5 Kapsul hotel Terunik Di Seluruh Dunia

Istilah hotel kapsul mengacu pada hotel yang menyediakan bilik-bilik kecil dengan jumlah yang banyak. Hotel kapsul tidak menyediakan pelayanan yang dapat kalian rasakan di hotel-hotel umum, jadi tarifnya memang relative murah. Awalnya, hotel kapsul diinovasi di Jepang, namun sejalan dengan berjalannya waktu, Negara-negara lain pun tidak mau ketinggalan sehingga turut membangun hotel-hotel kapsul dengan berbagai desain dan tema. Berikut 5 kapsul hotel terunik di dunia.

1. CAPSULE INN SAPPORO (OSAKA, JEPANG)

capsule-inn-sapporo-photos-room

Ayo mulai dari asal muasal menjamurnya hotel kapsul di seluruh dunia! Di Jepang, sebuah hotel kapsul unik di dunia yang sangat terkenal ialah Capsule Inn Sapporo di Osaka, Jepang. Berdiri sejak tahun 1972, Capsule Inn Sapporo ditujukan hanya untuk pengunjung pria. Pada dasarnya, hotel ini memang didesain bagi para karyawan pria yang sedang melakukan perjalanan dinas dan membutuhkan tempat untuk menginap. Tiap bilik memiliki sarana tempat tidur, TV, koneksi Wi-Fi, dan tirai untuk privasi. Harga per malamnya sekitar antara 300rb-500rb.

2. EH’HĀUSL (AMBERG, JERMAN)

2

Kapsul hotel terunik di dunia ini memiliki luas yang hanya mencapai 53 m2. Setiap kamar berukuran 2,5 meter persegi. Dengan ukuran itu, owner Eh’hāusl meyakini bahwa hotelnya merupakan yang terkecil di dunia. Gedung Eh’hāusl tersusun dari 7 lantai. Ada satu kamar special yang dilengkapi dengan wc dalam dan hanya mampu ditempati maksimal 2 orang. Menariknya, ternyata Eh’hāusl mempunyai legenda tersendiri di lingkungan masyarakat sekitar. Mereka percaya bahwa pasangan baru yang menikah di sana akan berdampingan hidup bahagia selamanya.

3. JANE (NEW YORK, AMERIKA SERIKAT)

jane-hotel-room

Ada banyak hal yang mampu jadi daya pikat sebuah hotel, salah satunya adalah nilai historis. Coba perhatikan Hotel Majapahit yang ada di Surabaya yang jadi saksi dari perjuangan pemuda Suroboyo dalam perang 10 November dulu. Nah, hotel kapsul terunik di dunia, Jane, di New York, Amerika Serikat, juga mempunyai nilai historis yang cukup menarik. Dahulu, Jane adalah hotel yang dibangun untuk para nelayan. Interiornya pun dibuat menyerupai kabin kapal. Saat kapal Titanic tenggelam di tahun 1912, masyarakat yang terhindar dari musibah itu dipindahkan ke hotel ini. Pada akhirnya, pada tahun 2008 dulu, Jane mengalami perubahan namun tetap mempertahankan pesona antiknya. Tiap kamar di hotel Jane mempunyai ukuran seluas empat meter persegi.

4. YOTEL (AMSTERDAM DAN LONDON)

twin-landscape

Yotel ialah termasuk dalam deretan kapsul hotel terunik di dunia dan jaringan hotel yang sejauh ini sudah memiliki 5 cabang di empat negara. Menariknya, empat dari lima hotel tersebut berada di bandara, yakni Bandara Schiphol di Amsterdam, Bandara Heahtrow dan Gathwick di London, serta Bandara Charles de Gaulle di Paris. Pada dasarnya, Yotel memang ditujukan bagi orang-orang yang terkena delay pesawat, cancel penerbangan, dan kasus-kasus serupa. Itulah mengapa mereka banyak membangun hotel di bandara. Namun, baru-baru ini Yotel membangun cabang baru di New York City. Berbeda dari mayoritas hotel kapsul lain yang memiliki fasilitas sederhana, Kapsul kamar yang ada di Yotel justru didesain dengan konsep cukup mewah.

5. CAPSULE HOTEL (DEN HAAG, BELANDA)

capsule-hotel-06

Wah, kapsul hotel terunik dunia satu ini sepertinya benar-benar menerapkan sistem kapsul pada konsep mereka. Capsule Hotel menggunakan kapsul bekas pengeboran minyak yang disulap menjadi penginapan terapung di Sungai Den Haag, Belanda. Jadi, sambil tidur, kalian akan merasa seperti sedang ditimang karena arus kecil sungai yang menampung kamar kapsul kalian. Kalau tertarik menginap di Capsule Hotel, kalian harus menyiapkan budget sebesar 720rb rupiah 1 malam. Kabarnya, Capsule Hotel juga dikenal sebagai hotel kapsul penyelamat pasangan-pasangan yang sebelumnya punya hubungan nyaris hancur.

Pada traveling berikutnya, kamu bisa nih mencoba menginap di hotel kapsul. Siapa sangka kamu akan menemukan hotel kapsul lain yang lebih unik dari kelima tempat di atas. Selain tidak terlalu menguras kantong, pengalaman bermalam pun dapat beda dari biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.