Pulau Ayer, Mengungsi Sejenak dari Kepenatan Pusat Kota

pulau ayer jakarta

Artikel Traveling – Rutinitas kadang emang bikin kita ngerasa pusing, apalagi ditambah dengan beban kerjaan yang semakin hari semakin gila. Penderitaan itu akan semakin lengkap kalo ditambah dengan polusi dan kemacetan Kota Jakarta. Giat bekerja boleh-boleh aja, tapi sadarilah tujuan utama kalian bekerja?

Pastinya tujuan kalian untuk bekerja adalah demi mendapatkan uang, dan uang tersebut secara tidak langsung digunakan untuk membahagiakan diri sendiri atau orang-orang terdekat. Kalo lo nya aja gak bahagia karena banyak tekanan dan stress yang meningkat dipekerjaan, gimana mau ngedapetin apa yang lo mau.

Rehatlah, dan mengungsi sejenak dari rutinitas lo di pekerjaan. Ambil waktu weekend buat jauhin semua, relax nikmatin hidup lo dan bahagiain diri lo sendiri sebelum nanti lo berjibaku lagi sama yang namanya kerjaan. Tapi dimana tempat gue bisa relax di Jakarta?

Tenang aja ada kok gak sampai 20 menit dari Marina Ancol

Nama tempat yang sempet gue singgung tadi itu namanya Pulau ayer, Cuma butuh waktu kurang dari 20 menit buat nyebrang ke pulau ini. Pulau Ayer ini masih dalam gugusan Kepulauan Seribu, dan masuk kedalam wilayah kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Kalo di Maldives ada Cottage apung yang terkenal itu, di Pulau Ayer juga ada loh.

Ini dia cerita gue yang berkesempatan one day trip ke Pulau Ayer.

Alarm HP udah ngebangunin gue jam setengah 6 pagi di hari sabtu, gue langsung mandi dan beres-beres secepat kilat. Oh iya karena ini perjalanan trip 1 hari dan gak menginap jadi gue juga gak bawa banyak banyak, cuma 1 tas kecil aja. Langsung cuss gue ke Ancol, karena gue nyebrang menuju Pulau Ayer dari Marina Ancol. Untuk masuk ancol gue harus keluarin uang sebesar Rp15.000 (motor) dan Rp25.000(orang).

dermaga 16 penyebrangan ke pulau ayer
Rame ya di Dermaga Pagi Gini

dermaga 16 pulau ayer

Akhirnya pas jam 7 pagi gue udah sampe di depan dermaga 16 buat ketemu sama orang yang menaungi perjalanan kali ini. Singkat cerita dia bilang kita berangkat jam 8, okee sip berarti gue gak harus nunggu lama nih. Karena cuaca terik dan panas, yaudah gue sedikit menjauh dari dermaga 16 buat beli minum sekalian ngadem juga.

Duh udah jam 8 nih, langsung deh gue ke dermaganya buat cari tau kapal ke Pulau Ayer udah dateng apa belom. Anjir! Bukannya udah dateng, tapi udah jalan! Wadohhh ketinggalan kapal, “jangan panik” dalem hati gue nogmong kaya gitu. Akhirnya gue Tanya deh ke petugas yang ada di sana, Alhamdulillah ada kapal lagi jam 9 nanti gpp deh nunggu lagi. Belajar dari pengalaman akhirnya gue nunggu gak jauh dari pintu dermaganya persis.

perjalanan ke pulau ayer
Akhirnya jalan jugaaa

Akhirnya waktu yang dinanti sampai juga (caelah), kapal ke Pulau Ayer pun datang for your info kita naik speed boat loh!. Pengalaman pertama kali juga buat gue nyebrang ke pulau dengan cara mewah kaya gini, biasanya mah lewat Muara Angke naik kapal ferry yang mesinnya dibawah persis panasnya minta ampun.

kapal speedboat untuk ke pulau ayer
wajib pakai pelampung untuk keselamatan

Di dalam kapal udah disediain pelampung di kursinya nih, wajib dipakai ya sebelum berangkat supaya kita aman selama perjalanan. Iseng gue nyalain stopwatch di Hp mau tau aja lama perjalanan ke pulau Ayer ini.

dermaga pulau ayer
ini nih deramaganya pulau ayer

Akhirnya sampai juga kita di Pulau Ayer, disambut dengan pintu masuk dermaga yang kece. Oh iya untuk kalian yang belum tau nih, Pulau Ayer ini udah full Resorts ya! Jadi bukan homestay lagi kaya di Pulau Harapan atau di Pulau Pari. Pulau Ayer ini bukan untuk tempat tinggal penduduk, pulau ini memang didedikasikan untuk Resorts.

front office pulau ayer
ini dia front office nya

tugu pulau ayer

Langsung deh kita menuju Front office dulu buat ambil kartu makannya, gue lupa jelasin ya kalo di paket perjalanan satu hari ini udah termsuk dapet makan siang juga. Bukan Cuma dapet kartu makan siang, kita juga dapet peta lokasi Pulau Ayer.

welcome drink
welcome drink yang seger banget
peta pulau ayer
ini dia peta nya, maaf basah

Setelah masuk, kita disambut oleh welcome drink yang seger banget deh cocok emang kalo cuacanya lagi panas kaya gini. Oke terus kita ngapain lagi nih, yaudah karena jam makan baru bisa jam 12 siang akhirnya jalan jalan dulu aja deh ikutin peta lokasinya.

harga sewa di pulau ayer
kalo mau sewa dan water sport bisa loh

Pertama yang bisa gue lewatin itu ada tempat penyewaan dan water sport, jadi kalo lo mau sewa alat pancing, sepeda atau canoe tersedia di Pulau Ayer. Bukan cuma itu aja sebenernya lo juga bisa nih buat sewa Jet Ski atau main Banana Boat tapi gue gak coba karena keterbatasan waktu.

kolam renang di pulau ayer
ini dia kolam renangnya

Jalan sedikit lagi lo bisa nemuin kolam renang, hmm menurut gue sih ukurannya ya gak gede-gede banget sih tapi juga gak kecil. Cukup lah untuk menyegarkan badan di tengah teriknya matahari, oh iya tersedia perosotannya juga loh.

hall di pulau ayer
kira kira gini deh hall nya
panggung pulau ayer
panggung mini

Disebelah kolam renang yang tadi ada kaya outdoor hall gitu deh dilengkapin juga sama panggung kecil nama tempat ini adalah Ojar Stage, menurut gue sih tempat ini kayanya cocok buat acara gathering kantor dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak.

tempat main anak di pulau ayer
tempat bermain anak

Lanjut jalan sedikit lo bisa nemuin lagi tempat bermain buat anak, luas dan dilengkapin sama pasir jadi gak perlu takut kalo anaknya jatuh. Dari tempat main anak itu gue jalan lurus lagi ke ara tepi pantai dan nemuin bangku ayunan mengarah ke pantai. Duh kalo lo kesini sama pasangan bakal romantis bgt sih duduk disini sambil ngeliat senja. Oh iya bangku yang kaya gini banyak tersebar di beberapa titik Pulau Ayer, jadi kalo lo gak kebagian duduk disini lo bisa cari di spot lainnya dalam pulau.

bangku ayunan
bangku ayun kaya gini banyak di beberapa spot pulau
cottage apung
ini dia cottage apung yg terkenal

cottage apung pulau ayer

Dari jauh gue liat “kok kaya ada cottage apung gitu ya keren juga mirip di Maldives” dalem hati gue ngomong gitu, yaudah gue samperin aja. Ternyata beneran keren sih menurut gue, ada beberapa pilihan tergantung jumlah kamarnya yang jelas ini cocok buat acara keluarga atau acara kampus. Kalo lo kesini Cuma berdua sama pacar ada juga sih yang pilihan lebih kecil (hmm boleh juga nih).

Karena gue gak nginep disini, yaudah deh cuma bisa ikhlas aja liatin dari luar.

lapangan basket di pulau
ada lapangan basketnya juga di sini

Kita lanjut lagi perjalanan buat kelilingin pulau, ya disepanjang jalan banyak banget terdapat cottage buat menginap selain yang mengapung tadi, ada juga lapangan basket, lapangan volley.

Karena Pulau ayer ini tidak besar, gak sadar kita udah balik lagi ke titik awal. Kebetulan juga udah jam 10:30 yaudah gue putusin buat duduk di Café nya aja sambil nunggu waktu makan siang. Gue pesen syrup leci aja deh, kayanya seger juga di pantai gini.

cafe di pulau ayer
nih cafe nya
minuman syrup
minum dulu saansss

Horeyyy udah jam 12 saatnya kita makan hehehe.. makanan disajikan dengan cara prasmanan, jadi lo bebas ambil sebanyak mungkin tapi bukan all you can eat ya. Lo cuma boleh ambil sekali dengan porsi semau lo. Menunya lumayan beragam, dari mulai capcay, cumi saos tiram, ikan saos padang, dll.

makanan enak
mari makan

Kenyang sehabis makan gue istirahat sebentar buat turunin makanan yang belum sampai perut sepenuhnya hehe. Sekitar setengah jam, akhirnya gue jalan deh buat ngumpulin beberapa foto – foto dari pulau ayer ini.

Berikut dokumentasinya :

foto pulau ayer foto pulau ayer foto pulau ayer foto pulau ayer foto pulau ayer

Okey, penutup dari gue setelah coba perjalanan sehari ke Pulau Ayer ini adalah suasanya enak cocok banget buat pelarian kalian dari penatnya pusat kota Jakarta. Selain jaraknya yang gak jauh dari Jakarta, di sini juga lo bisa ngerasa tenang. Untuk air lautnya sih ya  gak biru kaya di Pulau pari atau pulau perak yang jauh itu ya tapi udah tergolong bersih lah.

Tapi saran gue, buat lo yang mau kesini lebih baik menginap dan jangan jalan sendirian karena akan terasa basi. Oke jam udah menunjukan pukul 4 sore itu tandanya gue harus udah balik ke kota. Makasih buat Ezytravel yang kasih kesempatan buat main ke pulau ayer. Yang mau coba juga gimana keseruan disana bisa beli paketnya di bawah sini :

Mau Ngerasain Gimana Enaknya Pulau Ayer? Cek di sini

Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian.. happy holiday

Salam Dongengtravel  – Dokumentasi Foto by Instagram : @_pratamadhit

Comments

  1. Lianawati

    Mas, somplak mas pake acara telat mengingatkan gue terhadap suatu hal haha.

    Thank you for sharing mas, artikenya sangat informatif. Next bisa intip paketnya di Ezytravel deh hihi

    1. Post
      Author
        1. Post
          Author
  2. Pingback: Tempat Belanja Murah di Jakarta Berikut ini Tidak Buat Kantong Jebol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *