Berwisata Kuliner di Bandung yang Melegenda dan Bikin Kangen

Travel Kuliner – Untuk melepas stress sama padatnya kerjaan di Jakarta dan gumparan asap kendaraannya, liburan ke Bandung emang cocok banget deh. Jadi ceritanya gue pulang kampung nih pas lebaran kemarin tgl 25 Juni, emang udah rutinitas sih gue jenguk nenek di Bandung kalo lebaran.

Tapi kali ini sedikit berbeda, akhirnya kesampean juga sekalian ngajak keluarga jalan-jalan pake hasil kerja keras jadi “budak perusahaan”. Hari pertama gue jadwalin buat jalan-jalan kuliner di Bandung aja dulu, sebelum besoknya kita bercumbu dengan alamnya yang dingin dan selalu bikin kangen.

Oke langsung aja kita mulai kuliner di Bandung

casio kece
udah siang nih, cus yuk ah!

Siang hari langsung cus dari rumah nenek buat makan Mie Kocok, buat temen-temen semua yang gak tau mie kocok. Mie kocok itu adalah sajian mie kuning khas kota Bandung, yang dibalur dengan kuah kaldu sapi kental dan ditambahkan dengan irisan kikil. Kok namanya mie kocok sih? Kenapa gak mie kaldu? Ya karena buat mie nya itu di kocok – kocok kedalam wadah air panas mendidih.

Kalo lo pada mau kuliner di Bandung harus banget deh buat cobain yang namanya Mie Kocok ini. Banyak sih yang pastinya ngejual mie kocok di sekitaran Bandung. Tapi yaa pastinya gak semuanya enak, nah! Salah satu tempat yang gue datengin ini adalah langganan gue sama keluarga gue dari jaman dulu.

 

Mih Kocok Mang Dadeng

Yes kuliner di Bandung pertama yang gue datengin itu namanya Mih Kocok Mang Dadeng. Gak ada yang tau pasti kapan Mih Kocok Mang Dadeng ini membuka tempat dagangnya di Jl.Banteng no.67 atau sekarang bernama Jl.Ahmad Dahlan ini, yang jelas mah udah bangkotan banget deh.

mih kocok mang dadeng

tempat masak mih kocok mang dadeng

 

Yang membuat mie kocok ini enak adalah kuahnya yang dicampurkan dengan banyak rempah rempah, gak heran kenapa Mih Kocok Mang Dadeng ini begitu legendaris hingga saat ini. Kalo lo gak percaya dateng deh langsung ke tempat ini di saat liburan, atau weekend. Dijamin deh lo bakalan ngantri lama buat ngerasain sensasi nikmatnya mie ini.

Dulu waktu pertama-tama gue kesini sih tempatnya masih kecil banget cuy, sekarang gue kaget pas main kesana. Udah semakin meluas dan sudah di sponsori salah satu minuman terkenal. Sekarang kita bahas untuk mie kocoknya. Menurut gue tempat ini emang cocok deh buat dijadiin tujuan kuliner di Bandung kalian pertama kali.

Kenapa?

mih kocok mang dadeng yang enak

Karena kuah kaldunya itu kental bgt, campuran dengan rempah rempahnya juga berasa. Ditambah potongan kikilnya yang empuk banget. Tapi sorry to say mungkin karena gue kurang beruntung kali ya, dapet beberapa potong kikil yang masih sedikit bau tapi secara keseluruhan sih oke. Tanpa harus lo tambahin perasa juga udah enak bgt Mih Kocok Mang Dadeng ini. Satu porsinya dibandrol dengan harga bervariasi mulai dari Rp25.000-Rp30.000.

Tips : kalo dateng ke Mih Kocok Mang Dadeng jangan sungkan buat langsung masuk dan pilih tempat aja, karena kalau kalian malu malu akan susah mendapatkan tempat.

Lanjut kita kuliner di Bandung dengan mendatangi salah satu tempat legendaris lainnya :

 

Bajigur dan Bandrek Supratman

Yah elah Cuma Bajigur sama Bandrek doang apa menariknya? Eits bro sabar dulu ya, baca sampai akhir. Sebelumnya gue mau Tanya dulu nih, pada tau gak itu Bajigur dan Bandrek? Nah kalo belom pada tau biar gue kasih tau. Bajigur itu minuman khas cuy asal dari Sunda yang dibuat dari santan dan gula aren, biar nikmat ditambah sama kolang kaling. Sementara teman setianya Bandrek itu dibuat dari jahe dan gula merah.

bajigur dan bandrek
mau jadi tim bajigur apa tim bandrek ?

minuman khas sunda

Kedua minuman tersebut emang pas banget kalo disajikan pada daerah dengan cuaca yang dingin. Nah biasanya kedua minuman tersebut disajikan bersama dengan goreng-gorengan, bisa tahu goreng, pisang goreng atau apapun.

gambar bajigur dan bandrek

Yang uniknya, di Bajigur dan Bandrek Supratman ini ada gorengan anti mainstream banget. Kalo pisang goreng mah biasa, tahu goreng standard, tempe? Biasa banget. Di sini lo bisa beli yang namanya nangka goreng sama nanas goreng, nahkan bingung.

Jujur kedua gorengan itulah yang bikin gue kangen sama tempat ini, balik ke cerita jaman dulu gue sering banget diajak kesini sama bokap gue. Kalo kata bokap sih, nih tempat adalah pelopor makanan aneh di Bandung.

nangka goreng
ini dia si nangka goreng
gula halus
makannya di cocol pakai gula halusnya

Pribadi gue lebih condong ke nangka gorengnya, kedua gorengan tersebut disajikan bersamaan dengan gula halus untuk teman cocolan. Nangkanya digoreng pakai tepung, mirip kaya pisang goreng Cuma yang beda isinya nangka hehehe. Potongan nangkanya juga gak pelit kok, makanya gorengan ini terasa banget bedanya.

nanas goreng
NasGor : Nanas Goreng

Beralih ke sahabatnya si nanas goreng yang gak kalah uniknya, udah pasti bikin lidah berasa bingung karena asem, manis, garing, campur jadi satu. Wajar karena nanas muda yang dipilih menjadi gorengan pendamping Bandrek dan Bajigur ini memiliki cita rasa khas banget!

Nah, udah tau kan kenapa tempat ini menjadi tempat yang legendaris. Pokoknya buat kuliner di Bandung yang rekomended gue saranin buat main ke Bajigur dan Bandrek Supratman dan jangan lupa juga cobain gorengan nangka sama nanas nya yang khas. Gue bisa jamin lidah lo bakalan kangen sama gorengan ini.

Psst doi udah mulai jualan dari tahun 1958 loh!! Jadi jangan diragukan lagi gimana enaknya.

bandrek

Nah, itu dia dua tempat yang sangat berkesan buat gue di Bandung. Kalo lo punya cerita menarik dan pengalaman makan di dua tempat yang gue ceritain di atas boleh banget loh kita ngobrol di kolom komen.

Notes : di sekitaran jalan supratman juga banyak tempat makan, dan salah satu yang harus lo coba adalah Batagor di samping tempat jualan Bajigur dan Bandrek ya.

batagor enak
psst jgn lupa cobain batagor disamping penjual bandrek ini

Misalnya ada rekomendasi tempat legendaris lainnya juga bisa loh kasih tau Dongengtravel di kolom komen, supaya nanti gue bisa cobain juga nih tempat seru lainnya.

Seperti biasanya, tolong bantu share artikel ini kalo menurut lo artikel ini menarik dan sangat membantu, siapa tau kan bisa jadi bahan inspirasi kalian yang mau liburan ke Bandung.

Salam hangat Dongengtravel

All Photo Doc by Instagram : _pratamadhit

Comments

  1. Pingback: 3 Rekomendasi Roti Kukus Bandung yang Paling Enak! (INFO)

    1. Post
      Author
  2. Monica Rampo

    ngiler dengan nangka dan nanas gorengnya, batagornya juga he he he…
    ah sudah lama tidak menikmati makanan khas Bandung di Bandung, tapi dari sekian banyak makanan khas Bandung saya paling tidak suka dengan mi kocoknya mas.. mungkin karena saya tidak suka kikil he he he..

    anyway trims ya liputan kulinernya, jadi serasa balik lagi ke bandung, uhuy..

    oh iya satu lagi baru perhatikan tulisan mie kocoknya.. mih kocok he he he

    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      WAHHH gak suka mie kocok?? hahaha… padahal itu paling khasnya loh. Tapi saya juga pribadi biasa aja sih, tidak terlalu suka. Yang paling saya suka itu adalah Siomay nya. Iya kalau orang Bandung biasa sebut mie dengan mih … yukk main lagi ke Bandung

    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      Batagor nya sumpah enak mba, gak aku ceritain detail sih.. tapi sumpah itu batagor beda kaya batagor biasa.. dia gak dibungkus kulit kering gitu, tapi lebih mirip kaya pempek… you must try!

    1. Post
      Author
  3. April Hamsa

    Terima kasih info kulinernya. Saya belum pernah benar2 menginjak Bandung, cuma numpang lewat mau ke Lembang hehe
    Moga kesampaian bisa ke sana dan menikmati kulinernya 😀

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  4. Catatanria

    Saya dibandung tp gak pernah kesana hahaha maklum emak2 rumahan. Catet ah klo lg ada senggang nyobain mie kocoknya. Klo bandrek sukanya minum ditonggoh enak dingin2 anget 😀

    1. Post
      Author
  5. liana

    Eh mas, ternyata itu yg bikin kangen di Bandung? *ecie haha

    Enak mana mie kocok bandung sama yg di Bogor punya? :p

    Btw, nuhun pisan buat sharingnya mas.
    Bisa jadi referensi kalo main2 ke Bandung nanti.

    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      hahahaha, yang bikin kangen sebenernya suasana sama dinginnya atuh… hemmm enakan mana ya? kalo yang di bogor itu udah di modif sebenernya, jadi rasanya lebih beragam + ada baksonya juga. Kalo rasa sama-sama enak sih, tapi asli yang mang dadeng sihh..

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  6. Fanny Fristhika Nila

    Aisshhhh kalo bandrek abjigur ato mie kocok mah aku udh pernah coba, walo bukan di tempat yg kamu tulis ini mas.. Tp setidaknya jd ga penasaran..

    Nah, abis baca nangka goreng ama nenas goreng, jd pgn dah :D. Ga kebayang rasa nenas di goreng gmn… Kalo k bandung aku bakal dtg ke ini tempat deh 🙂

    1. Post
      Author
  7. Fillyawie

    Mie Kocok dan Batagor, makanan wajib kalau ke Bandung.
    Baca tulisan ini, jadi inget rasa mie kocok Mang Dadeng. Sayang di Makassar, susah cari Mie Kocok. Kalaupun ada rasanya beda banget .

    1. Post
      Author
  8. Johanes Anggoro

    Waaah bandung ya. Hmm konon bandung memang surganya kuliner. Apalagi inovasinya kian hari kian tambah banyak aja.

    Tapi kuliner khas jangan diremehkan. Karena yg dicari dari suatu daerah ya kuliner khasnya.

    Pernah nyoba mie kocok bandung, hasilnya: nagiiiih. Kuah kaldunya itu loh hmmm. Ngiler pagi2 dah sambil komen disini hehehe

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  9. Bang Aswi | @bangaswi

    Mang Dadeng mah sering lewat. Tapi sayang pemilik aslinya sudah gak megang lagi, apalagi setelah Mang Dadengnya wafat dan dilanjut oleh anaknya. Entah karena apa, dia menjual semua asetnya itu plus resep2nya. Sekarang sudah ada pemilik baru tapi namanya tetap gak diubah, tetap Mang Dadeng hehehe ^_^

    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      ohhh yaaa??? wah baru tau saya loh, kalo rasa mungkin perubahannya minor kali ya? karena pasti si pemilik barunya ini gak akan melepas garis keluarga di bisnis mie kocok ini. Soalnya yang namanya bisnis makanan selalu sensitif dengan rasa.

  10. Jalan-Jalan KeNai

    Sekarang saya agak malas kalau ke Bandung. Gak tahan sama macet di jalan tolnya. Padahal sekitar 2-3 tahun lalu masih bisa 2 minggu sekali ke Bandung. Kangen juga sebetulnya kulineran di sana 🙂

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *