Punya Paspor Indonesia? Yuk main ke Negara indah ini

Hallo, akhirnya dongengtravel update lagi. Ehh lo udah pada punya paspor Indonesia belum? Pasti banyak kan yang mikir kalo “buat apaan sih bikin paspor?” sebelum gue bahas lebih jauh, gue mau kasih tau dulu pengertian paspor buat lo yang belum pada paham. Secara harafiah  paspor itu adalah tiket lo untuk menjelajah dunia.

paspor indonesia
(Photo Doc : Flickr)

Paspor sebenarnya hampir mirip dengan KTP, tapi perbedaannya paspor digunakan untuk pergi ke luar negeri. Tetapi tidak semua negara bisa dikunjungi hanya dengan passport Indonesia. Ada beberapa negara yang harus dikunjungi dengan visa.

Sedangkan visa adalah sebuah dokumen, semacam surat izin gitu deh untuk memasuki Negara tersebut. Kalo lo masuk kesebuah Negara yang mengharuskan memakai visa tapi lo gak ada visa, yahh bisa bisa dipulangin lagi deh ke Indonesia.

Tapi tau gak sih lo, ada beberapa rekomendasi dari Dongengtravel untuk mengunjungi 6 negara indah ini dan enaknya lagi lo gak harus punya visa buat kesini, cukup punya paspor Indonesia aja.

Langsung aja deh lanjut ..

 

Negara 1

Negara yang berbatasan langsung dengan Turki ini merupakan salah satu Negara yang bisa lo kunjungin hanya dengan bermodalkan paspor Indonesia doang (tapi tiket pesawatnya gak gratis ya..hehe).

Yes Armenia, banyak tempat wisata di Armenia yang bisa lo datengin. Oke kita gak akan bahas terlalu dalam dan banyak wisata disini. Tapi gue akan coba bahas beberapa.

Pertama dan pastinya lo bisa langsung main aja ke ibu kota Armenia, Yerevan. Selayaknya kota di Eropa, Yerevan juga memiliki gedung-gedung tua yang indah. Bersih berjajar rapih, dan tau gak sih lo kalo di kota Yerevan banyak banget bangunan berwarna pink, sehingga kota ini dijuluki Pink City.

kota yerevan
(Photo Doc : Flickr)

Lo penganut agama Kristen? Wajib banget untuk main ke Armenia. Soalnya di sini banyak banget monasteri bersejarah dan terdaftar di UNESCO World Heritage , monastery ini berada di ketinggian, tapi bisa gue jamin banget kalo ini adalah salah satu tempat wisata indah yang bisa lo kunjungi di Armenia.

tatev monasteri armenia
(Photo Doc : Peopleofar)

 

Negara 2

Kamboja, mungkin ini salah satu Negara terdekat Indonesia yang bakalan gue bahas. Kenapa kamboja? Kok gak Thailand atau Singapore? Duh udah biasa banget kalo gue bahas dua Negara itu. Emang gue akuin, mungkin di telinga para pembaca dongengtravel, kamboja tidak menjadi salah satu tujuan destinasi.

Percayalah kamboja menyimpan keindahan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi pemegang paspor Indonesia.

Destinasi wajib pertama yang harus lo kunjungin adalah Angkor Wat. Angkor wat merupakan kompleks candi terindah sekalis terbesar di Kamboja. Salah satu spot menarik di sini adalah pintu masuk ke Angkor wat, karena ketika matahari terbit spot ini jadi salah satu tempat favorit untuk mengabadikan sang fajar yang terbangun dari tidurnya.

angkor wat di kamboja
(Photo Doc : lonelyplanet)

Rekomendasi tempat selanjutnya yang bisa lo datengin di kamboja adalah Silver Pagoda. letak tempat wisata ini berada di dalam kompleks istana kerajaan di Phnom Penh, silver pagoda menyimpan banyak kekayaan nasional seperti puluhan kilo emas, dan ribuan permata.

silver pagoda di kamboja
(Photo Doc : arrakeen)

Today Quotes!

“The world is a book, and those who do not travel read only one page.” – Saint Augustine

Click to Tweet

 

Negara 3

Makau sebenarnya bukan sebuah Negara mandiri sendiri, macau disebut sebagai daerah administratif khusus. Hasil perjanjian cina dengan Portugal dan Hongkong.

Langsung aja  kita telisik nih tempat wisata di macau yang bisa bikin lo jadi tertatik untuk main kesana. Salah satu tempat yang namanya sangat kental dengan eropa The Ruins of St Paul. Ini adalah sebuah bangunan tidak utuh yang bentuknya bisa dibilang mirip pintu gerbang, maupun gereja tua.

ruins of ts-pauls macau
(Photo Doc : thousandwonders)

Emang sih dulunya the ruins of st paul ini adalah merupakan Gereja Mater dei yang dibangun pada tahun 1602-1640, lalu dihancurkan oleh kebakaran pada tahun 1835.

Udah pada pernah liat panda belum? Itu loh beruang lucu yang biasanya jadi mascot dari Negara Cina. Iya karena Macau emang gak jauh dari Cina, jadi disini lo bisa juga liat Panda. Main aja ke Giant Panda Pavilion, disini lo bisa liat panda-panda lucu secara langsung.

giant panda pavilion
(Photo Doc : deltabridges)

Tapi jangan maksa buat meluk-meluk ya, gimana pun juga panda adalah jenis beruang, dan bagi yang kebetulan belum tau hahaha… beruang termasuk binatang buas (lumayan manyun kena pukul sekali sih).

 

Negara 4

Ini merupakan Negara kepulauan kecil di Samudra Hindia. Terletak di sebelah selatan-barat daya India, banyak orang mengenal Negara ini dengan sebutan Maldives. Yess udah gak asing banget kan sama kalian pembaca dongengtravel.

photo landscape maldives
(Photo Doc : paulreiffer)

Wisata di maldives, gak akan bisa jauh dari air. Salah satu destinasi yang harus lo kunjungin di Maldives adalah Banana reef, Tempat ini disebut-sebut sebagai lokasi diving terpopuler di Maladewa.

banana reef
(Photo Doc : wikimedia)

Wah, namanya unik, ya?

Memang, sesuai dengan namanya, Banana Reef bentuknya mirip pisang dan memanjang sampai dengan 300 meter dari arah utara ke bagian selatan.

Masih tentang menyelam, satu lagi tempat menyelam keren yang harus lo datengin namanya HP Reef dan Manta Point.

hp reef di maldives
(Photo Doc : romanticbug)

Tempat wisata di Maldives yang satu ini berada di sebelah utara Atol Mate. Menyelam di sini lo bakalan dimanjain dengan formasi terumbu karang yang berwarna-warni, dan tempat ini tergolong dalam salah satu lokasi menyelam paling baik.

manta point di maldives
(Photo Doc : srune)

Buat para penyelam yang mau merasakan sensasi menyelam dengan banyak ikan pari manta, bisa mendatangi manta point. Di sini lo bisa melihat banyak ikan pari manta yang tengah berburu mangsa atau menyantap ikan-ikan kecil di dekatnya. Pari manta akan berkeliling bebatuan karang besar dan menunggu mangsa di sana.

Selain lo bisa menikmati banyaknya tempat wisata di Maldives yang keren keren, yang paling enak adalah lo gak perlu pakai visa untuk ke sini. Iya lo Cuma butuh paspor Indonesia aja.

 

Negara 5

Sejak 2014 pemerintah Turki sudah tidak memberlakukan Visa On Arrival (VoA) untuk WNI. Tapi cuma e-visa atau visa elektronik. Visa ini bisa berlaku selama 30 hari. Apalagi lo gak akan mengalami kesulitan dalam membuatnya, hanya cukup membuat di depan monitor, maka visa lo udah jadi dalam waktu sekitar kurang dari lima menit.

Selama 30 hari nih, itu juga kalo lo liburan 30 hari hahahaha.. lo wajib banget untuk naik balon udara di Cappadocia. Banyak banget pemandangan yang bagus bisa lo abadikan dari ketinggian diatas balon udara ini

(Photo Doc : propertyturkey)
(Photo Doc : propertyturkey)

Wisata di turki selanjutnya yang bisa lo datengin itu Blue Mosque. Kenapa dinamakan demikian? Sebenernya sih masjid ini namanya masjid sultan ahmed. Tetapi karena dinding interiornya dihiasi dengan keramik berwana biro sebanyak 20ribu buah, makanya deh dinamain blue mosque.

blue mosque masjid biru turkey
(Photo Doc : weloveist)

Masih banyak banget sih wisata di turki yang bisa lo datengin tapi gak bisa gue bahas lengkap dikesempatan kali ini.

Gak nyesel kan punya paspor Indonesia? Hahaha selain Negara yang gue sebutin di atas tadi, masih banyak banget Negara-negara bagus, unik dan keren yang bisa lo kunjungin, dan bebas visa pula.

Bantu share artikel ini kalo lo merasa artikel ini bermanfaat dan mengandung info, jangan lupa ya buat terus mantau update dari dongengtravel

Sampai jumpa di artikel selanjutnya …

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *