Saatnya Menaklukan Gunung Cikuray Garut

Setelah sebelumnya di part pertama gue udah ceritain gimana sih jalur pendakian di Gunung Cikuray Garut ini. Bagi kalian yang belum baca bisa langsung aja dibaca dulu ya supaya bisa nyambung ceritanya.

Klik : Awal Pendakian Gunung Cikuray Garut Basecamp – Pos 1 – Pos 2 – Pos 3 – Pos 4

MENUJU POS 5

Kalo dari awal menuju ke pos 2 gue udah bilang Selamat Datang di jalur pendakian sesungguhnya. Nah di sini lah! Di jalur pendakian Gunung Cikuray menuju pos 5 lah yang paling menanjak, yang paling “horror” dan yang paling menempa fisik. Karena fisik kita juga udah banyak terkuras di pos pos sebelumnya, akhirnya kita membutuhkan waktu yang cukup lama buat sampe di Pos 5 ini.

Medan semakin rapat, tanjakan semakin berat dan karena ini juga sudah berada di titik ketinggian yang lumayan maka kabut pun mulai turun menyapa dan menemani selama pendakian menuju pos 5 Gunung Cikuray Garut ini.

di pendakian menuju pos 5 gunung cikuray
kabut mulai turun

Bagian pangkal paha gue sempet kena keram yang sangat menyakitkan di jalur ini dan karena udah lewat tengah hari juga makanya perut juga udah gak bisa di ajak buat kompromi lagi. Cuaca dingin, perut kosong sangat berbahaya ketika melakukan pendakian dengan jalur  yang menguras tenaga kaya gini. Akhirnya kita sepakat dan “nekat” lebih tepatnya buat ngebongkar keril buat ngambil persediaan makanan untuk masak di jalur pendakian (jangan ditiru ya).

menuju pos 5 gunung cikuray
Jangan di tiru! kita makan di jalur menuju pos 5

Selesai makan kita melanjutkan perjalanan, jam di tangan gue menunjukan pukul 14:48 dan akhirnya kita sampai di pos 5 Gunung Cikuray. Kalo lo perhatiin dan baca dengan teliti, kita sampe di pos 4 itu jam 12 siang. Itu artinya kita makan waktu hampir 3 jam untuk sampe ke pos 5. Kaya yang udah gue bilang, dari pos 4 ke pos 5 adalah jalur yang paling luar biasa.. hati hati ya.

sampai di pos 5

MENUJU POS 6

Pas di basecamp Kiara Janggot kita sempet janjian sama tim bang Ari buat ngecamp di Pos 7. Tapi setelah menjalani semua ini “haaallaahh” kita putuskan buat ngecamp aja di pos 6. Di pos 6 ini emang ada lahan cukup luas buat 5 tenda. Tapi emang pos 6 ini bukan tempat yang gue sarankan sih untuk mendirikan tenda. Pertama tanahnya miring, kedua jarak dari pos 6 ke puncak itu masih sekitar 1 jam. Yang lebih enak sih ya di pos 7 camping area luas yang berjarak Cuma 10 menit ke puncak, beneran 10 menit gue gak bohong nanti kita bahas lebih lanjut ya.

menuju pos 6 gunung cikuray
nanjak teroosss

Oke perjalanan kita lanjutkan kembali, jangan dikira jalurnya akan santai setelah lewat dari pos 5. Enggak akan hahaha bahkan lo bakalan di apit hutan lebih erat kanan kiri. Gue sama sekali gak sempet buat ambil gambar dijalan, fisik udah capek bgt mau cepet sampai ke pos 6 buat bangun tenda dan makan.

Perjalanan juga cukup jauh dari pos 5 ke pos 6, tanjakan pun seakan enggan buat memberikan waktu istirahat ke kaki. Kita juga akhirnya berpencar 2 bagian, tim pertama 4 orang jalan duluan buat mendirikan tenda lebih dulu. Gue sama Stevan paling belakang jagain Putri yang sakit kakinya. Jalan pelan pelan dan akhirnya sampe juga di pos 6 jam 17:15.

CAMPING DI POS 6

Karena pos 6 ini sebenernya emang bukan tempat yang bagus buat ngediriin tenda, akhirnya ya Cuma tim gue doang deh yang bermalem di tempat ini. Setelah sampai di pos 6 ya kita buru buru deh buat ngebangun tenda, sholat, rapihin keril, dan keluarin senjata perang buat mengisi amunisi perut.

TIPS : “Karena masih ada banyak babi hutan, disarankan untuk menggantung sisa makanan kalian”

Ya selayaknya kalo kita lagi camping dank arena yang mendirikan tenda juga Cuma tim gue yaudah deh ita Cuma ngabisin waktu buat makan, saling cerita dan main uno deh pas terakhir sebelum tidur. Kita bangun gak terlalu pagi sih karena emang gak ngincer sunrise. Kaya gini nih, suasana paginya di pos 6 :

nenda di pos 6
Adem yaa nenda di pos 6

MENUJU POS 7 DAN PUNCAK

Akhirnya kita bersiap buat menuju pos 7, sebelum mulai jalan kita sarapan dulu makan roti goreng. Sengaja tidak mau terlalu kenyang, takutnya nanti malah menggangu perjalanan karena jaraknya juga gak deket buat ke pos 7. Keril dan semua peralatan kita tinggal di tenda, yang kita bawa Cuma air minum dan tas kecil berisikan barang elektronik. Sebenernya rada ragu buat tinggalin di pos 6 tapi bismillah aja karena emang ini jalur yang jarang orang lewat seharusnya aman dari kehilangan barang pendakian.

sarapan di pos 6
ganjel perut sebelum naik lagi

Akhirnya perjalanan menuju pos 7 kita mulai, karena ini adalah jalur menuju puncak Gunung Cikuray Garut pastinya akan terus menanjak. Tetapi karena beban di pundak dan fisik yang udah kita istirahatkan akhirnya pendakian ini menuju pos 7 ini terasa lebih ringan.

perjalanan ke puncak cikuray
melanjutkan perjuangan ke puncak

Tapi walaupun kita gak bawa beban berat lagi di punggung, kalian masih harus hati hati karena jalur semakin terjal yang kadang malah kita butuh bantuan batang pohon untuk naik. Kadang juga ada aja saat dimana kita harus melangkah lebih tinggi, bahkan tergolong seperti memanjat.

cikuray

kiara janggot

Di perjalanan menuju pos 7 ini akan ada persimpangan pertemuan 2 jalur antara jalur pemancar dan jalur kiara janggot. Gak jauh dari persimpangan itu kalian akan sampai di pos 7, pos 7 yang ada plang nya itu sebenernya gak bisa buat camp, lo harus naik sedikit lagi dan lo akan nemuin tempat camp yang bener bener luas.

pos 7 cikuray
ini dia camp ground luas di pos 7

Nah kaya yang pernah gue singgung sebelumnya, kalo dari pos 7 yang punya area camp luas ini Cuma 10 menit ke puncak. Emang bener banget, lo cuma tinggal jalan lurus aja dan sama sekali gak sulit malah tergolong landai.

Sampai deh kita di Puncak Gunung Cikuray Garut !

Icon di puncak Gunung Cikuray adalah adanya 1 bangunan semacam pos kecil yang gunanya gue gak tau buat apa. Deket situ juga ada yang jualan oleh oleh yang “berbau” Gunung Cikuray, tenang aja bukan bunga edelweeis kok, jadi lo boleh beli.

pedagang di puncak cikuray
mencari rezeki sampai ke puncak cikuray

Kalo dari puncak ini yang bisa lo lihat adalah lautan awan di atas ketinggian, yang seakan memperbolehkan kita buat “Mencoba Menyentuh Awan di Puncak Gunung Cikuray Garut”. Deket banget dan keren banget.

Enjoy fotonya :

di puncak cikuray

sama sama di puncak cikuray garut
terimakasih Cikuray, terimakasih tim

pos di puncak cikuray

Ohh iya, ada juga beberapa tenda yang camp di puncak gunung, tapi buat kalian yang nanti mau main ke sini jangan coba coba nekat camp di puncak gunung ya. Resiko berbahaya!!

Pokoknya buat lo yang mau coba jalur pendakian berbeda untuk ke Gunung Cikuray, bisa banget cobain jalur Kiara Janggot dan jangan lupa juga buat siapin fisik yang prima.

Untuk biayanya, kira kira segini deh biaya yang gue abisin dipendakian kali ini :

Biaya Pendakian Gunung Cikuray via Kiara Janggot

• PP Bus Jakarta – Garut (Rp104.000)
  • Mobil Kolbak PP Terminal – Basecamp (Rp90.000)
  • Simaksi (Rp15.000)
  • Share logistik (Rp24.000)
  • Parkir motor terminal (Rp20.000)
  • Lain – lain (Rp50.000)

TOTAL Rp303.000

Buat estimasi waktu yang diabisin dari basecamp sampai puncak gunung kira kira kaya table dibawah, tapi pastinya hasil bisa beda beda ya sesuai dengan kekuatan fisiknya.

Estimasi Waktu Pendakian

• Basecamp > Pos 1 (1 jam)
  • Pos 1 > Pos 2 (1 jam)
  • Pos 2 > Pos 3 (1 jam)
  • Pos 3 > Pos 4 (45 menit)
  • Pos 4 > Pos 5 (2 jam)
  • Pos 5 > Pos 6 (1,5 jam)
  • Pos 6 > Pos 7 (1 jam)
  • Pos 7 > Puncak (15 menit)

TOTAL WAKTU TEMPUH 8 Jam 30 Menit

Oke jangan lupa like, komen dan share artikel ini kalo menurut kalian sangat membantu..

Karena itu semua sudah cukup membuat gue senang, salam lestari salam Dongengtravel jangan lupa follow instagram gue, linknya ada di samping website ini.