STOP! Jangan Bawa Anak ke Mall Kalau Masih Ada Playground di Jakarta

tempat bermain anak di kemang

Cerita Traveling – Perkembangan teknologi dan pembangunan di Jakarta kayanya udah mulai menggusur sedikit ruang bermain buat anak-anak Jakarta. Emang gue akuin banget kalo salah satu kendala yang dihadapi keluarga kecil di Jakarta, khususnya buat keluarga yang punya anak umur 3-7 tahun adalah tempat main anak di Jakarta. Sekalinya ada ruang public yang luas, eh malah kotor, atau lebih parahnya lagi fasilitas bermain anak-anak nya gak dijaga.

Yaa gue sih emang belom punya keluarga, soon to be lah hahaha.. tapi gue termasuk orang yang prihatin banget buat perkembangan anak-anak di Jakarta. Gak tau sih di Jakarta aja atau di seluruh kota besar di Indonesia perkembangan anak udah seperti itu. Sekarang tuh anak-anak udah dimanjain banget sama gadget, main game di Hp, Pc, atau tablet.

anak era digital
Cara bermain anak sekarang (Photo Doc : Pinterest)

Awalnya sih emang mungkin orang tuanya aja yang gak mau ribet, jadi kalo anaknya rewel mulai kasih gadget. Lebih parahnya lagi malah udah dibeliin untuk pemakaian pribadi si anak.

Entah kenapa ya? Anak tuh butuh banget loh interaksi di luar ruangan, lari-larian, bermain sama banyak teman sebayanya. Gue inget banget, bahagia banget gue bisa main keliling diluar rumah bareng sama temen-temen sebaya gue waktu masih kecil.

Cuma permasalahannya adalah banyak banget orang tua yang takut atau gak mau ribet gitu, terlalu mengekang perkembangan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan teman-teman sebayanya. Tapi tenang aja, gue punya tempat main anak di Jakarta yang menarik, bagus, dan cocok banget buat kalian yang udah punya keluarga kecil.

 

Today Quotes!

“Once you bring kid into the world, it’s not about you anymore – Tony Gaskins”

Click to Tweet

 

Bermula dari ajakan untuk ngajak keponakan gue buat main ke playground di Jakarta, kenapa Jakarta? Karena emang waktunya mepet dan gak mau jauh jauh juga. Yaudah deh gue cari info mengenai playground di Jakarta. Ada sih gue nemu beberapa, tapi yang paling menarik ya tempat ini.

the playground kemang jakarta
Nih dia tempatnya (Photo Doc : _pratamadhit)

Akhirnya oke deh kita menetapkan Playground Kemang sebagai tujuan. Gue sih awalnya jujur kurang begitu tertarik lihat gambarnya di Google. Kalo ada yang mau tau posisi si Playground Kemang lengkapnya di :

 

The Playground Kemang

  • Lokasi : Jalan Kemang Dalam III No. 6, RT. 4 / RW. 3, Bangka, Mampang Prapatan.
  • Jam Operasi : 08:00 – 18:00
  • Harga : Rp 75.000/1 anak dan 2 orang dewasa

Maps

 

Lokasi dari playground ini emang sedikit ngumpet, lebih tepatnya masuk ke dalam komplek, tapi buat gue sih gak susah ya, jalannya juga muat dimasukin mobil juga kok, jadi aman kalo mau bawa mobil kesini.

Dari luar kaya rumah biasa, gue kira juga kecil tempatnya ehh tapi pas masuk hemmm gede kok tapi gak gede-gede banget. Sudah sangat cukup buat anak-anak lari-larian, main sana sini. Harga tiket masuknya adalah Rp75.000/anak dan 2 orang dewasa yang mendampingi. Kalo pada bingung, maksud gue itu harganya hanya dibebankan untuk si anak aja, jadi kalo lo berdua dan 1 anak kecil ya cukup bayar Rp75.000 aja, murah kan?

Fasilitasnya juga lengkap banget di sini, mulai dari permainan pasir, permainan anak yang alasnya dilapisi karet jadi kalau anak anda jatuh tidak terbentur keras, masih terhitung aman dan memang standar internasional, selain itu juga ada kuda”an, jungkat jungkit, perosotan.

playground di jakarta

tempat bermain anak di jakarta
Dilapisi karpet karet agar aman (Photo Doc : _pratamadhit)
tempat anak di jakarta
(Photo Doc : Theplaygroundkemang)

Salah satu yang bikin gue cukup tercengang adalah adanya arena permainan basah untuk anak-anak. Bukan kolam renang ya, tetapi hanya tempat bermain yang dilengkapi dengan pancuran dan kolam kolam kecil, pokoknya si kecil bakalan seneng deh main di sana.

tempat bermain air di playground kemang
Water Spot (Photo Doc : _pratamadhit)
pratama adhitya
(Photo Doc : _pratamadhit)

Ini salah satu yang menurut gue gak boleh di lewatin, dan dijamin si kecil bakalan suka deh, yaitu flying fox, iya disana ada juga loh flying fox yang pastinya kecil ya, tapi cukup pastinya sih untuk si kecil buat ngerasain sensasinya flying fox.

Kalo kalian sudah lapar, di sana juga ada menyediakan tempat makan buat mengisi kekosongan perut anda maupun si kecil. Gue sih gak terlalu tau juga harga dan menu apa aja yang di sediain disana, tapi yang pasti untuk makanan, berat, ringan, dan minuman lengkap deh disajikan disana.

buat acara di playground kemang
Pas banget lagi ada acara di sini

Kesimpulannya dari pejalanan gue sama keponakan gue ini, gue cukup senang karena ternyata di Jakarta pun ada tempat yang menunjang kebahagian anak dengan harga terjangkau. Menurut gue justru para pelaku bisnis perbanyaklah tempat seperti ini, jangan hanya mall aja di perbanyak.

Apa maknanya kita ajak anak kita ke mall? Pelajaran apa yang bisa didapat? Kalau kita ajak anak kita ke Playground di Jakarta ini, anak akan senang berinteraksi dan bermain dengan teman-teman sebayanya.

Semoga artikel gue tentang salah satu playground di Jakarta ini bisa membantu kalian di luar sana yang memiliki keluarga kecil, dan bingung mau ajak anak kalian kemana.

So enjoy, please share dan comment di kolom bawah ini kalau kalian menganggap artikel ini bermanfaat.

Terimakasih

Comments

  1. Pingback: Yes! Seharian bisa ke Banyak Tempat Wisata Semarang ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *