Jangan Pergi! Baca ini Dulu Untuk Persiapan ke Jepang Kalian

Travel Tips – Negara yang terkenal dengan julukan Matahari Terbit ini memang telah menjelma menjadi salah satu destinasi favorti bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, Jepang selalu bisa memberikan pengalaman wisata berbeda bagi wisatawan yang datang.

Tetapi memang biaya untuk kesana terhitung tidak murah. Pastinya kalian tidak mau kan perjalanan ke Jepang kalian berantakan karena tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan rapih. Jadi ada baiknya sebelum mengunjungi Jepang kalian harus tau apa saja yang perlu dipersiapkan.

Kami akan membantu kalian untuk melakukan persiapan ke Jepang

Berikut adalah list perlu kalian siapkan

 

Paspor dan Visa

Nah ini hal pertama untuk persiapan ke Jepang yang harus kalian miliki. Yaitu Paspor, benda wajib yang harus kalian punya ketika ingin ke luar negeri. Paspor digunakan sebagai identitas resmi selama keluar negeri. Pastikan paspor yang kalian miliki lebih dari 6 bulan saat kita berangkat

jasa pembuatan paspor
(Photo Doc : kikimakbul)

Sekarang untuk buat paspor sangat mudah, apalagi ditambah dengan makin banyaknya jasa pembuatan paspor yang legal di Indonesia. Untuk kalian yang memiliki waktu sedikit untuk buat paspor sangat cocok jika menggunakan jasa pembuatan paspor demi mempermudah dan mempercepat proses pembuatannya.

Selain paspor, visa juga wajib untuk dimiliki jika kalian ingin ke Jepang. Idealnya untuk pengajuan visa dilakukan 1 bulan sebelum keberangkatan. Jika terlalu cepat untuk membuat visa malah nanti sudah tidak berlaku lagi. Sebaliknya jika pengajuannya terlalu mepet nanti ditakutkan ada dokumen yang kurang dan harus dilengkapi.

Tips : Untuk kalian pemilik e-paspor, dapat menggunakan visa waiver untuk ke Jepang. Visa waiver Jepang hanya berlaku untuk kunjungan dengan jangka waktu maksimal selama 15 hari.

 

Agenda Perjalanan

Udah di Jepang, eh malah bingung mau kemana. Jangan sampai deh kejadian kaya gitu terjadi sama kalian. Kalo misalnya kalian kebetulan tidak ikut paket wisata Jepang atau paket tour Jepang dari salah satu travel agency, ada baiknya kalian mempersiapkan itinerary perjalanan kalian secara matang.

buatlah itinerary untuk ke jepang
(Photo Doc : kyotophotos)

Dengan mempersiapkan itinerary secara matang, kalian tidak akan banyak menghabiskan waktu untuk mencari info tempat wisata di Jepang atapun biaya yang dikeluarkan untuk menuju kesana. Jangan sekali kali kalian melupakan bagian ini, karena ini merupakan persiapan ke Jepang yang wajib dilakukan.

Itinerary yang bagus, juga mampu menghemat biaya perjalan, menentukan lokasi untuk booking hotel murah di Jepang, dan mengefisienkan waktu selama perjalanan kalian.

 

Koper dan Travel Bag

Perhatikan kepraktisan dan barang bawaan apa saja yang akan dibawa selama perjalanan liburan kalian ke Jepang. Tentunya kalian tidak mau kan kelebihan barang bawaan dan harus membayar extra bagasi.

travel bags salah satu persiapan ke jepang
(Photo Doc : freewill_one)

Biasakan untuk hanya membawa 1 koper besar dan 1 backpack ukuran sedang ketika perjalanan jauh. Beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda, ANA memberikan kapasitan bagasi seberat 40-46 kg. Bawalah pakaian yang tidak telalu banyak dan mudah di mix dengan pakaian lain, sehingga kamu tidak over bagasi.

Sisanya kalian dapat mengisi koper kalian dengan oleh-oleh yang kalian beli selama di Jepang. Dengan cara ini, dapat dipastikan persiapan ke Jepang kalian akan lebih matang.

 

Tanggal dan Cuaca di Jepang

Yang kami maksud dengan tanggal disini bukanlah tanggal hoki supaya lancar ke Jepang nya ya. Tetapi lebih kepada tanggal yang pas untuk mengunjungi banyak tempat wisata di Jepang. Kenapa? Karena jika kalian ke Jepang bertepatan dengan libur nasional di Jepang.

Dapat dipastikan kalian tidak akan nyaman untuk mengunjungi tempat wisata di Jepang karena umumnya tempat wisata tersebut akan dipadati oleh turis lokal Jepang. Satu hal lagi yang perlu di perhatikan bagi kita orang Indonesia yang tidak pernah merasakan cuaca dingin. Perkirakan cuaca di Jepang sebelum kalian pergi liburan kesana.

Emang sih gak perlu bawa selimut besar pas lagi musim dingin di Jepang, tapi minimal kalian jangan sampai lupa membawa jaket karena di pesawat pun AC nya pasti lumayan dingin. Jadi buat kalian yang tidak terlalu kuat dingin, jangan lupa diperhatikan cuaca di sana sebelum berangkat ya.

 

Hotel atau Tempat Tinggal

Persiapan ke Jepang yang tidak kalah pentingnya adalah hotel atau tempat tinggal kalian selama berada di sana. Murah adalah syarat mutlak bagi kalian yang ingin liburan ke Jepang. Sebagai info saja, semakin jauh hotel kamu dari pusat kota maka semakin murah.

foto hotel di jepang
(Photo Doc : _marie_pan_)

Tapi tentunya kalian tidak mau juga kan tinggal di hotel yang jauh dari pusat kota atau tempat wisata yang akan kalian datangi nantinya. Murah sih memang, tapi biaya transportasinya sama besarnya dengan harga hotel di pusat kota Jepang.

Solusinya kalian dapat melakukan booking hotel murah jauh-jauh hari dari Indonesia. Sekarang sudah banyak Online travel agency penyedia booking hotel murah, salah satunya ya hotel di Jepang ini. Dengan cara booking online dari jauh jauh hari kalian punya kesempatan untuk mendapatkan harga kamar sesuai dengan budget liburan kalian.

 

Tiket Pesawat dan Transportasi Penunjang di Jepang

Bicara mengenai tiket pesawat ke Jepang memang harus kita persiapkan dengan matang. Harga untuk tiket pesawat ke Jepang memang bervariasi. Bisa sangat mahal dan bisa juga menjadi sangat murah.

Pilihlah maskapai asli Jepang seperti ANA, atau maskapai milik negara kita Garuda Indonesia. Biasanya dua maskapai tersebut sering memberikan harga promo tiket pesawat ke Jepang. Cari tau jadwal mereka mengadakan travel fair. Jika memungkinkan, bookinglah tiket pesawat untuk penerbangan tahun depan.

Dengan jarak keberangkatan yang cukup jauh tersebut, kalian dapat mempersiapkan segala keperluannya dengan sangat matang. Sebagai contoh, bagi wisatawan Jepang ada satu produk untuk transportasi khususnya kereta api yaitu JR Pass.

JR Pass merupakan “Tiket Ajaib” untuk naik – turun di 6 Perusahaan Transportasi public yang bergabung di dalam JR Group, termasuk di dalamnya adalah kereta Shinkansen Jepang yang super cepat dan super mahal itu.

jr pass yang bisa di dapatkan di travel agent
(Photo Doc : mycookingdiary.cz)

Keuntungan dari memiliki JR pass adalah, kalian tidak perlu membayar apapun lagi untuk menaiki transportasi dari JR Group. Tetapi menurut kantong orang Indonesia, harganya termasuk mahal sekitar 3 jutaan. Maka dari itu sebelum kalian memutuskan untuk membeli JR pass, kalian harus mempersiapkan semuanya dengan baik, dari hotel, destinasinya, dan lama kalian liburan disana.

Baru setelah itu kalian dapat memutuskan untuk beli JR pass atau tidak, JR pass sangat berguna untuk bepergian jauh, dan waktu liburan kalian yang sempit. Jadi tidak menghabisakan banyak waktu untuk ke banyak destinasi.

 

Info Tambahan

Selain dari semua persiapan ke Jepang yang wajib kalian siapkan, ada sedikit info tambahan yang akan kami berikan untuk kalian semua.

Pertama, adapter atau colokan listrik di Jepang itu berbeda dengan kita di Indonesia. Untuk dijepang mereka menggunakan colokan pipih dua.

colokan di jepang
(Photo Doc : wibonooto.blogspot.co.id/)

Kedua, tegangan listrik di jepang juga berbeda. Jika di Indonesia kita menggunakan 220v maka di Jepang mereka menggunakan 110v. Maka dari itu kita harus melihat, apakah charger yang kita miliki bisa digunakan pada tegangan 110v.

Ketiga, sebenarnya simcard Indonesia dapat digunakan di Jepang. Tetapi pastinya dapat mengeluarkan uang banyak, sebagai gantinya gue menyarankan untuk menyewa wifi device yang banyak di sediakan para agent travel.

Comments

  1. twindry

    transportasi yang sebenarnya memakan cost paling besar kalo ke jepang. makin banyak pindah kota makin gede biayanya 😀

    jangan lupa main balik bang
    twindryvolta.blogspot.com

    1. Post
      Author
  2. Lianawati

    War artikelnya bermanfaat banget buat saya yang kepengen banget ke Jepang bang 😀
    Langsung di put a note deh info-infonya, makasih ya bang haha

    Kalau ada waktu, bisa mampir juga ke blog saya di ceritaliana.wordpress.com hihi
    Ditunggu artikel berikutnya bang.

    1. Post
      Author
  3. Pingback: Romantisme Dieng Culture Festival yang Tidak Terlupakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *