(Berdiskusi) Apasih Manfaat Traveling, dan Kenapa Lo Harus Traveling ?

“Travel while you’re young and able. Don’t worry about the money, just make it work. Experience is far more valuable than money will ever be”

Kalau kalian baca kutipan kalimat diatas, pastinya ada yang setuju maupun tidak. Menurut gue, kutipan tersebut ada benarnya karena gak semua bisa lo hargai dengan uang. Traveling emang bisa ngajarin dan memberikan pengalaman yang berharga. Tapi ada satu kalimat kunci yang selalu gue pegang, traveling lah sesuai dengan kemampuan lo. Maksudnya?

Maksudnya adalah, karena lo mau cari materi dan dapetin foto keren yang menghiasi instagram lo atau supaya lo dapet pengakuan dari temen-temen lo karena lo anaknya “traveling” banget. Jadinya lo bela belain utang sana sini demi buat jalan jalan, yang ada malah nambah beban bukannya nambah seneng. Jadi “traveling” lah sesuai budget kalian, jangan terlalu memaksakan.

Dimulai dari pemasukan gue yang alhamdulillah bisa disisihkan untuk traveling, jadinya gue sempetin 2 atau 3 bulan sekali itu untuk traveling. Destinasinya? ya disesuaikan aja dengan budget yang udah gue sisihkan. Selama beberapa kali gue traveling itu, pasti selalu aja ada hal hal seru yang di dapat.

Nah sekarang gue mau coba tulis beberapa manfaat traveling, tujuan traveling, atau kenapa sih lo harus traveling menurut pemikiran gue sendiri.

Gue juga gak segan ngajak semua temen-temen yang baca artikel ini untuk ikut berdiskusi bersama, jika ada tambahan silahkan langsung aja buat komen di bawah.

Jadi apa sih manfaat traveling buat gue,

 

Traveling itu bikin lo mengenal banyak orang, banyak latar belakang, dan banyak cerita

Buat poin pertama ini kemungkinannya hampir 90% pasti di alami oleh semua orang. Ada banyak cara orang untuk traveling, ada yang traveling bareng teman – teman. Entah itu teman kantor, maupun teman sekolah yang sudah dikenal sebelumnya. Ada juga orang yang “bodo amat” mau pergi atau gabung sama rombongan lain selagi tujuannya sama ya gak masalah. Ada juga orang yang nyaman untuk pergi ke tujuan traveling mereka sendirian, atau biasa disebut “solo travelers“.

Dari ketiga cara diatas, pasti ada aja satu momen lo ketemu dengan orang lain entah itu di perjalanan maupun di tempat wisata tersebut. Dari orang tersebut kalian bisa lebih mengenal banyak latar belakang, dan banyak juga cerita seru dari pengalaman orang tersebut.

teman dari jepang, dan manfaat traveling
Yuki, si anak dari Jepang. Teman perjalanan di Dieng

Contohnya, waktu perjalanan ke Dieng gue ketemu sama orang yang namanya terdiri dari 11 suku kata. Udah gitu dia juga punya indra ke enam, jadi pengalaman mistis dia di gunung berhasil bikin gue masuk kedalam obrolan seru. Gue juga pernah trip bareng keluarga orang Jepang, sebenernya ibu anak itu orang Indo sih. Tapi mereka udah tinggal di Jepang, dan si anak gak bisa ngomong Indo.

Jadi manfaat traveling pertama adalah, lo akan mengenal banyak orang serta latar belakangnya.

 

Traveling itu memberikan banyak pengalaman

Pasti ada aja deh pengalaman baru yang bakalan lo rasain kalo lagi traveling. Walaupun lo udah pernah ke tempat yang lo tuju sebelumnya, tapi pasti  ada aja pengalaman pengalaman barunya. Kaya contohnya waktu gue hiking ke Gunung Papandayantenda gue bolong karena di seruduk sama babi hutan.

gunung lembu memberikan pengalaman
puncak Gunung Lembu

Atau waktu lagi hiking ke Gunung Lembu, Purwakarta yang banyak banget monyet liarnya jadi hati – hati kalau menyimpan makanan. Ada lagi pengalaman waktu main ke Pulau Peucang, yang mengharuskan gue berbagi tempat bareng Babi Hutan, Rusa, dan Monyet liar. Bener – bener pengalaman yang gak akan bisa dilupakan.

Jadi manfaat traveling kedua adalah, lo akan mendapatkan pengalaman yang gak pernah lo temuin sebelumnya.

 

Traveling itu memberikan banyak pelajaran

Belajar itu gak harus di ruang kelas loh, ilmu itu bisa kamu dapetin darimana aja. Gue percaya kalau guru yang paling baik adalah pengalaman. Pelajaran apa aja sih yang biasanya di dapetin pas lagi traveling? Contoh kecilnya, kaya pengalaman yang gue tulis di atas kalau tenda gue pernah di seruduk Babi pas di Papandayan. Gue jadi belajar kalau Babi Hutan itu inget tempat, bukan mencium bau dan akan dateng terus ke tempat dimana dia dapet makanan.

pelajaran saat mendaki
Pelajaran, kalau mendaki lebih baik ketika tidak halangan (untuk wanita)

Jadi kalau mau aman, setelah tenda lo diseruduk Babi dan Babi tersebut mendapatkan makanan dari tenda lo, ya lo harus pindah dari tempat tersebut. Kaya gitu deh, pelajaran yang sebelumnya gak pernah gue dapet di kelas. Kalau kalian pelajaran apa sih yang di dapetin pas lagi traveling?

Jadi manfaat traveling ketiga adalah, lo akan mendapatkan pelajaran gak terduga dari perjalanan lo

 

Traveling itu menyegarkan pikiran

Alasan traveling yang paling umum ya ini, menyegarkan pikiran, memperbaruhi sel – sel otak yang udah tertekan oleh beban pekerjaan, serta tuntutan hidup di kota metropolitan.

traveling menyegarkan pikiran

Walaupun naik gunung itu sangat melelahkan, tapi buat gue sambutan suara burung di hutan, dinginnya kabut pegunungan itu bisa bikin gue kangen dan lebih segar. Pastinya ide – ide kreatif itu bakalan muncul setelah lo melakukan traveling. 

Tapi jangan lama – lama juga traveling nya, nanti malah lupa sama kewajiban sesungguhnya.

 

Jadi, Kenapa Gue Harus Traveling?

Buat gue, ngejalanin hidup yang monoton itu kaya lo mengurung diri lo sendiri di dunia yang luas ini. Sudut pandang lo bakalan sempit, pola pikir juga jadi sempit. Emang era sudah digital dan informasi bisa di dapat dengan mudah hanya dengan waktu beberapa detik aja.

Tapi informasi. pengetahuan dan pengalaman itu akan terus di ingat, akan terus nempel kalo lo ngejalanin sendiri. Gue percaya kalau traveling itu secara gak langsung akan membentuk dan memperbaiki cara lo bersosialisasi, cara lo menjalani pekerjaan, cara lo mencapai karir.

Contohnya gini, selayaknya mendaki sebuah gunung untuk mencapai puncak karir yang lo dambakan lo harus rela bersusah payah. Mengeluarkan banyak tenaga dan keringat, untuk nantinya mencapai puncak dengan pemandangan yang luar biasa. Tetapi ketika di puncak, jangan lupa untuk selalu melihat kebawah dan membantu orang lain untuk mencapai puncaknya bersama.

Semua manfaat traveling yang udah gue sebutin sebelumnya juga menjadi alasan kenapa harus traveling.

Segitu aja pendapat gue tentang manfaat traveling dan kenapa sih lo harus traveling. Gimana menurut kalian?? punya pendapat lain? silahkan tulis di komen..

Salam Dongengtravel, salam lestari…. 

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      setuju mba, traveling emang bikin pikiran kita makin terbuka apalagi dengan hal hal baru yang gak pernah kita jumpai sebelumnya. Emang bikin awet muda ya? (brb packing buat pergi setaun)

  1. Pingback: Romantisme Dieng Culture Festival yang Tidak Terlupakan

  2. Fanny F Nila

    Buatku traveling ini makanan jiwa mba. Wajib kudu harus utk jalan2 :D. Makanya aku sampe rela nyisihin 60% gajiku hanya utk traveling. Sisanya baru utk jajan.. Syukur banget suami mndukung hobiku, dan ga komplain krn aku lbh rela nyisihin uang banyak utk jalan2 drpd beli susu si kecil hihihi..

    Pengalaman yg didapat dr traveling, jg banyak bgt. Setidaknya org yg srg jalan, ga bakal picik pikirannya. Dia bakal tau kalo dunia ini penuh dgn org2 yg berkpribadian berbeda. Jadi harus saling hormatilah.. Kita jg jd ga sering menyamakan suatu hal lagi. Dulu nganggabnya orang2 serbia itu kejam, pas perang ama bosnia. Udh terbentuk bgt di ingatan. Tp pas aku ke serbia, orang2 di sana jauuuuuh lbh ramah. Ga ada tuh yg namanya jutek ama turis.

    Ato pas di bulgaria, kita jd belajar kalo orang lokalnya mengangguk, itu arti nya tidak. Dan kalo menggeleng artinya iya. Kebalik kan ama kebiasaan yg umum :D. Banyaklah pengalaman2 lain dr traveling. Itu jg bisa membuat kita lbh berani, lbh semangat mncoba hal baru. Kayak aku, jd lbh berani nyobain hal2 extreme. Bungy jumping, rafting, rollercoaster yg msk rekor dunia.. Krn aku mikirnya, hidup cm sekali. Jangan sampe nyesel ga nyobain hal2 baru begitu

    1. Post
      Author
      Dongengtravel

      60% ??? wow banget tuh hahahaha .. kalo bisa dibilang traveling itu investasi ya? investasi untuk masa tua.. kalau udah tua kita kuat jalan kemana lagi coba? tapi kita masih punya cerita yang gak akan ada habisnya untuk anak dan cucu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *