

Sepatu kulit memang butuh penyesuaian untuk membuat bahan ini lebih elastis, tidak kaku, dan nyaman digunakan.

 

Fitur : Waterproof dan XCgriper

Nah untuk fitur-fitur yang ada di Eiger Karakoram sebenernya juga tidak terlalu special. Masih banyak bagian yang bisa di tingkatkan.

sepatu anti air
Anti air = Waterproof

Salah satu fitur yang harus ada di sepatu hiking itu tahan air, untungnya sepatu Eiger Karakoram sudah memiliki fitur ini. Selain itu, sepatu ini menggunakan sole dengan sistem XCgriper. Gue gak tau pasti sole dengan tipe ini diciptakan siapa? Apakah ini ciptaan eiger atau bukan.

sol sepatu hiking eiger karakoram
Sol XCgriper
Udah sering diajak perang

Yang pasti fungsi utamanya adalah agar sole ini dapat mencengkram medan pendakian lebih kuat dari sole biasanya. Selain itu XCgriper juga memasukan sistem “stopper” dibagian heelsnya.

Sepengalaman gue menggunakan sepatu ini, solenya memang sangat kuat mencengkram medan apapun jika dalam keadaan kering. Jika tanah basah, sistem “stopper” dibagian heelsnya kurang berfungsi dengan baik. Tapi jika berbicara fitur ketahanan airnya, sepatu ini patut diacungi jempol! Dijamin air gak bakalan tembus!

 

Daya Tahan : Lem tidak terlalu kuat dibagian sol

Gue udah sedikit bahas tadi tentang daya tahan sepatu hiking Eiger Karakoram di atas. Karena sepatu ini dibungkus dengan bahan kulit asli, makanya dia memiliki daya tahan sangat kuat untuk berbagai medan.

Dibawa nyebur ke dalam air pun tidak akan tembus, selama ketinggian air tidak melebihi batas mata kaki ya..

Tapi harus gue akuin, dan gue review sejujur jujurnya kalau lem yang digunakan Eiger untuk menyatukan bagian sol dengan badan sepatu tidak terlalu kuat. Terbukti sepatu ini jebol juga ketika dipakai ke gunung Rinjani. Walaupun jebolnya juga tidak parah, tetapi gue sarankan untuk dijahit dulu sebelum digunakan ke gunung-gunung dengan medan extreme.

Kalau untuk penggunaan pertama kali sih sepatu ini pasti akan kuat, tapi jika sudah digunakan berkali kali, apalagi sudah pernah nyebur air berkali kali juga. Gue saranin untuk dijahit dulu bagian solnya agar lebih kuat menyatu dengan badan sepatu.

37 Tempat Instagramable di Bali yang Wajib Dikunjungi (TERLENGKAP)

Liburan tanpa mengabadikan momen memang tidak mungkin, apalagi kalau liburannya ke Bali. Artikel ini mengulas tuntas 37 tempat instagramable di Bali yang wajib untuk kalian kunjungi. Ulasan lengkap, dan terupdate.

 

Minus

Produk apapun pasti ada beberapa kekurangan, apalagi sepatu Eiger Karakoram termasuk sepatu hiking Eiger yang memiliki harga jual tidak terlalu mahal.

Kekurangan pertama, dan sangat fatal adalah jahitan sambungan sepatu di bagian belakang kaki itu terlalu tebal, mungkin Eiger lupa menutupnya dengan bahan yang lebih tebal. Sehingga bisa dipastikan akan membuat kaki bagian belakang kalian lecet walaupun sudah memakai kaos kaki tebal.

kekurangan dari sepatu hiking eiger
Tambalan untuk mengurangi rasa sakit

Gue mengakalinya dengan menambal bagian belakang sepatu dengan busa yang lumayan tebal, sehingga membuat lebih nyaman dipakai. Dijamin tidak akan pernah lecet lagi.. Hehe..

Kekurangan kedua adalah bagian solnya, sebenarnya sol XCgraper tidak jelek. Tapi akan lebih bagus jika menggunakan sol Vibram. Kalau dilihat dari harga jualnya, sepertinya masih bisa diupgrade menggunakan sol Vibram.

Semoga next produksi tipe sepatu Eiger Karakoram bisa menggunakan sol Vibram .. Amin

 

Kesimpulan

Akhirnya kita sampai di bagian akhir dari review sepatu Eiger kali ini.

Untuk sepatu yang dibandrol dengan harga jual Rp 775.000 sebenarnya Eiger Karakoram bisa dijadikan pilihan utama untuk kalian yang mau beli sepatu hiking pertama kalinya. Tampilannya gagah, sudah punya fitur tahan air, berbahan kulit, nyaman dipakai.

Dengan beberapa kekurangannya, sepatu ini masih masuk dalam top list rekomendasi sepatu hiking dari gue. Tapi gue masih berhatap kalau pihak Eiger baca artikel ini, mereka bisa improved produk ini dengan memberikannya sol Vibram.

Mungkin permasalahannya sekarang untuk kalian yang mau mendapatkan sepatu hiking Eiger Karakoram ini harus lebih sedikit berjuang. Ketika artikel ini di publish gue gak tau sih apakah Eiger masih memproduksinya atau tidak. Karena kalau dilihat websitenya sih sudah tidak ada ya diwebsitenya.

Tapi jika kalian menemukan sepatu ini di offline store, punya budget tidak lebih dari 800rb dan kebetulan lagi cari sepatu hiking.. Gue saranin beli sepatu ini! recomended!

Quick Summary

Kelebihan

  • Waterproof
  • Bahan kulit asli, sehingga kuat
  • Mid-cut melindungi kaki lebih baik
  • Harga bersahabat

Kekurangan

  • Lem bagian sol kurang kuat
  • Sol seharusnya bisa pakai fitur yg lebih bagus
  • Jahitan dibagian belakang terlalu tebal, sehingga membuat lecet

Harga Retail

Rp775.000 Yang mau cek ke website EIGER bisa langsung klik button dibawah ini :

Nilai (Dari 5 Sempurna) :   3,5

 

Review Tas Consina Orion Gadget Series Si Kecil Gemuk

Sekarang gak perlu lagi ribet nenteng gadget kesayangan lo pas lagi traveling, pake aja tas Consina Orion. Tapi bagus gak sih? cek reviewnya di sini.

 


 

Pin it – LaterReview hiking shoes under $100 (Recomended)


Comments

  1. Sarah

    These sound like a very trusty pair of walking boots! Although I would definitely need the plasters as new shoes alwaya give me blisters anyway!

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  2. Liana

    dhit, takut salah komen nih. yg komen bule semua soalnya wkakaka

    keren sih ini, lu kalo nulis artikel selalu lengkap, jelas dan detail sedetail-detailnya.
    gue demen banget sama summary yg diakhir itu.
    ciamik!

    btw sindhi harus tau soal ini, dia mau naik gunung keknya belom beli sepatu dah haha
    thanks for this great article 🙂

    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      hahaha itu temen – temen bule gue li wkwkwk becandaa…
      alhamdulillah ya, soalnya gue suka review barang barang kaya gini, dan udah pernah pakai juga..

      nanti gue kasih tau sindhi deh wkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.