Ketauhilah 6 Hal Ini Bisa Mematikan Waktu Liburan Kalian!

tips yang buat waktu liburan sukses

Pernah gak sih waktu liburan yang kalian sudah susun secara matang ternyata tidak terlaksana?

Kalau kalian pernah merasakannya, berarti kalian sudah sampai di artikel yang tepat. Gue adalah orang yang sangat marah kalau waktu liburan yang gue susun itu batal karena hal hal yang sebenarnya bisa dihindari.

Bayangin deh, udah hitung budget, udah tentuin destinasinya kemana, ehh malah di undur, atau yang lebih parahnya lagi liburan kalian tidak akan pernah terlaksana. Nah supaya kalian tidak mengalami apa yang udah gue alami, makanya gue mau share tips ini.

Karena sebenarnya, batalnya sebuah plan bisa kalian hindari kalau kalian tau penyebabnya.

Yuk baca artikel ini sampai selesai

 

1. Menunggu Uangnya Cukup

menunggu uangnya cukup waktu liburan

“Nanti saja, deh, liburannya, tunggu ada uang terkumpul….”

Mau liburan? mulai sekarang jauhi pemikiran seperti itu.

Percaya deh sama gue, karena kalau kalian berfikiran seperti itu, kalian tidak akan pernah bisa liburan.

Udah pasti akan kacau bahkan sebelum dimulai. Terus menunggu adanya budget yang cukup tidak akan membuat kalian segera berangkat liburan.

Ciptakanlah budget liburan kalian sendiri, sisihkan 5-10% dari penghasilan kalian untuk budget liburan. Gue adalah orang yang menerapkan sistem ini, dan terbilang sangat membantu.

Jika kalian bingung bagaimana memisahkan antara uang bulanan, dengan uang tabungan kalian. Buatlah akun rekening di bank lain, dan menabunglah di rekening yang berbeda. Gue sampai saat ini punya 3 rekenging bank berbeda, yang kegunaannya juga berbeda.

Ohh iya, satu lagi yang paling penting. Kadang kita selalu liburan ke tempat yang sebenarnya kemampuan finansial kita belum mencukupi. Traveling lah sesuai kemampuan finansial kalian, Ingat hidup kalian bukan hanya untuk traveling.

 

 

2. Schedule yang Tidak Pasti

jadwal liburan tidak pasti

Nah ini adalah salah satu masalah yang sering dialami. Jadwal yang gak pasti.

Udah disusun sebagus apapun rencananya kalau ada pergantian jadwal baik itu jadwal kuliah ataupun jadwal di kantor pasti bikin kita pusing deh dan mau gak mau harus rubah jadwal huf!!..

Terus gimana caranya menangani hal hal kaya gini?

Gue biasanya menentukan tanggal keberangkatan h-30 hari untuk liburan yang cukup jauh…

Kenapa h-30 hari?

Yup dengan waktu sebulan itu kalian bisa memperhitungkan dengan matang, kapan pekerjaan kalian akan benar – benar selesai. Atau kapan akan diadakan UTS maupun UAS.

Belilah tiket dari jauh jauh hari, dan mintalah cuti ketika kita sudah membeli tiket. Pasti ampuh, gak percaya? bisa dicoba.

Buat kalian yang belum bisa cuti, dan mau aman dari perubahan jadwal? bisa menentukan waktu liburan saat libur panjang.

Tapi ada resiko tersendiri, destinasi wisata pasti akan ramai.

Yuk mulai sekarang kita update jadwal liburan panjang setiap tahunnya, agar rencana liburan kita tidak terganggu perubahan jadwal.

 

 

3. Perencanaan Berlebihan

membuat perencanaan waktu liburan

Lah di poin sebelumnya disuruh untuk menentukan waktu jauh – jauh hari, kok sekarang malah gak boleh melakukan perencanaan yang berlebihan.

Maksudnya bukan tidak boleh,

Menyusun waktu liburan itu penting, yang tidak boleh adalah melakukanya terlalu berlebihan. Misalnya, kalian sudah menentukan dengan pasti dan fix mau mengunjungi beberapa tempat sekaligus dalam satu hari.

Tapi ketika ada satu tempat saja terlewatkan, maka kalian akan merasa kecewa bukan? Dan pastinya akan mempengaruhi mood kalian waktu liburan.

Terus cara menanganinya gimana?

Buatlah perencanaan yang realistis, dan sesuaikan dengan kemampuan serta waktu kalian. Liburan adalah kegiatan yang tidak mengikat, maka dari itu buatlah jadwal selonggar dan senyaman mungkin.

Jangan memaksakan diri apabila memang ada tempat-tempat yang tidak bisa dikunjungi. Lagipula, bukan jalan-jalan namanya apabila kalian terlalu terfokus pada rencana. Sekali-kali melakukan improvisasi tidak ada salahnya, kok.

 

4. Menunggu Keputusan Teman

menunggu kepastian teman

Liburan dengan teman memang menyenangkan, tapi hal tersebut juga dapat menjadi boomerang apabila teman kalian tidak kunjung memberi keputusan terkait keikutsertaannya.

Kalian jadi tidak dapat menentukan waktu keberangkatan dan menyusun rencana-rencana lainnya. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, kalian harus tegas dengan teman kalian sendiri.

Beri waktu maksimal dua minggu sebelum keberangkatan kepada teman kalian untuk mengambil keputusan. Jika teman kalian masih tidak memberikan jawaban pada waktu yang ditetapkan, terpaksa kalian berangkat liburan sendiri.

Jangan menunggu teman kalian karena bisa-bisa nanti kalian justru tidak jadi liburan. Liburan sendirian juga tidak kalah seru!

Atau ada cara lain untuk bisa dapat teman liburan seru tanpa harus ribet menentukan tanggal. Jika kalian termasuk tipe orang yang mudah bergaul, kalian bisa main ke salah satu forum backpacker Indonesia https://backpackerindonesia.com/ . Disana kalian bisa menemukan banyak teman yang membutuhkan partner liburan.

 

5. Keliru Melakukan Packing

packing yang baik saat traveling

Nah ini merupakan salah satu yang harus diperhatikan.

Kadang kita terlalu bersemangat dan ingin membawa banyak barang yang sebenarnya tidak akan terpakai selama traveling. Kejadian seperti ini biasanya banyak dialami teman traveling wanita kita.

Bawalah barang yang benar – benar akan dipakai, pilihlah jenis pakaian yang mudah di packing, mudah di mix and match sehingga kalian tidak perlu membawa satu isi lemari kalian waktu liburan.

Membawa banyak barang bawaan akan meningkatkan beban kalian, memakan tempat di bagasi pesawat, dan yang lebih parahnya lagi memakan waktu kalian karena bingung memilih pakaian yang tepat.

Oleh sebab itu, lakukan survey lokasi tujuan liburan agar kamu dapat membawa barang-barang yang sesuai dengan keperluan dan kebutuhan selama berada di sana.

 

 

6. Terlalu Sibuk dengan HP

sibuk dengan hp saat liburan

Hidup di era digital memancing kita untuk terus melaksanakan update di media sosial. Rasanya tidak sah jika belum check in secara rutin setiap kali berpindah tempat tujuan.

Belum lagi keinginan untuk mengirim pesan kepada teman-teman. Hal tersebut sebenarnya wajar saja, namun bisa mengurangi esensi liburan kalian.

Jika kalian terlalu sibuk memandang layar hp di tangan, percuma saja kalian jauh-jauh pergi ke kota atau negeri tetangga untuk liburan. Tidak apa-apa, kok, sesekali mengambil gambar atau melakukan selfie, tapi setelah itu segera kantongi ponsel agar kalian bisa menikmati suasana sekitar secara lebih maksimal.

Gue juga termasuk orang yang suka mengabadikan gambar ketika liburan. Tapi gue hanya sekedar mengambil gambar sebanyak – banyaknya. Untuk gambar jelek akan gue pilih ketika udah kembali ke rumah.

Meski beberapa hal di atas rada sering menjadi penyebab kekacauan saat liburan, kalian tetap harus optimis bahwa liburan akan berlangsung menyenangkan.

Semua tergantung dari usaha dan gimana kalian menyikapi bermacam hal di atas. Semoga kalian dapat segera berlibur dalam jangka waktu dekat ini, ya!

Jangan lupa share artikel ini jika menurut kalian berguna..

Tinggalkan komentar untuk kita saling diskusi, jangan lupa selalu jaga kelestarian alam.

Salam lestari, Salam Dongengtravel

Comments

    1. Post
      Author
  1. Ajeng Veran

    Itu yang poin ke 4 bener banget mas. Punya temen cowok, udah janjian liburan bareng, udah dipesenin tiket kereta, tiba-tiba dadakan nggak bisa. Berhubung rumah tinggal saya lumayan jauh dari stasiun dan rumah tinggal lebih sangat dekat, saya mintai tolong ke dia ngurus tiket pembatalan eh orangnya ribet. jadilah hangus. Jadikan pelajaran, deh.

    Itulah yang paling saya nggak suka kalau janjian sama temen, jadi ribet. Hehehe… Curhat 😀

    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      hahahaha aduh, sedih banget dan menyebalkan juga lebih tepatnya. Rasanya mau cincang cincang tuh orang hahaha. Saya sekarang lebih suka sendiri, atau buka sharing cost sekalian.

    1. Post
      Author
  2. Bara Anggara

    Setuju banget.. Sekarang lagi fokus sama nomor 1 sih.. Lagi mikir budget buat traveling yg agak lamaan. Jadi dikit2 udah ngumpulin duit dari sekarang dan coba2 cari sponsor, plus bikin itin yg realistis hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.