Gunung Lembu Purwakarta, Spot Sunrise Indah di Jawa Barat

gunung lembu purwakarta jawa barat

Cerita traveling – Udah ada yang tau belum sama satu gunung ini, gunung yang ada di Purwakarta ini emang jarang banget kedengeran sama para pendaki mainstream. Apatuh pendaki mainstream? ya pendaki dadakan yang maunya naik ke gunung-gunung terkenal doang hahahaha.

Bagi para pencinta alam beneran, gunung ini gak boleh dilewati, kali ini gue berkesempatan meninggalkan #setapakjejak di puncak Gunung Lembu Purwakarta. Kenapa gue naik ke sini ? pertama perjalanan bisa ditempuh di weekend (maklum pekerja) gak perlu ngambil cuti, kedua gunung ini gak tinggi cuma 780 Mdpl, ketiga view yang ditawarkan luar biasa indah.

Lokasi gunung Lembu ini tepatnya berada di kampung Panunggal Desa Panyindang Purwakarta, Jawa Barat. Buat lebih jelasnya gue kasih nih maps nya di bawah :

Cerita dimulai di hari Jumat sekelarnya gue kerja kebetulan emang gue sama tim gue yang ikut jalan kali ini kebanyakan pekerja. Jadi kita sepakat buat ketemu di terminal kampung rambutan jam 10 malam. Selayaknya orang Indonesia pada umumnya, ya jadinya kita telat kumpul di terminal, kita kumpul sekitar jam 11 dan masih nunggu 1 orang lagi.

terminal kampung rambutan

Sialnya bus yang ke Purwakarta itu cuma sampai jam 9 malem terakhir, ya akhirnya kita naik bus yang tujuan Garut tapi lewat jalur Purwakarta. Pertama ditawarin Rp 50.000 sampai ke Purwakarta, akhirnya kita nego-nego deal Rp 30.000 deh buat sampe sana.

Mulai jalan dari terminal jam 12 malam, syukurnya perjalanan lancar jaya sampai keluar tol perjalanan sekitar 3 jam. Tapi sial banget setelah keluar tol, macetnya parah banget sampai jalan itu 20-25 menit sekali. Kita akhirnya memutuskan buat keluar dari bus di Pom bensin gak jauh dari pintu tol. Karena jujur aja macetnya parah, dan AC di bus itu gak hidup jadi panas banget.

Perjalanan ke Gunung Lembu Purwakarta berawal dari pom bensin ini nih cuy tempat kita santai dulu lurusin kaki, ngopi, rebahan, sambil cari ide buat menuju pasar anyar sukatani. Mungkin emang udah kebiasaan juga ya para pendaki yang mau ke gunung Lembu Purwakarta ini istirahat di pom bensin, akhirnya dateng deh akang supir angkot yang nawarin anter jemput pulang pergi dari Pom ke Pos pendaftaran balik lagi ke Pom.

Buat info aja nih, dari Pom ke pasar Sukatani aja udah 10km, dari pasar ke pos pendaftarannya juga 10km jadi emang lumayan jauh. Tapi harga yang ditawarkan si akang ini sedikit mahal untuk kami pada saat itu, dia menawarkan Rp 500.000 untuk transportasi antar jemput. Tim pada saat itu berjumlah 7 orang, dengan biaya 500rb berarti kita harus bayar 71.000/orang. Pikir gue uang segitu bisa ongkos bolak balik Jakarta – Purwakarta.

Akhirnya setalah kita berunding, kita deal aja buat dianter ke Pasar dengan ongkos 15.000/orang sambil berharapan di pasar kita bisa sewa mobil bak sayur yang lebih murah. Benar kata si akang supir angkot kalo perjalanan dari Pom bensin ke pasar itu lumayan jauh ditambah macet juga pada saat itu.

Setelah melewati perjalanan yang lumayan extreme, lawan arah melewati kemacetan yang super kacau, dan dengan pengalaman nyupir si akang yang bisa dibilang ugal ugalan ini akhirnya sampe deh kita di Pasar Sukatani, titik awal menuju pos pendaftaran yang masih jauh itu.

pasar sukatani
sampai pasar subuh (Photo Doc : _pratamadhit)
masjid di pasar sukatani
sholat subuh di masjid pasar (Photo Doc : _pratamadhit)

Karena sampai pasar itu masih jam 5 pagi akhirnya kita sekalian beli logistik pendakian yang kurang, beli air dan sholat subuh bagi yang muslim. Gak lupa juga kita akhirnya sarapan dulu deh di pasar, selesai semua untuk perlengkapan dan perut juga udah ke isi, dan dibekali dengan info dari ibu penjual bubur dan bapak penjual toko kelontong. Kalo misalnya dari pasar ke pos pendaftaran mendingan naik mobil bak sayur aja, paling juga cuma bayar 100rb.

Akhirnya gue dan temen gue cari deh tuh mobil yang bisa buat disewain, emang lagi kurang beruntungnya kita gak dapet satupun mobil. Just info aja buat lo semua yang mau mendaki dan start dari pasar ini, rata-rata mobil bak sayur di pasar ini tuh punya pribadi, dan emang dipake ke pasar untuk bawa sayuran buat dagang (gak bisa disewa).

Akhirnya sedikit keberuntungan menghampiri perjalanan ke Gunung Lembu Purwakarta ini, dengan bantuan warga disana akhirnya kita dapet juga deh tuh mobil dengan biaya 300rb antar jemput dari pasar ke pos balik lagi ke pasar. Cuss akhirnya kita jalan cuy!!! perjalanan dari pasar dimulai jam 9 pagi.

naik mobil untuk pendakian
mobil standard pendakian (Photo Doc : _pratamadhit)

jalur pendakian gunung lembu

perjalanan menuju basecamp pendakian lembu

Perjalanan menuju basecamp itu ngelewatin sawah, hutan bambu, dan rumah warga. Akhirnya setelah menempuh perjalanan yang lumayan panjang dengan jarak 10 km dan waktu kurang lebih 1 jam, akhirnya sampe juga deh di Basecamp pendakian gunung Lembu Purwakarta.

Dalam basecamp ini ada warung juga cuy jadi kalo misalnya kalian malas untuk bawa logistik yang berat dari bawah bisa banget nih beli persediannya di sini. Oh iya buat lo yang mau ngecamp disini kaya gue sama tim gue, lo diwajibin untuk bayar Rp 15.000/orang ya. Oke, karena kita sampe sini udah jam 10 yaudah kita putusin dulu buat istirahat 1 jam baru deh jam 11 kita mulai naik.

selamat datang di gunung lembu
selamat datang (Photo Doc : _pratamadhit)

basecamp gunung lembu puwakarta

jalur pendakian gunung lembu purwakarta
ini dia jalur pendakian gunung Lembu (Photo Doc : _pratamadhit)

Buat pendakian di gunung Lembu ini lo bakalan ngelewatin 3 pos pendakian, dan 2 petilasan. Tekstur tanahnya itu lembek, ya biasalah tanah merah, cenderung licin juga kalo lagi hujan. Dari basecamp ke pos 1 jalurnya lumayan bikin capek karena nanjaknya gak berhenti kemiringan hampir 70 derajat, gunung ini gak bisa lo remehin walaupun pendek.

jalur pendakian Lembu
jalur pendakian menuju pos 1 (Photo Doc : _pratamadhit)
jalur pendakian gunung lembu
(Photo Doc : _pratamadhit)

Setelah ngelewatin hutan bambu dan tanjakan yang gak ada berhentinya akhirnya sampe di Pos 1. Di pos 1 ini lo bakalan dihadapi dengan daerah “lapang kapal”, ada hamock, saung sampe rumah pohon ada di sini. cocok sih jadi tempat istirahat pertama setelah nanjak. Pemandangan di rumah pohonnya juga indah, pokoknya cocok deh buat peristirahatan sementara.

hamock di pos 1
santai di pos 1 (Photo Doc : _pratamadhit)
pos 1 gunung lembu
view yg bisa di lihat dari pos 1 (Photo Doc : _pratamadhit)
rumah pohon gunung lembu
dari atas rumah pohon

Gak lama kita istirahat di pos 1 kita melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Lembu Purwakarta. Perjalanan menuju pos 2 gak jauh beda sama jalur pendakian ke pos 1 sebelumnya. Tanjakan masih menghantui kita selama pendakian, cuma bedanya jalur pendakian Gunung Lembu menuju pos 2 ini hutannya sudah sedikit rapat, bukan hutan bambu lagi.

Pos 2 nih deket bgt sama petilasan Mbah Jongrang Kalapitung, fyi tulisan papan pos 2 ini gak terlalu keliatan menurut gue. Jadi tanda buat lo semua yang mau ngedaki Gunung Lembu ini ya petilasan Mbah Jongrang aja, kalo lo udah lewatin berarti ya lo udah ngelewatin Pos 2.

jalur menuju pos 2
hutan lebih rapat di jalur menuju pos 2 (Photo Doc : _pratamadhit)
petilasan pos 2 gunung lembu
petilasan adalah tanda lo udah di pos 2

Perjalanan dilanjutkan tanpa istirahat di Pos 2, perjalanan menuju pos 3 ini lebih santai menurut gue dibanding jalur pendakian gunung lembu sebelumnya. Gak butuh waktu lama untuk kita buat sampe di Pos 3 ini, lo juga bakal nemuin petilasan kedua yang posisinya gak jauh dari Pos 3 yaitu petilasan Mbah Raden Surya Kencana.

Di perjalanan kita dari pos 3 ke puncak kita ketemu sama anjing liar, sebenernya bukan anjing liar juga sih. Mungkin milik salah satu penduduk desa setempat yang kebetulan lagi main ke atas, yaudah deh temen gue kasih makan jadinya dia ikut nemenin kita ke puncak hahaha gapapa deh hitung-hitung biar kaya di luar negeri gitu.

pos 3 gunung lembu
petilasan ke 2 ini berarti lo udah di pos 3 (Photo Doc : _pratamadhit)
puncak lembu sedikit lagi
udah mau sampe puncaknya (Photo Doc : _pratamadhit)

Puncak udah deket banget dari Pos 3, gak lama jalan kita udah sampe deh di Puncak gunung Lembu Purwakarta. Oh iya, di gunung ini masih banyak banget loh monyet hutan liar jadi hati hati bawa logistiknya ya, mereka sih gak akan nyerang kita kok. Kalo kita gak usik mereka juga gak akan kok ganggu kita, tapi waspada aja misalnya bawa logistik.

Nah dari puncak untuk ke batu lembunya lo harus turun lagi sedikit, jaraknya sekitar 100 meter deh dari puncak untuk ke batu. Kita sih udah rundingan buat bangun tenda di puncak aja, karena puncak gunung ini gak terbuka cuy. Puncak gunung ini ketutupan hutan jadi aman buat ngecamp disini.

puncak gunung lembu

nenda di puncak gunung lembu
Camp di Puncak Gunung Lembu
puncak gunung lembu
camp di puncak gunung lembu (Photo Doc : _pratamadhit)

Bangun tenda, makan, istirahat baru deh malemnya kita turun ke Batu lembunya buat ngeliat city view di malam hari. Alhamdulillah cuaca cerah di malam hari gak ujan sama sekali jadi bintang dan lampu kota kelihatan jelas banget nih dari atas Batu Lembu, indah banget cuy.

Nih lo nikmatin aja fotonya :

batu lembu purwakarta
(Photo Doc : _pratamadhit)
Batu lembu city view
City View di Batu Lembu

Kurang beruntung kita gak bisa liat Milkyway di sini. Tapi semuanya terbayar lunas dengan sunrise indah dari Batu Lembu.

sunrise di gunung lembu
(Photo Doc : _pratamadhit)
gunung lembu purwakarta
(Photo Doc : _pratamadhit)
fajar sunrise di gunung lembu
(Photo Doc : _pratamadhit)

Udah 2 hari 1 malam kita ngabisin waktu di gunung ini, indah banget pemandangan yang di suguhkan dari atas sini. Setelah puas kita liat sunrise, balik ke camp, langsung packing dan turun itu sekitar jam 8 pagi kalo gak salah.

Ya perjalanan kebawah sih gak ada yang special, cukup artikel pengalaman gue main ke Gunung Lembu Purwakarta yang keren ini. Sanagat rekomen banget buat lo yang mau main kesini, mau camp atau pulang pergi juga bisa, jalurnya bersahabat juga kalo lo mau ajak keluarga.

Keep this place clean ya, jangan rusak alam kita dan jangan tinggalin sampah lo, sayang juga nanti habitat monyet liar di sini keganggu.

ini gue ada rangkuman biaya perjalanan ke gunung Lembu Purwakarta :

Biaya ke Gunung Lembu Purwakarta

  • Bus Jakarta – Purwakarta Rp 30.000/orang
  • Angkot ke Pasar Sukatani Rp 15.000/orang
  • Mobil Kolbak Pasa Sukatani – Basecamp – Pasar Rp 42.000/orang
  • Bus Purwakarta – Jakarta Rp 40.000/orang
  • Uang Simaksi Rp 15.000/orang
  • Logistik Rp 17.000/orang
  • Parkir motor di terminal Kp. Rambutan Rp 20.000

TOTAL Rp 139.000 (diluar uang jajan pribadi)

Sekian terimakasih, sampai jumpa di artikel pengalaman perjalanan selanjutnya, semoga bisa jadi referensi perjalanan kalian.

Comments

  1. Lianawati

    Hi Mas Adhit, makasih buat artikel menariknya!
    Jadi kepengen buat naik gunung haha

    Eh iya, kalau ada waktu, boleh mampir ke blog gue juga ya.

    Cheers!
    ceritaliana.wordpress.com

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  2. bare wall

    Attractive portion of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital to
    assert that I acquire actually loved account your blog posts.
    Anyway I’ll be subscribing in your augment or even I success you access persistently rapidly.

  3. Pingback: Cerita Perjalanan ke Gunung Papandayan Garut - Episode 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *