Yes! Seharian bisa ke Banyak Tempat Wisata Semarang ini

kelenteng utama

Tempat wisata Semarang – Halo semua, di artikel traveling kali ini gue mau ceritain pengalaman gue wisata Semarang. Pengalaman yang mungkin bisa jadi referensi kalian juga nih kalo ke Semarang. Main ke tempat-tempat ini gue lakuin Cuma dengan 1 hari dan tempat yang gue datengin pastinya bagus-bagus. One day trip dadakan ini sebenernya karena gak sengaja sih.

Jadi certianya gue beruntung punya kesempatan dinas ke Semarang, tapi waktunya mepet banget nih Cuma 2 hari 1 malem doang. Jadi gue berangkat dari Jakarta itu Jumat subuh dan sampai di semarang Jumat Pagi jam 9 nan kalo gue gak salah.

Sedangkan acaranya itu baru dimulai besok siang, singkat cerita gue sama temen gue mutusin buat jalan-jalan seharian dah. Jadilah itinerary dadakan trip satu hari di Semarang. Kemana aja kita?

Yuk langsung kita let’s go…bruummm

 

Kota Lama Semarang

Berbekal pinjaman motor dari teman kita di Sana, dan hasil rekomendasinya akhirnya kita putuskan yang menjadi tujuan pertama wisata Semarang kita adalah Kota Lama. Kenapa kota Lama Semarang? Karena dekat dengan kantor cabang kita di Semarang.

Ada apa aja sih di Kota lama? Kenapa dinamakan kota lama?

Awalnya juga gue bingung, di otak gue kota lama Semarang itu adalah sebuah destinasi wisata. Paham gak maksud nya? “Destinasi” yang gue maksud itu kaya “satu tempat” gitu. Ternyata bukan, kota lama ini sebuah wilayah yang didalamnya masih banyak bangunan tua bekas peninggalan zaman penjajahan dulu.

kota lama semarang
Sudut jalan kota lama (Photo Doc : _pratamadhit)
kota lama di semarang
(Photo Doc : _pratamadhit)
sudut bangunan di kota tua
Sudut bangunan kota tua di kota lama

Buat lo yang tau, wilayah ini mirip banget sama wilayah “Kota tua” di Jakarta. Mungkin itu kenapa wilayah ini dinamakan Kota Lama, yak karena kalo lo main kesini seakan-akan lo masuk ke mesin waktu dan balik lagi ke tahun 1930-1950an gitu. Bangunannya masih asli belum mengalami renovasi bentuk ke bangunan modern.

Gereja GPIB Immanuel
Gereja GPIB Immanuel dengan atap perunggunya (Photo Doc : _pratamadhit)

Di tempat wisata Semarang pertama kita ini emang pusat perhatiannya adalah bangunan tua yang masih dengan bentuk aslinya. Salah satu ikon bangunan di sini adalah Gereja Blenduk, atau nama aslinya adalah Gereja GPIB Immanuel sstt kabarnya kubah dari gereja ini dilapisi perunggu loh. Gak Cuma bangunan aja, disini juga banyak resto-resto dengan konsep asik buat lo datengin.

Selesai foto-foto disini, kita lanjut aja yuk ke tempat wisata Semarang yang lainnya

 

Lawang Sewu

Bisa dibilang, belum ke Semarang kalau gak mampir ke tempat yang satu ini. Selain terkenal dengan ke”angkeran” tempat ini, ternyata Lawang Sewu menyimpan banyak keindahan yang sangat luara biasa buat gue. Jaranknya juga gak jauh dari kota lama, mau bukti nih liat aja maps dibawah sini.

Sekitar 15 menit dari kota lama bermodalkan Waze dan bismillah, akhirnya sampai juga ke tempat wisata Semarang yang satu ini. Parkir motor persis disamping Lawang Sewu, kita hanya jalan sedikit menuju ke pintu masuk dan membayar uang masuk sebesar Rp 10.000.

tiket masuk lawang sewu tempat wisata semarang
Ini adalah foto tiket masuknya yang gue bawa pulang ke Jakarta (Photo Doc : _pratamadhit)
lawang sewu semarang
Sang Legendaris (Photo Doc : _Pratamadhit)

Selamat datang di Lawang Sewu, buat kalian yang belum tau nih tempat tuh setelah merdeka dipakai  sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang kita mengenalnya dengan PT.KAI. Makanya gak heran banyak sejarah dan gerbong kereta api tua disini. Tapi kenapa lebih dikenal dengan dengan sebutan Lawang Sewu? Nah itu adalah istilah jawa yang artinya 1000 pintu, karena emang disini tuh pintunya buanyakkk banget!

halaman lawang sewu
Halaman luas Lawang Sewu (Photo Doc : _pratamadhit)
spot foto di lawang sewu
Salah satu spot foto favorit di dalam lawang sewu
seribu pintu lawang sewu
ini dia alasan kenapa diberi nama Lawang Sewu “Seribu Pintu” (Photo Doc : _pratamadhit)

Pokoknya lo gak akan rugi deh, karena banyak banget yang bisa lo lihat dan lo pelajari dari tempat wisata Semarang yang satu ini, selain itu bangunannya yang khas akan jadi daya tarik tersendiri bahkan bagi warga lokal.

lawang sewu dari atas

lorong lawang sewu
(Photo Doc : _pratamadhit)

*psst.. disini juga ada ruang bawah tanah loh, yang konon dulu dipakai oleh tentara Jepang untuk membantai para pemuda Semarang.

Oke, gue gak akan terlalu dalam ngebahas Lawang Sewu karena kita masih punya tempat selanjutnya.. yuk let’s go

 

Sam Poo Kong

Kali ini perjalanan sedikit menanjak, ya gak jauh sih dari Lawang Sewu. Kesan pertama gue pas sampe disini adalah, gila! Berasa balik ke era dynasty di Cina. Suasananya tuh kental banget, berasa lo lagi di Cina, padahal mah di Semarang.

sam poo kong semarang
(Photo Doc : _pratamadhit)

patung di sam poo kong

pintu gerbang sam poo kong
(Photo Doc : _pratamadhit)

Cukup dengan membayar uang sebesar Rp5000 lo udah bisa ngerasain sensasi berbeda dari Semarang. Bangunan klenteng megah dan kokoh menghiasi komplek Sam Poo Kong. Komplek ini terdiri atas beberapa anjungan yaitu Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat lainnya (Kyai Juru Mudi, Kayai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng).

kelenteng utama
Kelenteng utama dan Goa
goa sam poo kong
(Photo Doc : _pratamadhit)

Klenteng Besar dan gua adalah bangunan yang sangat penting dan menjadi pusat seluruh kegiatan pemujaan. Jujur nih, kalo buat gue dateng ke tempat kaya gini itu bikin mat ague kebuka, jarang banget gue masuk ke tempat kaya gini. Indah dan banyak juga spot foto keren nya hahaha

Info : Sebenarnya Sam Poo Kong merupakan petilasan, tempat bersinggahnya Zheng He/Cheng Ho Laksamana asal Tiongkok pertama yang beragama Islam.

Kayanya 1 jam kurang deh buat lo ngabisin waktu dan eksplore lebih dalam tempat wisata Semarang yang satu ini, tapi berhubung masih ada tempat satu lagi.

Mari kita lanjut

 

Vihara Buddhagaya Watugong

Perjalanan ke tempat selanjutnya ini semakin menanjak, tempatnya lebih ke dataran tinggi lagi. Tepat wisata Semarang yang satu ini namanya Vihara Buddhagaya Watugong. Lokasinya berada persis depan markas Kodam IV/Diponogoro.

Sukurnya selama perjalanan kesini tuh gak macet, dan motor matic pinjeman temen pun tidak bermasalah. Sesampainya di Vihara ini juga keadaannya lagi sepi banget, seinget gue sih kita gak keluar uang sama sekali ya buat masuk ke tempat ini.

pagoda semarang
Pagoda tertinggi di Indonesia (Photo Doc : _pratamadhit)

Info: dengan tinggi Pagoda Avalokitesvara yang mencapai 45 meter, menjadikan pagoda ini sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Pertamakali masuk kedalam komplek vihara ini, lo bakalan disambut dengan Watugong. Watugong adalah sebuah batu alam asli yang bentuknya menyerupai gong, dan sampai sekarang nama tersebut digunakan sebagai nama kawasan disekitaran vihara.

pagoda di semarang
(Photo Doc : _pratamadhit)

Kalau kalian naik ke dalam pagodanya kalian bisa melihat patung Dewi Kwan Im besar didalamnya tingginya mencapai 5 meter. Banyak bangunan di komplek vihara ini dan gue gak tau namanya apa aja. Tapi gue bisa pastiin dengan arsitektur bangunannya yang megah, dan perpaduan kentalnya etnik tiongkok dengan Thailand menjadikan Vihara ini sebagai penutup perjalanan manis satu hari keliling Semarang.

patung Dewi Kwan Im besar
Dewi Kwan Im

patung budhha di pagoda

Ada spot unik menurut gue disini, tepatnya di depan pagoda. Ada satu pohon besar banget menyambut kalian. Dibawahnya itu ada patung Buddha kokoh duduk bersila, ternyata ini adalah pohon bodhi namanya. Pohon ini udah ditanam semenjak vihara ini dibangun, yaitu pada tahun 1955. Gokil Sob!!

pohon bodhi
Pohon Bodhi yang ditanam tahun 1955

tempat wisata di semarang

Nah, mungkin segitu aja pengalaman yang bisa gue share buat perjalanan 1 hari di Semarang. Gue bisa datengin 4 tempat ikonik dan keren di Semarang, mungkin kalo misalnya setelah pulang dari vihara gak hujan, gue bisa mampir ke masjid Agung Semarang yang gak kalah keren. Sayangnya gak bisa, mungkin next trip kali ya.

Nih dia, Itinerary One Day Tour di Semarang Dari Gue

  • Kota Lama
  • Lawang Sewu
  • Sam Poo Kong
  • Vihara Buddhagaya Watugong
  • Masjid Agung Semarang (Optional)

Mau? bisa download itinerary lengkapnya di sini :

Download

Gimana dengan lo? Yuk share cerita perjalanan satu hari kalian di kolom komen dibawah.

Jangan lupa bantu share kalo artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Comments

  1. Lianawati

    Gila, keren banget cerita lo mas! Haha
    Kita keluar duit tau, cuma 10rb kalo gue ga salah.
    Itupun cuma buat bayar parkir, kita kan nitip motor di sana dan gue numpang charge hp haha

    Semoga besok2 bisa dinas luat kota lagi, amin

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  2. Pingback: Jangan Ngaku Petualang Indonesia Sebelum Main ke Wisata Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *