5 Tradisi Khitanan di Indonesia dan Tata Upacaranya

Travel Unique – Tradisi khitanan di Indonesia mungkin sudah tidak asing di telinga kita semua. Ada yang menganggap bahwa upacara ini diperlukan sebagai simbol menuju kedewasaan dan pengubahan estetika seksualitas, tetapi adapula yang menganggap bahwa khitanan diperlukan untuk menghormati adat leluhur yang sejak dulu mensyaratkan khitan sebagai upacara persembahan.

Di Indonesia sendiri, upacara khitan bisa dilakukan pada anak laki-laki dan perempuan, perbedaannya terletak pada tata cara khitan, tujuan, dan manfaat. Berikut adalah penjabaran tradisi khitanan di Indonesia yang menarik dan seru untuk disimak.

 

 

Tradisi Khitanan Adat Sunda

Tradisi khitanan di Indonesia yang satu ini termasuk tradisi adat sunda, salah satu suku terbesar di Indonesia. Tradisi ini adalah percampuran antara hukum islam yang mewajibkan setiap anak laki untuk di khitan dan tradisi lokal masyarakat sunda yang unik. Zaman dulu masyarakat sunda memakai jasa Bengkok (bahasa sunda), disebut demikian karena dia memakai alat yang terbuat dari bambu untuk melakukan khitan.

Menariknya justru terjadi sebelum sang anak di khitan, anak akan di iring menggunakan tandu berbentuk Singa yang biasa disebut masyarakan sunda dengan sisingaan. Sang anak di arak keliling desa laksana raja, keluarga dari si anak mengiringi sambil di temani dengan keseninan sunda yang khas.

tradisi khitanan di indonesia sisingaan sunda
Sisingaan sunda (Photo Doc : ltheordinary.blogspot.co.id)

Setalah arakan sisingaan yang mewah, pada malam harinya keluarga mengadakan acara syukuran untuk sang anak yang akan di khitan. Di acara syukuran tersebut keluarga si anak mengundang kerabat, tetangga dan keluarga besar untuk bersama membaca doa untuk sang anak. Biasanya selain acara pembacaan doa, diselipkan juga acara jamuan makan keluarga. Ke esokan harinya anak yang akan di khitan akan berendam di dalam air dingin agar kebal (tahan sakit), setelah itu baru mulai di khitan.

 

Khitanan di Yogyakarta

Proses khitanan di Jogjakarta sekarang ini sudah cukup jarang dilakukan secara adat, karena banyak yang menganggap bahwa khitanan di rumah sakit atau ahli supit sudah cukup. Namun sebenarnya ada nilai khusus yang akan didapat oleh keluarga pelaksana khitan ketika sang buah hati dikhitankan, yaitu keselamatan dan harapan agar sang buah hati tumbuh menjadi anak yang berbakti pada kedua orangtuanya.

bleketepe jogjakarta
Pemasangan Bleketepe (Photo Doc : mamamarcel.wordpress.com )

Untuk urutan upacara yang dilakukan adalah majang (simbol pemasangan bleketepe pada rumah keluarga yang memiliki hajat), tarub (pemasangan tempat berteduh yang umumnya dihias janur kuning), siraman dan ngabekten (dimandikan dengan air kembang dan sungkem kepada kedua orangtua), dan gress (pemotongan kulit kepala kemaluan lelaki yang diakhiri dengan pemanjatan doa bersama).

 

Khitanan di Jawa Tengah

Tradisi khitan yang terjadi di Jawa Tengah bisa dikatakan lebih sederhana. Sebagai persiapan awal, keluarga yang melaksanakan hajatan khitan akan mengundang beberapa kerabat dan warga desa sekitar. Setelah itu, si anak akan dipersiapkan untuk menjalani malam pegasan (malam pemotongan alat vital). Setelah malam pegasan dilalui dengan baik, barulah keluarga akan menyiapkan selamatan yang dikenal dengan istilah kenduri.

Makanan yang disajikan dalam kenduri ini umumnya cukup khas, karena ada makanan berupa nasi tumpeng yang dilengkapi ambeng, sayur urap, thonto, peyek, srundeng, ketan, apem, dan jenang gurih. Makanan ini juga baru bisa disajikan setelah melalui doa yang digelar bersama untuk memohon keselamatan pada Sang Khalik.

 

Khitanan di Tengger, Jawa Timur

Tradisi Khitanan di Indonesia khususnya wilayah Tengger dilakukan untuk anak laki-laki, dan orang yang berhak melakukan khitannya adalah dukun tetua dengan asistennya yang dipercaya warga setempat. Acara akan dimulai dengan pembacaan mantra oleh dukun tetua bersamaan dengan dirinya mengaduk air yang ada dalam wadah kuningan menggunakan daun pisang gulung. Setelah mantra diucapkan, dukun tetua akan meminta para orangtua memegangi anaknya untuk memercikkan air gentong memakai seikat daun beringin.

tradisi khitan di tengger
Tradisi Khitan di Tengger ( Photo Doc : zipoer7.wordpress.com/2011/06/23/tradisi-khitanan-masyarakat-tengger )

Prosesi khitan akan dilanjutkan dengan pengikatan anak di tempat duduknya menggunakan benang wol dan si anak akan diberi sejumput beras yang diletakkan di kedua telapak tangan. Selanjutnya, di bagian bawah kursi akan diberi beberapa sesaji berupa kue apem, telur, dan bunga. Setelah semua lengkap dan si anak duduk tenang, dukun tetua bersama asistennya akan langsung memotong kemaluan sang anak menggunakan bilah bambu yang ujungnya dilapisi dengan silet.

 

Khitanan di Aceh Selatan

Acara khitan di Aceh Selatan juga memiliki ritual yang kurang lebih sama dengan daerah lain di Indonesia. Di daerah ini, ritual sunat bisa dilakukan untuk anak laki-laki maupun perempuan. Yang membedakan adalah ritual potong rambut pada saat semua undangan sudah datang.

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Temukan pilihan terbaik ini: Booking Tiket Online, Paket wisata Indonesia dan Keliling Nusantara

Untuk wilayah Aceh Selatan, urutan ritual yang biasa dilakukan adalah duduak rami (acara persiapan dengan pembahsan bersama acara oleh keluarga maupun perangkat desa), ba inai (memakaikan pacar di kuku jari tangan dan kaki orang sunat), basuntiang (pemberkatan adat oleh beberapa tetua yang ada didalam keluarga), kanduri urang datang (puncak acara dimana para tetangga akan membantu menyiapkan ubarampe acara dan anak yang disunat duduk di panggung bersalaman dengan tamu yang datang), mandi pucuak (memandikan anak yang akan disunat dengan air dari janur kuningdan terlebih dahulu dipangkas rambutnya). Di Aceh, tradisi khitan berfungsi sebagai ritual penolak bala dan upacara untuk menuju akhil baliq.

Tidak disangka ternyata banyak juga tradisi unik di Indonesia, ini belum seberapa. Indonesia memiliki banyak Budaya yang belum ter ekspose di dunia luar. Untuk kalian semua yang tinggal di Indonesia, dengan jiwa petualang kalian sebarkan informasi menarik ke berbagai penjuru mengenai Budaya Indonesia lainnya.

Nah, bagaimana, dari sekian banyak tradisi khitanan di Indonesia, mana yang pernah dilakukan bersama keluarga?

Punya cerita dan pengalaman unik ketika melakukan khitanan juga bisa di share dalam kolom komen dibawah, merasa artikel ini menarik dan penuh informasi.. tolong di share ya kawan

Salam hangat Dongengtravel..

Comments

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *