Blusukan : Main ke Curug, Hinggap ke Store EIGER sampai Dinner Kekinian di Kapulaga

Selama ini emang udah ada niatan buat ngajak satu keluarga kecil gue yaitu nyokap, bokap sama adek buat jalan-jalan. Tapi kendala biaya dan waktu yang belum bisa mengabulkan keinginan gue ini. Sukurlah, gue ada rejeki lebih yang bisa gue sisihin buat ngajak mereka semua jalan-jalan dan bersukurnya lagi waktunya juga tepat.

Bukan ke luar negeri, bukan juga ke tempat wisata domestik terkenal kaya Bali yang bisa gue kasih. Melainkan hanya jalan jalan di Bandung, Jawa Barat aja. Masih dengan edisi yang sama dengan judul artikel sebelumnya yaitu “Berwisata Kuliner di Bandung yang Melegenda dan Bikin Kangen”.  Mumpung gue dan keluarga pasti pulang ke Bandung buat jenguk nenek di sana kenapa gak sekalian aja gue ajak jalan jalan di Bandung.

Akhirnya sebelum liburan itu gue izin cuti ke kantor, bukan Cuma itu gue juga sok bikin itinerary perjalanan sendiri berbekal Tanya sama mbah Google hahahaha…

Banyak banget tempat wisata di Bandung yang lagi naik daun, terutama di daerah Lembang. Tapi karena libur di Bandung saat lebaran dan ditambah juga libur sekolah, pasti macet banget daerah Lembang. Jadi gue memutuskan untuk menghindari daerah sana.

Akhirnya gue milih beberapa curug yang derahnya saling berdekatan, yaitu Curug Cimahi (Curug Pelangi), Curug Tilu Leuwi Opat, dan Curug Bugbrug.

Dimulainya Wisata Alam di Bandung

Karena jarak dari rumah nenek gue ke Curug itu lumayan jauh, jadinya kita berangkat jam 8 pagi ya lumayan pagi buat jam bangun gue di waktu liburan hehehe. Untungnya rumah kita deket banget sama pintu tol, dan kenapa enggak kita lewat tol aja. Lumayan bisa menghemat waktu juga daripada lewat jalan biasa.

Masuk tol Moh. Toha keluar di Padalang/Cianjur/Sukabumi (maaf kalo salah, nanti gue kasih mapsnya aja deh ya). Lanjut menuju Jl. Kolonel Masturi perjalanan cukup panjang dan menanjak, pokoknya 3 curug ini deket banget sama Dusun Bambu yang lagi hits itu.

Tujuan awal jalan jalan di Bandung ini adalah ke Curug Cimahi atau terkenal juga dengan nama Curug Pelangi. Tapi ternyata pas kita lewat depan loketnya, waduh! Rame banget banget banget (3x pengulangan). Menurut gue wajar karena ya tempat ini yang paling di expose sih, dan ini tempat paling terkenal disini.

Ada untungnya banget deh gue bikin itinerary sebelum jalan, jadi gue punya rencana cadangan kan sayang udah jauh – jauh ke sini tapi gagal. Berarti tinggal 2 opsi tempat tersisa, Curug Bugbrug atau Curug Tilu Leuwi Opat. Berbekal info dari warga setempat ternyata curug Bugbrug itu lagi ditutup, yaudahlah sisa opsi terakhir kita ke Curug Tilu Leuwi Opat.

Lokasinya sangat gak jauh dari loket masuk Curug Cimahi tinggal lurus sedikit nanti ada belokan kekiri dengan tulisan Ciwangun Indah Camp, Jangan sampai kelewatan ya! Dari pintu masuk ini lo udah diharuskan bayar, gak mahal sih 2 tau 3 Ribu gitu gue lupa yang pasti gak mahal deh.

Dari pintu masuk itu lumayan jauh kita jalannya (sebenernya gak jalan sih, tapi naik mobil) dan ternyata curug Bugbrug pun berada di lokasi jalan yang sama dengan Curug Tilu Leuwi Opat.

Akhirnya sampailah kita di Wana Wisata Curug Tilu Leuwi Opat, ini adalah tempat wisata outbound yang lengkap kalo menurut gue sih. Kalian bisa berkemah, bermain air di sungai, jalan ke curug, santai di saung dan lain-lain.

curug tilu leuwi opat satu

curug tilu leuwi opat jalan jalan ke bandung

Gak salah gue pilih tempat ini, pas gue dateng masih sepi banget kendaraan yang parkir. Beda sama curug Cimahi sebelumnya, dan yang paling penting banyak spot kece buat di jelajahi di sini (baca terus biar tau ada apa aja). Sebelum itu jangan lupa buat bayar tiket masuknya dulu ya Rp10.000/orang.

Setelah ini kita juga main ke EIGER store dan dinner kece ke Kapulaga langsung KLIK aja

gambar marka jalan

Gak jauh dari pintu masuk jalan udah dibagi dua, kalo mau ke curug Tilu nya bisa ambil kanan (gue gak kesana hiks). Akhirnya gue sama keluarga memilih jalan turun ke bawah, ada apa aja di bawah? Setelah kita menuruni tangga, lo akan ketemu sama playground yang pastinya membuat hati anak-anak menjadi senang.

jalan jalan di bandung wisata alam
Playground
curug tilu leuwi opat mini
Curug Mini

Di sini juga banyak banget pondokan pondokan yang bisa dipakai jika kalian bersama keluarga besar, bisa buat tempat menunggu, dan makan. Oke setelah dari playground, kita menuju kebawah lagi karena gue denger suara air dari bawah sana.. yuk kita jalan lewatin lorong baru alami ini.

pondokan di curug tilu leuwi opat
Pondokan yang bisa dipakai istirahat
lorong batu alami
jalan menuju surga sesungguhnya

Semakin kebawah, kalian akan bertemu dengan leuwi (sungai) entah sungai yang keberapa hehehe. Di sini ada kolam alami yang keliatannya gak begitu dalam, soalnya pas gue dateng lagi banyak anak-anak main sama pelampung unicorn yang lagi hits di Instagram itu. Air kolam tersebut berasal dari aliran curug di atasnya.

kesenangan

curug di bandung

Oke, kita telusuri lebih dalam lagi dan ngikutin aliran sungai ternyata ada 1 curug bagus banget kalo menurut gue. Ini bukan curug yang tilunya tapi kata orang yang jaga di sana, curug ini lah yang punya pemandangan paling bagus.

leuwi opat
segerrr

Karena curug ini posisinya paling atas, makanya kita butuh tangga buat naik kesana untung aja ini tempat wisata kalau di hutan kita harus manjat deh. Buat naik tangganya kita harus bayar Rp10.000/orang, menurut gue gpp karena terbayar dengan indahnya curug ini. Kalo gak percaya lo bisa liat salah satu postingan instagram gue di bawah.

Untuk wisata alam di Bandung kali ini gue gak terlalu lama, abis liat curug yang keren itu kita turun dan menghabiskan waktu di warung dekat pintu masuk Wana Wisata Curug Tilu Leuwi Opat. Sebenernya rada nyesel sih, kita gak ke curug tilunya yang berjarak 2 Km dari pecahan jalan yang gue jelasin di awal. Alesan pertama sih waktu, karena nanti sore menjelang malam kita akan kumpul makan keluarga besar di Kapulaga. Salah satu resto yang gak kalah keren tempatnya (baca sampai akhir yaa!). Gue pasti balik lagi ke tempat ini buat explore lebih jauh..

Mampir di EIGER Store, dan Makan Malam di Kapulaga

Setelah selesai dengan wisata alam di Bandung, saatnya kita kembali lagi ke kota Bandung. Ada satu tempat yang pengen banget gue liat dan datengin langsung. Bukan taman kota, bukan juga bangunan sejarah. Melaikan sebuah store dari brand outdoor terkenal di Bandung.

Kenapa harus kesana gitu?? Alesannya lucu sih, karena gue sempet liat tempat ini pas EIGER bikin Web series Ramadhan yang judulnya “DUNIA DALAM KITA” buat yang belom nonton, lo bisa langsung nonton aja di chanelnya EIGER

eiger flagship store

EIGER Flagship Store

Lokasi: Jl. Sumatera No.23, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Direction

Gue gak di bayar sepersenpun buat ngomong kaya gini, tapi store EIGER yang ada di jalan Sumatra ini luar biasa bagusnya, lengkap, bersih, punya ciri khas, bukan Cuma itu di sini juga ada EIGER Coffee (baru tau gue EIGER bikin kopi) yang gak kalah enak dari merk luar! Okay … tadinya niat Cuma mau main dan liat storenya doang eh malah belanja juga sial! Hahaha

eiger store
(photo doc : http://wiranurmansyah.com)
eiger stor bandung
Sekarang logonya udah ganti (photo doc : http://wiranurmansyah.com)

Ya lumayan lama kali ya kita di store EIGER, gue gak ambil foto sama sekali karena kamera gue tinggal di mobil dan gue emang gak kepikiran buat ulasan detail tentang store ini. Setelah itu gue sama keluarga balik dulu ke rumah nenek buat jemput sodara yang lain untuk selanjutnya kita pergi ke Kapulaga untuk makan malam.

Hasil browsing di Google ternyata resto Kapulaga ini baru loh, baru tahun 2016 launchingnya. Lokasinya berada di Jl. Dayang Sumbing, untuk lokasi sih pas banget untuk resto dengan konsep seperti ini. Sejuk, itu dia kesan pertama gue sampe di Resto Kapulaga Bandung dan emang sejuk banget kok bikin kangen mau main lagi ke sini *asaldibayarin.

parkiran kapulaga bandung

kapulaga lignhting

Awal masuk disambut dengan susunan meja dan bangku selayaknya resto seperti biasa. Apasih yang bikin beda? Yuk kita lihat ke halaman belakangnya dan wihh keren banget kan? Ada mainan anak, rooftop cantik dengan atap tembus pandang. Kebayang gak sih pacaran disini malem minggu udara sejuk pula,, haduh~

kapulaga bandung
backyard di siang hari
rooftop
(Photo doc : foodgallerybdg.com)
rooftopkapulaga

Kita balik dulu deh yuk kedalem buat makan, oia gue lupa kasih tau nih kalo gue sama keluarga besar ini makan dengan cara liwetan hehehe biar gak kalah dong sama anak-anak jaman sekarang. Hamparan daun, nasi serta lauk pauknya udah siap disusun di atas meja kita nih.

Saatnya kita makan!!

liwetan

Kenyang dan selesai urusan dengan makanan, saatnya kita menurunkan isi perut dengan jalan-jalan lagi sedikit ke halaman belakang. Gue yakin pasti kalo malem makin keren dan bikin suasana lebih romantis, dan ternyata bener aja tuh hiasan lampu membuat suasana makin syahdu *cie.

romantisme kapulaga

Lengkap deh udah jalan jalan di Bandung gue ngajak keluarga saat liburan lebaran kali ini. Alhamdulillah jalan jalan di Bandung berakhir dengan manis, terus wisata kuliner legendarisnya juga udah, main ke EIGER store juga kesampean, makan di tempat kece kaya Kapulaga ini juga kesampean. Alhamdulillah..

Sekian aja sharing di Dongengtravel kali ini, semoga bisa jadi bahan informasi menarik buat lo semua.

Jangan lupa bantu share artikel ini jika menurut kalian info ini berguna, dan ceritanya menarik.

Salam Dongengtravel

Comments

1. Evi

Senangnya liburan bersama keluarga ke Bandung. Main ke Curuq, belanja sampai makan-makan. Dan makan Bancakan ala nasi liwet bersama keluarga seperti ini Tentunya seru banget. Makan sambil berinteraksi lebih dekat

2. Gara

Wah, Curug Cimahi! Itu kalau saya tidak salah yang anak tangganya sekitar lima ratusan itu, ya? Kalau iya, berarti saya sudah pernah ke sana, dan perjuangannya memang banget-banget sih, wkwk. Buat dua curug yang lain, terima kasih banyak, nanti saya masukkan dalam daftar kunjungan kalau kebetulan ke Lembang lagi, hehe. Wkwk, ternyata toko Eiger itu yang terkenal ya… kemarin saya ke sana tapi tidak tahu apa-apa. Memang tokonya lebih besar sih dari Eiger pada umumnya, hehe. Siplah, terima kasih buat rekomendasi lokasinya, memang selalu saja ada tempat di Bandung yang terlewatkan!

Dongengtravel

waduh kurang tau deh tuh kalau curug Cimahi hahaha tapi kayanya sih iya karena harus turun ke bawah gitu sih, gak sempet kesana karena ramai banget. iya toko EIGER ini paling eye catching sih… sipp sipp mas makasih sudah berkesempatan hadir