Liburan Sambil Belajar Bahasa Asing di Kampung Inggris Yuk! (Panduan Lengkap)

kampung inggris kediri

Gue adalah orang yang suka memeperhatikan keadaan sekitar, sering banget kalo lagi jalan di kawasan yang banyak dikunjungi keluarga. Ada aja ibu dan anak atau bapak dan anak yang berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Padahal kulit sama-sama kuning, muka juga Indonesia banget, dalem hati “sok-sok banget deh pake bahasa Inggris segala”.

Tapi semakin gue dewasa gue sadar, ternyata di era globalisasi tuntutan untuk bisa menguasai minimal satu bahasa asing terus meningkat. Bukan hanya membantu dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi, tapi juga mempermudah urusan pekerjaan (jadi lebih gampang go internasional). Gak heran sih kalau sekarang banyak lembaga kursus bahasa, terutama bahasa Inggris.

Gue ngerasa bodoh banget, kenapa gak dari kecil gue serius untuk bisa belajar bahasa Inggris. Mungkin sekarang gue udah pede banget kali ngomong sama bule wkwkwk..

Tapi bukan sesuatu yang terlambat juga kalau mau belajar, lebih baik telat kan daripada tidak sama sekali?

Nah, buat yang serius belajar bahasa Inggris, Kalian bisa main belajar bahasa inggris di kampung Inggris yang ada di Pare, Kediri, Jawa Timur. Apalagi cara ke kampung Inggris sekarang gampang banget.

Gimana?

Sabar..kita bahas dulu sejarahnya.

 

Kenapa disebutan Kampung Inggris

Dulu pertama kali gue denger nama kampung Inggris, dipikiran gue cuma satu “pasti semua orang disana berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, makanya dinamakan kampung Inggris”. Ternyata gue salah besar.

apa itu kampung inggris
Photo doc : kampunginggrismu.com

Apa itu kampung Inggris?

Sebuah desa di Kec.Pare Kab.Kediri Provinsi Jawa Timur, yang berjarak sekitar 3 sampai dengan 4 jam perjalanan dari kota Surabaya. Yang terdapat banyak sekali tempat kursus bahasa Inggris disana, bahkan jumlahnya bisa mencapai ratusan. Itu pula yang menjadi alasan orang-orang menyebut daerah tersebut dengan sebutan kampung Inggris. Sudah jelaskan kenapa desa itu disebut kampung Inggris.

 

Cara ke Kampung Inggris

Penasaran untuk berkunjung ke kampung yang satu ini? Banyak cara ke kampung Inggris. Buat kalian yang punya uang lebih bisa menggunakan pesawat ke Surabaya. Tapi untuk kalian yang ingin sedikit berhemat, tidak perlu kecewa karena kalian bisa menggunakan kereta api.

Salah satu cara ke kampung Inggris yang gue rekomendasikan adalah menggunakan kereta api Brantas. Kalian bisa menaiki KA Brantas dari stasiun Pasar Senen. Harganya sangat terjangkau jika kalian beli tiket kereta di traveloka, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp84.000.

kereta api brantas
Photo doc : www.re-digest.web.id

Harga murah bukan berarti fasilitas KA Brantas ini tidak bagus, kereta ini sudah dilengkapi dengan fasilitas AC dan krsi yang nyaman. Kereta ini melewati Jalur Utara seperti kereta Majapahit. Gue sangat menyarankan untuk berangkat malam hari untuk kalian yang berada di Jakarta, sehingga bisa tiba di Kediri setelah matahari terbit tepat saat jam kantor lembaga mulai beroprasi.

Supaya rencana kalian ke kampung Inggris ini berjalan lancar, jangan lupa baca tips “6 hal yang wajib diperhatikan agar liburan kalian sukses” dari Dongengtravel.

 

Fasilitas Lengkap dan Komplit

Setelah menaiki Kereta Api Brantas dari Jakarta, kalian gak perlu bingung karena ada jasa penjemputan yang ditawarkankan saat mengisi form pendaftaran online di tempat kursus yang diinginkan. Di Kampung Inggris, banyak warga lokal yang menyewakan rumahnya sebagai tempat kos. Untuk fasilitasnya pun terbilang lengkap, mulai dari penjual makanan dan minuman, berbagai ATM, hingga swalayan yang dikelola masyarakat.

 

Kursus Dimulai Dua Kali Sebulan

Sebagian besar tempat kursus akan memulai proses pembelajaran tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Jangan sampai sudah datang jauh-jauh dari Jakarta dengan menaiki KA Brantas malah terlambat mengikuti kursus. Kecuali ada yang datang secara rombongan, program ini akan dimulai tergantung permintaan. Uniknya, bukan hanya bahasa Inggris saja yang diajarkan, tapi juga bahasa asing lainnya seperti Arab, Mandarin, Jerman, hingga Korea.

nuansa inggris yang kental
Photo doc : edukasi.rakyatku.com

Bagaimana dengan biaya kursus di kampung Inggris ?

Ada banyak durasi belajar di kampung Inggris yang bisa kalian pilih, mulai dari 1 minggu sampai dengan 4 bulan tergantung dengan keperluan kalian.

Banyak orang yang menyarankan untuk mengambil durasi 1 bulan, karena biaya kursus di kampung Inggris dengan durasi 1 bulan terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan manfaatnya. Biaya untuk paket kursus dengan durasi 1 bulan bisa kalian dapatkan dengan harga mulai dari Rp 400.000’an – Rp 3.000.000’an terbilang murah bukan?

Program pelajarannya beragam dan lengkap antara lain Grammar, Speaking, Pronunciation, Vocabulary, TOEFL, dan IELTS bisa kalian pelajari semuanya hanya dengan 1 bulan.

 

Nuansa Bahasa Inggris yang Kental

Selain belajar bahasa inggris di kampung inggris dengan bimbingan dari tutor, semua peserta kursus didorong untuk terbiasa berbahasa Inggris. Selain menggunakan bahasa asing ke mana pun kalian pergi di sekitar desa, siswa juga dituntut aktif mengikuti semua pelajaran yang dilakukan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Ada berbagai program kursus dari tingkat pemula hingga International test pun tersedia, dengan durasi yang sudah diatur oleh lembaga kursus seperti yang udah gue sebutin di atas.

 

Menawarkan Paket Holiday

Sering bingung mengisi liburan panjang? Manfaatkan saja program Holiday di Kampung Inggris. Paket ini punya durasi paling singkat 1 minggu, dimana para peserta kursus akan tinggal di camp atau asrama untuk melatih kemandirian dan belajar bahasa Inggris. Selain itu, ada berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi di sela-sela kursus, seperti Monumen Simpang Lima Gumul dan Gunung kelud di Kediri, atau Pantai kedung Tumpang di Tulungagung.

tempat wisata di kediri
Photo doc : Wikimedia

 

Biaya Hidup di Kampung Inggris

Buat kalian yang ingin menambah ilmu bahasa asing, gak ada salahnya coba belajar di Kampung Inggris. Biayanya cukup irit kok, asal tahu bagaimana cara menghematnya. Mulai dari memilih transportasi, penginapan dan biaya makannya. Untuk transportasi dari Jakarta kalian pilih aja KA Brantas yang transit di Kediri lalu dilanjutkan menghubungi jasa penjemputan.

Untuk biaya penginapan tergantung dari tempat yang kalian tempati. Mau pilih kost atau asrama? Untuk selisihnya tidak terlalu jauh. Fasilitas yang didapat juga kurang lebihnya sama sperti: bantal, kasur, tempat memasak, lemari, jemuran. Yang membedakan hanya jika kalian di kost, tidak ada kewajiban untuk berbahasa Inggris. Tapi jika di asrama kalian wajib untuk menggunakan bahasa Inggris.

Sebagai gambaran saja, untuk biaya penginapan di asrama Rp 225.000 – Rp 500.000 (durasi 2 minggu – 1 bulan). Sedangkan kost Rp 250.000 – Rp 400.000 (durasi 2 minggu – 1 bulan).

Yang menjadi faktor utama biaya hidup di kampung Inggris itu mahal atau tidak adalah harga makanannya, betul? Jangan takut karena selayaknya daerah di Jawa lainnya, biaya makanan di kampung Inggris juga termasuk murah. Untuk 1 posrsi makanan bisa kalian dapatkan dengan harga Rp 6.000 – Rp 10.000.

Untuk kalian yang berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Kalimantan, harga makanan tersebut tergolong murah bukan? Tapi pastinya bagi kalian yang berasal dari Jogja akan terbiasa dengan harga makanan tersebut


Gimana? udah tertarik belum main ke kampung Inggris?

Mumpung liburan sudah di depan mata, pesan KA Brantas sekarang juga dan alami serunya belajar bahasa asing di Kampung Inggris, Pare, Kediri.

Kalau udah pada pinter bahasa Inggris, coba deh tes keahlian kalian di tempat tempat menarik berikut ini :

 

Jangan ke Bali! Sebelum Lihat Daftar Wisata Bali Terbaru Berikut ini (Always Update)

Hampir 5 juta wisatawan asing dari penjuru dunia tertarik untuk berwisata ke Bali setiap tahunnya. Itu membuktikan bahwa memang pertumbuhan wisata Bali terbaru selalu berhasil menarik perhatian mereka. Apa sajakah tempat wisata tersebut? Berikut daftar lengkapnya.



 

5 Tempat Wisata di Perth Australia yang Instagramable

Hey, kalau kalian ke Perth jangan lupa untuk mampir ke 5 tempat wisata di Perth Australia yang instagramable ini ya. (Baca Artikel ini Selengkapnya)



Jangan lupa share artikel ini jika menurut kalian info yang didapatkan bermanfaat.

Salam hangat salam lestari dari Dongengtravel

Comments

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.