Ngaku Suka Jelajah Indonesia? Jangan Katakan itu Sebelum Kamu Kunjungi Wisata Malang

info wisata malang

Kalo kita tanyain tentang Indonesia kepada turis luar, maka kebanyakan dari mereka pasti akan menyebut nama Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang akan di kunjungi. Padahal selain Bali, masih banyak destinasi menarik di Indonesia yang sayang banget untuk dilewatin. Salah satunya adalah wisata Malang.

Kota Malang, sekarang senantiasa telah menjadi pembicaraan ketika musim liburan datang. Kalo kita bicara tentang Malang, kita akan selalu mengingatnya dengan sebutan kota apel. Dalam perkembangannya, Malang mulai memperlihatkan wajah pariwisata di muka dunia. Terbukti, banyak wisatawan luar negri yang kini mengunjungi wisata Malang untuk berlibur.

Tapi apa lo udah bener – bener tau kota Malang? Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, maka kenali lebih dekat Malang, salah satu dari sekian banyak daerah di Indonesia yang penuh keajaiban. Mulailah mengenali Malang dengan mengunjungi banyak objek wisata Malang yang menarik, seperti di bawah ini:

Malang City Tour

wisata malang Balai Kota Malang di malam hari
Balai Kota Malang di malam hari, Sumber : ick0blogs[dot]wordpress[dot]com

Tak lengkap rasanya, jika ke Malang tak berkeliling mengenal arsitektur indah kotanya. Gak akan cukup sehari, kalo lo mau kenal lebih jauh tentang Kota Malang. Ada banyak tempat seperti Balai kota yang dikelilingi bangunan rumah mewah arsitektur khas Belanda. Jangan lupa juga buat main ke Museum Tradisional, Museum Brawijawa, dan bundaran Tugu. Kalo lo tiba tiba lapar jangan lupa juga pergi ke Toko Oen legendaris yang berdiri sejak tahun 1920 untuk mencicipi makanan khas Belanda.

Lo juga bisa nih nikmatin wisata Malang pake bus wisata yang telah resmi beroprasi Februari 2015. Namanya Malang City Tour atau biasa disebut masyarakat sekitar MACITO. Macito ini biasanya beroprasi dari hari Senin hingga Sabtu dari jam 09:00 sampai dengan jam 12:00 siang. Tapi kalo hari Minggu jam operasi Macito dimulai jam 10:00 sampai dengan jam 12:00. Kalo lo mau naik Macito bisa coba tunggu di Shelter sekitar Tugu Malang, dan yang pasti fasilitas ini gratis ya.

 

Hotel Tugu Malang

Keindahan arsitektur Hotel Tugu Malang
Keindahan arsitektur Hotel Tugu Malang, Sumber : www[dot]tuguhotels[dot]com
Warisan masyarakat Babah Peranakan hiasi Hotel Tugu Malang
Warisan masyarakat Babah Peranakan hiasi Hotel Tugu Malang, Sumber : www[dot]tuguhotels[dot]com

Dibalik sosok wanita menyeramkan disalah satu lukisan yang dipajang dalam Hotel Tugu Malang. Hotel ini bisa dikatakan sangat sitimewa, bukan hanya karena hotel bintang lima tapi juga karena koleksi barang-barang antik warisan budaya dari masyarakat Jawa Babah Peranakan. Di Malang, Jawa Babah Peranakan merupakan campuran pendatang cina di Jawa dengan orang pribumi. Pemandangan depan hotel seperti Tugu Perjuangan Kemerdekaan Indonesa dan kolam teratai yang akan senantiasa menemani pengunjung Hotel Tugu.

Menginap di Hotel Tugu bisa bikin lo juga sekalian belajar sejarah dari banyaknya barang peninggalan bersejarah yang dikoleksi dalam hotel ini. Selain itu juga dekorasi serta tema dalam setiap ruangan dalam Hotel Tugu bisa membuat lo gak akan pernah bosan buat menghabiskan waktu seharian mengitari Hotel.

 

Museum Angkut

Museum Angkut
Museum Angkut, Sumber : mozaic[dot]co[dot]id

Wisata Malang tak kalah dengan Luar Negri, terbukti Malang juga punya Museum Angkut. Pengunjung akan dibawa ke berbagai era dilihat dari jenis kendaraannya. Mulai dari transportasi yang digunakan Batavia, Jepang, Eropa, dan masih banyak lagi. Dari museum inilah, pengunjung akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang sejarah transportasi. Sangat cocok untuk mengajak anak-anak belajar langsung di sini.

Kalo lo mau main ke Museum Angkut silahkan arahkan kendaraan menuju kawasan wisata batu, yang punya waktu tempuh kurang lebih 15 menit kalo dari pusat kota. Jika belum ada perubahan harga ketika artikel ini terbit maka harga tiket masuk bisa lo beli dengan harga Rp60.000 – Rp80.000 (harga weekdays dan weekend beda), oia misalnya mau bawa DSLR bayar lagi ya Rp30.000.

 

Jatim Park I & II

Taman hiburan Jatim Park I
Taman hiburan Jatim Park I, Sumber : www[dot]jawatimurpark[dot]com
Taman belajar Jatim Park II
Taman belajar Jatim Park II, Sumber : meilaniwulandari[dot]it[dot]student[dot]pens[dot]ac[dot]id

Tak jauh dari Malang, ada objek wisata yang menarik minat banyak wisatawan. Jatim Park I menawarkan taman hiburan dengan banyak wahana permainan. Saking banyaknya, pengunjung akan kewalahan mau menaiki wahana yang mana. Yang paling terkenal yaitu kolam renang raksasa. Sedangkan, Jatim Park II lebih menawarkan tempat belajar dimana pengunjung akan banyak mendapatkan pengetahuan secara langsung. Mau belajar tentang ilmu alam atau satwa? Semua dapat kamu temukan di Jatim Park II. Kedua taman tersebut tergabung dalam Jawa Timur Park Group, mau lihat info lengkapnya bisa langsung kesini : https://www.jtp.id/

Selain menjelajahi kota yang penuh dengan keseruan, ternyata keindahan alam juga dapat dinikmati sekaligus di Malang. Tempat ini wajib kamu kunjungi jika ingin mengenal Malang lebih dekat.

 

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

wisata malang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Sumber : www[dot]exploregunung[dot]com

Malang punya keindahan alam luar biasa yang tersimpan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Siapa yang tak kenal Bromo? Bromo, gunung kokoh penuh keindahan yang menjadi ikonik Indonesia di kawasan ini terdapat kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Meskipun ada beberapa puncak di deretan kawasan Tengger, Bromo adalah puncak yang paling banyak dikunjungi. Tapi jika kamu punya banyak waktu, jangan lupa juga ke Gunung Semeru dan menikmati puncak Mahamerunya yang menjadi puncak tertinggi di pulau Jawa, Gunung Semeru letaknya lebih ke selatan.

 

 

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang, Sumber : kecamatanbantur[dot]wordpress[dot]com

Belum banyak yang tau kalau di Malang ada pantai. Padahal, banyak pantai indah tersembunyi di sana. Pantai Balekambang, nama salah satu pantai indah yang mirip dengan Tanah Lot Bali. Karena apa? Selain pantai jernihnya, disini juga terdapat pura mirip Tanah Lot, ada jembatan yang menghubungkan daratan dengan pura yang berada di laut.

 

Candi Singosari

Candi Singosari Malang
Candi Singosari Malang, Sumber : weeseenkind[dot]com

Kalo kalian merupakan pecinta sejarah mengunjungi candi ini adalah pilihan yang tepat. Candi Singosari ini menyimpan banyak sejarah dari raja-raja dinasti Singosari. Walaupun banyak candi seperti Sumberawan, Jago, Kidal dan masih banyak lagi lainnya, candi Singosari merupakan candi utamanya. Letaknya tak jauh dari Malang, kira kira hanya 12 km.

Menurut para ahli, mereka memperkirakan kalau candi ini didirikan sekitar tahun 1300M, sebagai simbol penghormatan terhadap Raja Kertanegara dari Singasari. Di dalam kompleks Candi Singosari tersebut juga ada tujuh buah bangunan candi lainnya yang sudah runtuh dan banyak juga arca berserakan di sekelilingnya.

 

Batu, Malang

Panen apel di agrowisata Batu
Panen apel di agrowisata Batu, Sumber : travel[dot]kompas[dot]com

Dari kawasan inilah, Malang bisa mendapatkan sebutan kota apel. Dikenal  dengan agrowisata, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana sejuk dan pengalaman memanen apel langsung dari pohonnya. Nikmati juga suasana santai dengan pemandangan gunung.

Nah mungkin itu hanya sebagian kecil dari banyaknya tempat wisata Malang yang bisa lo jelajahi. Tunggu apa lagi, inilah saat yang tepat banget buat kita tunjukin ke dunia kalo potensi wisata Indonesia itu sangat besar.

Salam hangat Dongengtravel

 

Comments

  1. WISESA TRAVEL

    Malang-Batu memang salah satu kota wisata yang banyak menawarkan berbagai hiburan, keindahan alamnya yang menawan membuat kita betah berada di kota ini..Jangan mengaku traveler bila belum pernah ke kota wisata Malang-Batu

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  2. Dewi

    wah pengen naik malang city tour,,saya dr kalimantan kebetulan tngl 20 sept ini akan k malang,,
    kira2 jm brp biasa mulai antrian nya ya?

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *