Review Tas Consina Tarebbi, Keril Yang Cocok Untuk Budget Pas!

tas consina tarebbi murah

Review Produk – Bagi seorang pendaki kebutuhan atas sebuah keril itu emang mutlak banget harus punya. Selain menambah beban yang berat saat pendakian, keril juga berguna banget buat nyimpen barang bawaan lo saat melakukan pendakian.

Tanpa sebuah keril, lo gak akan bisa menenteng barang bawaan dan semua keperluan sebanyak itu pake tangan saat mendaki. Keril atau carrier  dalam bahasa inggris adalah sebutan untuk tas besar yang biasa digunakan para penggiat di alam bebas. Keril itu banyak banget jenisnya, dan biasanya di golongkan dari kapasitas dan fitur-fitur yang digunakan. Mulai dari keril kapasitas 40L, 50L, 60L sampai dengan 100L.

Oke sebagai sebuah barang wajib bagi penggiat alam bebas khususnya, faktor kenyamanan dan daya tahan bahan yang digunakan untuk membuat sebuah keril sangatlah diperhatikan. Gak mungkin kan keril lo jebol waktu naik gunung, atau sobek pas kena ranting pohon?

Kali ini gue bakalan review sebuah produk keril dari salah satu brand Outdoor terbesar asli Indonesia yaitu Consina. Consina emang udah gak asing banget di kuping para penggiat aktifitas outdoor selain emang daya tahan produknya yang kuat, juga yang menjadi faktor penting adalah harganya yang sangat bersahabat.

tas consina tarebbi
Consina Tarebbi

Tanpa basa basi lagi sekarang gue perkenalkan Consina Tarebbi, ini adalah keril keluaran Consina yang sangat laku di pasaran karena murah, kalo kita samain sama Handphone mungkin keril ini setara dengan Nokia 3310 Handphone sejuta umat. Apakah harganya yang murah membuat keril ini menjadi tidak nyaman dan jelek?

Kita akan review mendalam tas Consina Tarebbi

Siapkan kopi hitam hangat, cemilan manis, dan senandung lagu merdu.

Tas Consina Tarebbi sangat cocok untuk Pendakian ke Papandayan (Cek artikelnya)

 

Top Lid : Kepala Tas

Sebuah hal yang sangat wajib bagi sebuah keril adalah bagian atas ini, selain bisa digunakan sebagai penutup keril masih banyak kegunaan lainnya. Untuk tas Consina Tarebbi bagian kepala carrier bisa dilepas, selain itu dibagian atas dari kepala keril ini juga memiliki tali elastis yang bisa di adjust ukurannya. Biasanya gue pake tali di atas ini buat mengikat sandal atau ponco supaya gampang waktu mau di ambil ketika keadaan darurat.

kepala tas consina tarebbi
kepala tas nya bisa dilepas
tali elastis consina
tali elastis

Bagian kepala tas ini juga memiliki kantong penyimpanan yang lumayan besar, gunanya buat menyimpan barang – barang kecil yang diperlukan ketika pendakian. Gue biasanya nyimpen sarung tangan, headlamp, pisau lipat kecil, atau bahkan kumpluk disini. Supaya lebih mudah terjangkau oleh tangan ketika kita sedang mendaki. Bagian samping dari penutup keril ini juga dibuat elastis agar bisa menutup bagian atas tas Consina Tarebbi dengan sempurna.

kantong di kepala tas
kantong di bagian kepala tas
bagian samping kepala tas
bagian samping kepala tas

Bukan Cuma itu aja, bagian kepala tas dari Carrier Consina ini juga bisa di atur ketinggiannya. Ini sangat berguna ketika tas Consina Tarrebi lo udah di isi penuh sampai harus extra 10L dan tetap bisa tertutup sempurna oleh kepala tas.

 

Tempat Penyimpanan Utama

Untuk bagian penyimpanan utama dari tas Consina Tarebbi ini berukuran 60L dan bahkan bisa dimaksimalkan sampai dengan 70L. Menurut pendapat gue ukuran keril 60L apalagi bisa diperbesar juga sampe 70L udah sangat cukup buat penjelajahan di Indonesia. Ya mungkin untuk lo yang solo traveling kelas kakap sih ukuran segini kurang, karena harus bawa barang keperluan semuanya sendiri. Tapi buat yang perjalanan tim, ukuran 60L udah lebih dari cukup.

adjustable carrier
tas bisa di adjust dari 60L jadi 70L
isi tas
luas isi dalam tas nya

Selain itu di dalamnya juga terdapat tempat untuk menyimpan water blader, ini sebenernya fitur yang wajib ada di setiap keril dan Consina dengan baiknya menambahkan fitur ini kedalam  low budget kerilnya. Kekurangan pertama tas Consina Tarebbi adalah tidak adanya strap yang mengikat bagian dalam keril agar barang bawaan terjaga baik posisinya.

water blader
tempat untuk menaruh water blader
bagian dalam tas
tidak ada strap yang bisa menahan barang di bagian utama

Tetapi kekurangan itu sedikit tertutupi dengan adanya strap di bagian atas ruang penyimpanan utama, fungsinya agar barang bawaan terikat sempurna dari atas.

strap bagian atas
ini yang mengikat tas tarebbi bagian atas

 

Bagian Belakang

Di bagian belakan pastinya keril Consina Tarebbi ini memiliki pack handle yang berfungsi untuk mengangkat keril kalian ketika diletakan di bawah, atau untuk menggantung keril kalian ketika di rumah. Yang harus diperhatikan adalah bagian back system dari keril consina ini. Walaupun bukan deretan keril professional namun Consina mampu memberikan kenyamanan kepada penggunanya dengan busa yang tebal, selain itu juga terdapa lekukan ke dalam yang berfungsi sebagai sirkulasi udara.

alat bantu keril
ini bisa bantu kamu saat angkat keril
backsystem
backsystem dari consina tarebbi

Shoulder strap tas Consina Tarebbi ini juga memiliki busa yang sama tebalnya dengan bagian belakang tas. Dilengkapi juga dengan chest strap yang menyatukan bagian dada, tidak lupa juga Consina melengkapinya dengan peluit darurat yang sangat berguna ketika kita tersesat untuk sinyal penanda  kepada pendaki lainnya.

strap keril
strap keril yang tebal
peluit emergency consina tarebbi
peluit emergency

Untuk menopang beban keril agar tidak terlalu membebani pinggang kalian, maka tas Consina Tarebbi ini dilengkapi dengan frame menyilang di bagian belakang keril. Tidak ketinggalan juga terdapat waist belt untuk mengamankan posisi keril ke pinggang kita. Enaknya lagi di samping waist belt ini terdapat dua buah kantong kecil yang bisa kalian pakai untuk menyimpan sampah selama pendakian ataupun pisau kecil. Tidak di rekomendasikan menaruh handphone kalian disini karena kantong ini berbahan jaring-jaring.

pocket in waist
pocket di waist strap
frame tas
frame menyilang di bagian belakang

 

Bagian Samping

Bagian samping dari tas Consina Tarebbi ini memiliki kantong penyimpanan juga loh, tapi menurut gue sih gak terlalu gede tapi sangat berguna, gue biasanya nyimpen monopod atau gorilapod di kantong ini. Bagian samping carrier Consina tipe ini juga dilengkapi dengan adjustable strap yang bisa lo gunain buat iket matras, banyak orang yang melakukan hal ini tapi gue gak terlalu suka. Gue lebih suka simpen matras di dalam penyimpanan utama, nanti gue share gimana cara packing keril yang baik.

side poscket tarebbi
side pocket

Dibagian samping juga ada kantong yang biasanya digunakan untuk menempatkan botol minum, Cuma ada kekurangan disini. Menurut gue kantong ini kurang dalam dan kurang elastic, jadi kalo di isi botol berukuran 1L akan susah dan bentuk keril jadi aneh.

tempat untuk simpan botol air minum
buat simpen botol air minum

 

Bagian Depan

Nah satu lagi kekurangan yang sangat terlihat dari tas Consina Tarebbi ini adalah tidak bisa dibukanya keril ini dari depan, jadi misalnya mau ambil dan masukin barang ya cuma dari satu pintu yaitu di bagian atas. Kalau buat membuka keril dari depan aja udah gak ada pastinya kantong di depan juga pastinya gak ada.

bagian depannya
bagian depan consina tarebbi

Nah tapi ada yang enak nih, di bagian depan tas Consina Tarebbi banyak terdapat tempat buat menggantung dan bisa juga dipakein tali perusik yang nantinya bisa lo pake buat ngiket barang extra seperti sepatu contohnya.

fungsi lain
bagian ini bisa digunakan seperti gambar
gantungan di keril
bisa juga buat gantungan

 

Keseluruhan dan Kesimpulan

Oke kalo secara keseluruhan keril Consina yang satu ini memiliki bentuk tabung sempurna. Bahan yang digunakan juga merupakan bahan yang cepat kering, tidak waterproff makanya harus dilengkapi dengan rain cover. Gue gak tau nama bahannya apa yang dipakai di tas ini, yang jelas bahannya kuat, cepat kering dan ringan.

tas consina tarebbi murah meriah

Kesimpulan dari review ini adalah tas Consina Tarebbi ini sangat cocok dimiliki kalian yang baru pertama kali mau punya keril, atau baru mau mulai dunia pendakian. Dengan fiturnya yang tidak terlalu banyak ini, kalian sudah bisa mendapatkan keril berkapasitas besar 60L dan bisa di lebihkan menjadi 70L. Witch is dengan kapasitas sebesar ini sudah cukup untuk menjelajah Indonesia. Dapat info kalau Consina memproduksi lagi Keril Tarebbi ini, di situs resminya Tas Consina Tarebbi dibandrol dengan harga Rp515.000. Tapi kalian juga bisa mendapatkannya di e-commerce retail lainnya dengan harga lebih murah.

Berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa gue simpulkan :

Kelebihan

  • Harga Murah
  • Kapasitas Besar
  • Bahan Kuat
  • Back System yang cukup nyaman

Kekurangan

  • Waist Pocket dari jaring tidak nyaman menyimpan barang elektronik
  • Tidak bisa membuka tas dari bagian depan
  • Kantong botol minum kurang elastis

 

Nilai 3.5/5

 

Nah, segitu aja review pertama gue tentang tas keril Consina. Nantikan review gue tentang produk-produk lainnya. Kalo lo merasa terbantu dengan review ini mohon di share, kalau ada yang kurang bisa kalian komen langsung aja. Terimakasih ..

Salam Dongengtravel  – Dokumentasi Foto by Instagram : @_pratamadhit

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. Lianawati

    Wih, gile mas, lengkap banget reviewnya
    Makasih buat info yg sangat lengkapnya. Kapan2 ane mau beli keril bisa pake acuan review ini deh.

    Nanya dong mas, kenapa beli keril yg warnanya ijo mas?

    1. Post
      Author
      1. Lianawati

        Wih, baru tau mas kalo itu second. Tapi asli, keliatan baru mas 🙂

        Keren, keren.

        Makin semangat mas naik gunungnya, biar makin banyak orang tau kalo gunung-gunung di Indonesia itu keren banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *