Mencoba Menyentuh Awan di Puncak Gunung Cikuray Garut

pendakian gunung cikuray garut

Sempat rehat sejenak dari padatnya hutan tropis, merdunya nyanyian burung, dan sunyinya malam seakan membuat rindu, dan pada satu kesempatan akhirnya gue naik gunung lagi. Wuhuu seneng banget rasanya, pertama karena gunung yang gue daki merupakan gunung ke 4 tertinggi di Jawa Barat setelah Ciremai, Pangrango dan Gede. Kedua ini adalah deretan gunung terakhir yang gue datengin di tanah Garut, kalo perjalanan ini berhasil sampai kembali ke rumah berarti “Alhamdulillah” semua  gunung di Garut udah pernah di daki.

Perkenalkan dia adalah Gunung Cikuray, gunung dengan ketinggian 2.821Mdpl menjadikannya gunung tertinggi di Garut. Ada 3 jalur terkenal yang biasanya digunakan para pendaki buat mendaki gunung Cikuray. Yaitu Via Pemancar Cilawu, Via Cikajang, dan Via Bayongbong.

Terus pintu mana sih yang gue pilih buat mendaki Gunung Cikuray Garut ini. Betul banget, bukan ketiga pintu masuk di atas yang gue pilih. Gue pilih memulai pendakian via Kiara Janggot, gak heran sih kalo sebagian orang pasti gak tau jalur Kiara Janggot ini. Emang jalur ini jarang banget di lewatin sama pendaki, kebanyakan pendaki yang mau summit Cikuray itu lewat jalur pemancar Cilawu.

Perjalanan menuju basecamp Kiara Janggot dimulai dari terminal Guntur garut, lebih tepatnya di depan markas Brimop. Dari depan markas Brimop itu kita dijemput sama salah satu teman kita bang Ari yang udah ngebantuin untuk sewa Kolbak (semacam mobil pickup buat mengangkut sayuran). Kira kira tepat jam 4 pagi gue sama temen temen gue lainnya langsung melanjutkan perjalanan ke basecamp Gunung Cikuray Kiara Janggot.

Perjalanan ke basecamp dari Terminal Guntur memakan waktu kurang lebih 2jam, lumayan jauh emang dan kita juga sempetin mampir ke pasar buat beli logistik sekalian sholat subuh sebelum sampe di basecamp pendakian.

Dinginnya udara pagi pedesaan Garut yang menusuk kulit seakan mesra menemani kita di sepanjang perjalanan, tidak lupa taburan bintang di langit yang jarang terlihat di tengah kota metropolitan juga ramai ramai menyapa kami. Gak kerasa mentari mulai meninggi jam menunjukan pukul setengah 7 pagi dan kita sudah sampai di Basecamp pendakian Gunung Cikuray Garut.

Tidak lupa kami sarapan, menyiapkan segala perbekalan, mengatur kembali isi keril, dan melakukan pemanasan. Semua berlangsung kurang lebih sekitar 1 jam setengah di basecamp Kiara Janggot. Tim berkumpul lingkaran kecil terbentuk, doa terucap dan kami siap memulai pendakian. Eitss tunggu dulu sebelum itu gue perkenalkan dulu tim gue di pendakian Gunung Cikuray Garut kali ini, dan inilah dia :

tim ekspedisi gunung cikuray garut
Kiri ke Kanan : Iwank, Stevan, Ika, Gue, Raka, Nci, Putri

MENUJU POS 1

Tantangan pertama di jalur pendakian Gunung Cikuray Kiara Janggot ini adalah jalan berbatu, jalur sempit yang di himpit oleh lahan pertanian dan jarak ke pos 1 yang sangat memakan waktu.

menuju pos 1 cikuray
trek pertama setelah basecamp

menuju pos 1 cikuray jalan sempit

Kaya yang gue bilang sebelumnya jarak dari basecamp ke pos 1 itu sangat jauh, dan paling jauh dari pos lainnya. Kita makan waktu kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan untuk sampe di pos 1, jalan yang kita lewatin adalah lahan pertanian dan sangat terbuka, sinar matahari bersalaman langsung dengan kulit. Jangan sampe kelewatan ya pos 1 nya, karena papan petunjuk pos 1 itu letaknya di atas pohon dan arahnya berlawanan dari jalan kita datang.

pos 1 gunung cikuray garut
ini dia pos 1 nya, jangan sampai kelewatan ya

MENUJU POS 2

Mari kita mulai menghadapi jalur pendakian gunung Cikuray yang sesungguhnya, mulai dari pos 2 dan seterusnya kita akan memasuki hutan. Menurut cerita dan review yang gue cari di Google sebelum pendakian tentang jalur ini benar adanya. Tanjangan gak ada ampun, dengkul akan berusaha memeluk erat dada lo, otot paha dan kaki sangat di uji.

Kita lanjutkan perjalanan ke pos 2, hutan yang kita lewatin masih sangat padat dan rapat terjaga keasliannya. Ada beberapa titik tanah yang di injak juga kerasa “gembyur” atau “anyep” haha susah juga gue jelasinnya tapi kerasa lembek gitu deh kaya nginjek tumpukan rumput yang berlapis.

“Info : Sumber air satu satunya hanya terdapat di perjalanan menuju pos 2”

Ohh iya di perjalanan menuju pos 2, kurang lebih 20 menitan sebelum pos 2 lo akan ketemu satu satunya sumber air di jalur pendakian ini. Sumber air berasal dari sambungan pipa paralon, yang mengalirkan air dari atas. Jangan sampai kelewatan, karena ini satu satunya sumber air di jalur pendakian Kiara Janggot.

menuju pos 2 cikuray

hutan menuju pos 2 cikuray
mulai memasuki hutan

 

Mumpung lagi di Garut, yuk kita coba mendaki ke Gunung Papandayan..enak kah?

 

menuju pos 2 cikuray

Kurang lebih setelah menempuh perjalanan selama 1 jam, dengan jalur pendakian yang terus naik dan gak ada ampun. Sampai lah di Pos2, gue sarankan kalian untuk istirahat di pos ini jangan terlalu lama karena setelah pos 2 kalian akan berjumpa dengan tanjakan tidak ada ampun dan memakan waktu dengan kemiringan luar biasa menuju pos 3 , pos 4 dan pos 5.

pos 2 gunung cikuray garut
Pos 2 nih brayy

MENUJU POS 3

Jalur gunung cikuray garut ini memang terkenal dengan tingkat kesulitannya, dan itu akan kalian rasakan setelah memasuki perjalanan menuju pos 3 dan seterusnya. Perjalanan menuju pos 3 masih sama dengan jalur sebelumnya, tetapi disini kalian sesekali akan melewati batang pohon besar yang tumbang dan mengangkat kaki lebih tinggi melewati akar tebal.
menuju pos 3 gunung cikuray garut

menuju pos 3 cikuray
Layanya level pada sebuah game semakin tinggi maka semakin sulit jalan yang dilalui dan semakin curam juga tanjakan yang dihadapi untuk menaklukan gunung Cikuray Garut ini. Kurang lebih 1 jam perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 dan sampailah kita di pos 3.

pos 3 cuy
pos 3 nih!

MENUJU POS 4

Karena hutan sudah mulai padat, dan angin sudah mulai dingin kami memutuskan untuk tidak terlalu lama istirahat, perjalanan kami lanjutkan kembali menuju pos 4. Waktu tempuh untuk sampai ke pos 4 tidak terlalu lama. Hanya memakan waktu kurang lebih 45 menit, salah satu faktor yang membuat kami cepat sampai sebenarnya adalah karena jalur pendakian menuju pos 4 ini terhitung lumayan bersahabat.

menuju pos 4 pendakian gunung cikuray
masih ditengah perjalanan menuju pos 4

iya gue pakai “lumayan” disini  karena emang jalurnya gak gampang banget juga sih. Lo masih ditemani dengan tanah merah, akar besar, dan akrabnya pepohonan berdampingan. Jam 12:16 siang kita sampailah di pos 4.

pos 4 gunung cikuray garut

Kaki dan paha udah mulai kerasa deh pegelnya, dimana ya tempat ngecamp yang enak di Gunung Cikuray Garut ini? bisa gak ya gue sama tim buat coba menyentuh awan di puncak Gunung Cikuray?

Nah sambungannya ada di sini nih : Saatnya Menaklukan Puncak Gunung Cikuray

Comments

  1. Pingback: Mencoba Menyentuh Awan di Puncak Gunung Cikuray Garut | Social Bookmarking Easy!

    1. Post
      Author
  2. Pingback: Tanpa Ragu Kita Akan Taklukan Puncak Gunung Cikuray

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *