Keindahan 5 Tempat Tersembunyi Di Bogor

Tak perlu jauh-jauh apabila kalian ingin liburan sejenak untuk melepaskan penat yang memberatkan pikiran. Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, salah salah satu opsi tempat liburan yang paling terkenal adalah Bogor. Ada beragam tempat wisata Bogor yang bisa kalian hampiri untuk sekedar mencari suasana baru. Udaranya yang sejuk serta pemandangan yang indah terhampar di kota berjuluk Kota Hujan ini.
Bogor bertempat di ketinggian 190 sampai 330m dari permukaan laut. Hal ini mengakibatkan suhu udara rata-rata relatif sejuk, mencapai 26oC, dengan kelembaban udara hampir 70%. Sedangkan suhu paling rendah rata-rata mencapai 21,8oC, dan ini kerap kejadian di bulan Desember dan Januari. Selama setahun, rata-rata Bogor diguyur hujan sebanyak 176 kali. Ini dia asal Bogor dijuluki kota hujan.
Bertempat di kaki Gunung Salak dan juga Gunung Gede mengakibatkan keadaan tanah di Bogor sangat kaya. Iklimnya yang unik bahkan mengakibatkan Pemerintahan Kolonial Belanda pada zaman dahulu menjadikan Bogor menjadi pusat penelitian tanaman dan pertanian yang sampai sekarang masih berjalan.
Tetapi sangat disayangkan, karena Bogor dekat dengan ibu kota, ramai orang yang berlibur ke daerah Bogor di masa liburan atau akhir pekan. Alhasil, Bogor menjadi macet dan padat sehingga liburan jadi tidak menyenangkan. Jangan khawatir, kalian masih bisa menikmati lokasi-lokasi wisata Bogor berikut. Pasalnya, lokasi-lokasi ini jarang ada orang yang tahu dan masih asli. Selain itu, untuk masuk ke lokasi-lokasi ini bisa dibilang masih murah. Lokasi mana saja?

Curug Leuwi Hejo

01-leuwi-hejo

Kawasan Sentul, Bogor, ternyata terdapat surga terpencil berupa air terjun indah yang sering dipanggil menjadi Curug Leuwi Hejo. Seperti namanya, Curug Leuwi Hejo, air yang ada di lokasi ini berwarna biru kehijauan yang cukup indah apabila dilihat secara kasat mata. Air terjun ini berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul.Akses yang harus kalian lewati untuk masuk ke air terjun ini cukup menantang. Kontur jalan yang sempit, curam, dan berombak cukup menyulitkan apabila kalian tidak memiliki supir yang berpengalaman. Meski demikian, banyak hal unik yang bisa kalian nikmati sepanjang jalan tersebut. Selain penduduk desa yang ramah serta udara yang seju, kalian juga akan dikejutkan dengan aliran air jernih yang muncul dari dalam tanah. Tempat ini bisa menjadi wisata bogor yang rekomended.

Situ Gede

Lokasi ini mungkin sedikit tidak asing untuk kalian yang tinggal di kawasan Bogor. Pasalnya, banyak orang-orang asli Bogor yang mampir ke Situ Gede untuk memancing, berperahu, atau hanya berjalan-jalan di area hutan Situ Gede untuk bersantai. Situ Gede sendiri merupakan sebuah situ atau bendungan besar yang dikelilingi oleh hutan yang masih asri.Disini, kalian bisa piknik di hutan yang terletak di pinggir situ. Bila tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir, di sekitar situ juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan. Selain piknik, di Situ Gede kalian juga dapat menyewa perahu bebek untuk sekedar menikmati pemandangan serta sensasi berperahu di atas bendungan besar. Cukup mengesankan, bukan?

Taman Nasional Gunung Halimun

03-gunung-halimun

Untuk kalian yang suka hiking atau hanya untuk sekedar jalan-jalan, mungkin Taman Nasional Gunung Halimun bisa jadi pilihan. Kawasan taman nasional yang berbukit-bukit ini memiliki belasan anak sungai serta sejumlah air terjun. Hutan yang terdapat di taman nasional ini relatif belum pernah dikunjungi oleh manusia. Hamparan sawah serta hijaunya perkebunan di sekitar taman nasional jadi daya tarik tersendiri.Taman Nasional Gunung Halimun ini merupakan surga bagi banyak satwa liar serta tumbuh-tumbuhan. Ratusan jenis burung seperti Elang Jawa, Rangkong, hingga Luntur Gunung dapat terlihat terbang bebas di area taman nasional. Selain itu, sering juga terlihat aktivitas macan tutul dan macan kumbang yang berkeliaran bebas disini.

Air Terjun Bidadari

04-air-terjun-bidadari

Masih terletak di wilayah Sentul Paradise Park, air terjun setinggi 75 M ini berdiri megah. Berasal dari mata air di hutan lindung yang ada di atas bukit membuat air terjun ini cocok untuk dijadikan ajang pelepas lelah. Limpahan air yang jatuh dari ketinggian dibuat sedemikian rupa hingga mirip dengan kolam renang.Selain air terjun, kawasan Sentul Paradise Park juga punya kegiatan menarik lain. Kalian bisa merasakan bagaimana serunya bermain perahu tangan atau menguji keberanian di wahana flying fox. Lokasi ini bisa dibilang sangat cocok untuk tempat berlibur keluarga.

Danau Dora

05-danau-dora

Tempatnya yang tak jauh dari pusat pemerintahan daerah Bogor menjadi alasan utama kenapa tempat wisata bogor ini mudah untuk didatangi. Berjarak sekitar 500 meter dari pintu gerbang Pemda, Danau Dora terletak di kawasan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI). Danau ini merupakan taman konservasi alam yang juga sebagai bagian perluasan Kebun Raya Bogor.Nama Danau Dora sendiri diberikan bukan tanpa alasan. Saat pembangunan awal taman ini, banyak anak-anak kecil yang bermain sambil membawa boneka Dora di sekitar danau. Dora merupakan nama salah satu karakter serial animasi di televise berjudul Dora The Explorer. Dari situlah kemudian orang-orang menamai danau konservasi ini dengan nama Danau Dora.

Sudah tentukan pilihan untuk berlibur di akhir pekan nanti? Jangan khawatir, kalian tidak akan disulitkan dengan macet dan keramaian liburan kawasan wisata Bogor apabila berlibur di lokasi-lokasi tersebut. Hanya pemandangan yang indah serta udara sejuk yang kalian temui di lokasi-lokasi ini. Jangan lupa untuk ajak serta keluarga atau rekan agar suasana liburan makin berkesan.

Comments

  1. Pingback: Beda! 7 Tempat Ini Bikin Liburanmu Hipster di Singapore – Dongengtravel

  2. Pingback: Hello BOGOR / Curug Nangka, Air Terjun Menawan di Selatan Bogor | Hello BOGOR

  3. Pingback: Beda! 7 Tempat Ini Bikin Liburanmu Hipster di Singapore - Dongengtravel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *