Tips Liburan Aman dengan Nyaman ala SehatQ.com

tips jalan jalan aman

Semua orang tidak akan ada yang menyangka kalau Corona Virus yang diduga berasal dari Cina bisa meredam lalu lintas orang di seluruh dunia. Tidak sedikit juga negara yang menutup lalu lintas keluar masuk, yang akhirnya berimbas dengan menurunnya sektor pariwisata dan ekosistem didalamnya.

Ekosistem yang gue maksud adalah penyewaan penginapan, transportasi darat, laut, udara, penjualan oleh-oleh dan masih banyak sektor lainnya. Setelah beberapa bulan berlalu sejak Outbreak pertama kali. Akhirnya ada titik cerah di beberapa negara sudah mulai pulih dan membuka kembali perekonomian mereka. Tentu dibukanya kembali perekonomian tidak dengan 100% semua berjalan seperti sebelum ada Corona Virus. Akan ada protokol penyesuaian yang tetap harus dipatuhi agar penyebaran tidak kembali menjadi lebih besar.

Jalan-jalan dan liburan udah pasti jadi tujuan utama ketika semua orang mulai bosen ketika #DiRumahAja. Untuk melakukan perjalanan setelah pandemi pun pastinya perlu ada tingkat kewaspadaan lebih dan beberapa penyesuaian.

Kami dan www.sehatq.com akan coba merangkum :

8 Tips Persiapan Jalan-Jalan Aman Setelah Pandemi

Disclaimer : Selama angka terjangkit Coronavirus (COVID-19) masih meningkat di Indonesia jangan pernah berpikiran untuk jalan-jalan tetap sabar di rumah aja. Karena itu akan membantu penyebaran lebih lambat.

 

1. Persiapkan Perlengkapan Perlindungan Diri

Kebersihan dan perlindungan diri masih menjadi prioritas utama walaupun sudah melewati masa pandemi. Apa saja yang perlu kalian persiapkan dan bawa ketika ingin jalan – jalan aman? Kami menyarankan untuk selalu bawa masker kami merekomendasikan masker kain bukan masker medis, bawalah minimal 4 buah masker. Selain masker bawa juga hand sanitizer, sarung tangan latex, dan kalau kalian nyaman bisa menggunakan face shield.

jalan-jalan aman pasang masker

Semua barang yang kami sebutkan tadi sudah sangat mudah ditemukan saat ini. Salah satunya bisa kalian dapatkan di sehatQ.com karena mereka memiliki fitur toko dan tersedia banyak sekali produk – produk kesehatan.

toko kesehatan sehatq

2. Selalu Bawa Vitamin

Selain alat perlengkapan untuk perlindungan diri, salah satu produk yang wajib kalian bawa selanjutnya adalah vitamin. Karena kalian ada di tempat lain atau di negara lain dan niat kalian adalah jalan-jalan. Pasti kalian akan mengunjungi banyak tempat asing dan orang-orang asing bukan? Hal yang sangat wajar apabila kalian tetap menjaga daya tahan tubuh kalian sendiri.

Karena cara yang paling bagus untuk tetap menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit atau virus adalah dari dalam diri sendiri.  Seperti yang sudah kami beritahu sebelumnya, kalian juga bisa menemukan vitamin untuk daya tahan tubuh kalian langsung di SehatQ.com

3. Bawa Extra Pakaian

WHO sudah memberikan pernyataan resmi kalau Corona Virus bisa menempel di baju dan benda benda lain, selain itu virus bisa bertahan sampai berhari-hari. Adalah hal yang bijak kalo kalian bawa extra pakaian.

Gunanya apa? Gunanya agar kalian bisa langsung ganti pakaian apabila sudah seharian melakukan aktivitas. Jadi sebelum kalian istirahat tidur atau sekedar duduk santai di penginapan, diwajibkan untuk langsung bersih – bersih dan ganti seluruh pakaian kalian dari luar. Mungkin barang bawaan kalian akan lebih berat, tetapi itu lebih baik ketimbang memperbesar resiko dari penularan.

4. Hindari Banyak Menyentuh Barang

Seperti poin sebelumnya yang sudah kami bahas, ada baiknya kalian mengurangi terlalu banyak menyentuh barang ketika mengunjungi salah satu tempat destinasi wisata. Jika kalian menggunakan sarung tangan pastinya itu bisa membantu kalian mengurangi dari resiko penyebaran virus. Tetapi ingat untuk selalu cuci tangan setelah melepaskan sarung tangan kalian. Jalan – jalan akan lebih aman jika kita sendiri disiplin dalam menjaga.

5. Selalu Jaga Jarak Aman dan Nyaman

Hal paling penting dan salah satu yang tersulit adalah menjaga jarak aman antara manusia ketika sedang liburan. Tetapi di saat seperti ini ada baiknya kalian selalu menjaga jarak antara manusia minimal 1 meter. Tidak berjabat tangan dengan orang asing, apalagi cium pipi kanan-kiri ya!

Jika kalian liburan dengan membawa anak kecil, jangan lupa selalu ajarkan mereka jaga jarak aman di setiap destinasi wisata dan sarana transportasi yang disediakan.

6. Lakukan Test Sebelum Pergi

Di beberapa negara atau daerah mewajibkan kalian untuk melakukan test Corona Virus. Gunanya untuk memberitahu apakah kalian bukan orang-orang yang terjangkit virus, karena belakangan banyak sekali orang-orang tanpa gejala yang sudah terjangkit Corona Virus.

Dengan melakukan tes tersebut, kalian juga pastinya akan lebih merasa aman apabila melakukan jalan-jalan kemanapun. Untuk melakukan Rapid Test sekarang sudah sangat mudah, sehatQ.com juga sudah menyediakan salah satu fitur untuk melakukan Rapid Test.

7. Karantina diri Sehabis Liburan

Untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada orang-orang di lingkungan kita. Ada baiknya untuk tetap mengkarantina diri sehabis liburan maximal 14 hari dan minimal 7 hari setelah kalian pulang. 

Dengan cara mengkarantinakan diri seperti ini kalian bisa fokus untuk memulihkan kembali daya tahan tubuh serta tenaga yang sudah kalian gunakan selama liburan dengan lebih maksimal.

8. Persiapkan Informasi Fasilitas Kesehatan di Tempat Liburan

Sebelum kalian liburan ke tempat tempat wisata, pastinya kalian sudah meriset dan cari informasi terkait tempat apa yang ingin kalian datangi bukan? Dan dimana tempat kalian ingin menginap. Tapi coba buat lebih lengkap lagi list yang kalian kumpulkan, masa pandemi memang sudah lewat tapi bukan berarti kalian bisa langsung santai. 

Karena ada baiknya kalian memiliki listing terkait dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang berada di sekitar wilayah kalian menginap. Kalau kalian melakukan jalan – jalan atau liburan masih sekitaran Indonesia kalian bisa cek listing lengkap terkait Faskes langsung di sehatQ.com atau kalian bisa cek di : rumah sakit terdekat.

Kalian bisa langsung gunakan filter di pencarian kalian untuk mempermudah, seperti pencarian puskesmas, rumah sakit, klinik gigi, bahkan lab dan masih banyak lainnya. Tinggal pakai filter tersebut dan kalian sudah mendapatkan informasi lengkap, enak kan? Gak perlu capek capek cari sendiri.

fasilitas kesehatan

Nah! Sekian deh Tips liburan aman setelah pandemi yang bisa kami share. Semoga kalian aman dan nyaman selama perjalanan. Jangan lupa selalu jaga kesehatan dan jarak aman selama menjalani liburan. 

Terlebih lagi selalu memperhatikan kesehatan diri sendiri dan orang – orang kesayangan yang kalian ajak.

Untuk kalian yang tertarik melakukan kerjasama eksklusif dengan Dongengtravel bisa langsung kontak aja di sini : Contact Us

Stay Safe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.